5 Manfaat Enzim Papain yang Sayang Jika Dilewatkan

(0)
08 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Enzim papain yang dapat ditemukan pada buah pepaya memiliki banyak manfaat kesehatan.Sebagian besar manfaat buah pepaya datang dari kandungan enzim papain.
Enzim papain adalah enzim proteolitik yang diekstrak dari buah pepaya. Tugasnya adalah memecah protein menjadi peptida dan asam amino. Selain dari buah pepaya, enzim papain kini sudah bisa dikonsumsi dalam bentuk permen, kapsul dan bisa juga digunakan dalam bentuk krim.Meski demikian, tidak banyak orang yang tahu kalau enzim papain juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Maka dari itu, artikel ini akan membantu Anda mengenal beragam manfaatnya.

Enzim papain dan manfaatnya untuk kesehatan

Khasiat enzim papain telah dikenal sebagai obat alami dari berbagai macam kondisi medis, seperti rasa nyeri, peradangan, diare, hingga alergi. Enzim ini bahkan juga sedang diteliti lebih lanjut untuk menjadi obat kanker. Berikut manfaat enzim papain beserta penjelasan ilmiahnya.

1. Meredakan rasa nyeri dan peradangan

Menurut sebuah artikel dari Nutrition Review, efektivitas enzim proteolitik seperti papain dalam meredakan peradangan dianggap sama atau bahkan lebih baik dari obat antiradang. Namun, belum banyak studi yang bisa membuktikannya.Inilah alasan mengapa enzim papain sering kali digunakan untuk membantu menyembuhkan luka dan meredakan pembengkakan setelah mengalami cedera.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Enzim papain dapat ditemukan pada pepaya
Enzim papain dinilai bisa menyehatkan sistem pencernaan
Terganggunya sistem pencernaan dapat mengakibatkan berbagai masalah, seperti perut kembung dan sembelit. Konsumsi enzim papain dari pepaya dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga gangguan pencernaan dapat dicegah.Selain itu, kandungan serat dan airnya dari papaya juga akan membantu Anda terhindar dari masalah pencernaan.

3. Mengatasi herpes zoster

Hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal Fortschritte der Medizin menemukan bahwa efektivitas enzim papain sama efektifnya dengan obat antivirus acyclovir dalam meredakan gejala nyeri pada pasien herpes zoster dan membantu proses penyembuhan lesinya.

4. Mengatasi nyeri otot

Pernah merasa nyeri otot karena berolahraga terlalu intens? Enzim papain memiliki potensi untuk jadi solusinya.Di dalam sebuah studi, para partisipan yang baru saja melakukan olahraga lari selama 30 menit diminta untuk mengonsumsi suplemen protease yang mengandung enzim papain. Grup partisipan lainnya juga diminta untuk meminum obat plasebo.Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi suplemen protease dengan kandungan enzim papain mengalami proses pemulihan otot yang lebih cepat dan terhindar dari nyeri otot yang berkepanjangan.

5. Meredakan radang tenggorokan

Berbagai gejala radang tenggorokan, seperti rasa nyeri, pembengkakan, dan kemerahan bisa mengganggu penderitanya.Sebuah riset mengungkapkan, pasien tonsilitis dan faringitis yang mengosumsi obat isap mengandung 2 miligram papain, 5 miligram lisozim, serta 200 IU bacitracin mengalami penurunan gejala radang tenggorokan dibandingkan obat plasebo.Namun, para ahli belum mengetahui secara pasti apakah efek ini disebabkan oleh enzim papain atau kandungan lain pada obat isap itu.

Efek samping dan risiko mengonsumsi enzim papain

Enzim papain juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan
Mengonsumsi enzim papain terlalu banyak dapat undang efek samping
Jika Anda mengonsumsi suplemen enzim papain terlalu banyak, berbagai efek samping berikut ini bisa muncul:
  • Iritasi tenggorokan
  • Kerusakan pada tenggorokan
  • Iritasi lambung
  • Reaksi alergi
  • Perforasi esofagus.
Jika Anda memiliki alergi terhadap lateks dan buah pepaya, hindari papain dalam bentuk apa pun karena bisa menyebabkan reaksi alergi, seperti iritasi kulit dan munculnya gelembung di kulit.Selain itu, enzim papain dapat menurunkan kadar gula darah. Jika Anda mengidap diabetes, hipoglikemia, atau sedang mengonsumsi obat-obatan yang menurunkan gula darah, sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter.Tidak hanya itu, enzim papain dapat meningkatkan risiko perdarahan. Hindari mengonsumsi papain jika Anda sedang minum obat pengencer darah atau akan menjalani operasi.Ibu hamil, ibu menyusui, atau wanita yang sedang merencanakan kehamilan dilarang untuk mengonsumsi suplemen enzim papain. Sebab, sebuah studi hewan uji mengungkapkan, mengonsumsi pepaya terlalu banyak dapat menyebabkan janin keracunan dan cacat lahir.  

Catatan dari SehatQ

Mengonsumsi enzim papain dalam bentuk buah sangatlah menyehatkan. Namun, jika Anda ingin menggunakan enzim papain dalam bentuk krim atau suplemen, sebaiknya berkonsultasilah dulu pada dokter.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpepaya
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/papain
Diakses pada 23 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/275517#:~:text=Papayas%20contain%20an%20enzyme%20called,and%20a%20healthy%20digestive%20tract.
Diakses pada 23 Desember 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-papain-89493
Diakses pada 23 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait