Tidak Hanya Jadi Perhiasan, Ini Dia Manfaat Emas untuk Kulit


Emas tidak lagi berfungsi sebagai bahan baku perhiasan, namun juga merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Penelitian mengungkapkan bahwa komponen yang terkandung dalam emas memiliki efek positif terhadap kulit.

(0)
19 Feb 2021|Rhandy Verizarie
manfaat emas untuk kulitTidak hanya sebagai perhiasan, manfaat emas juga untuk merawat kulit
Selama ini, emas dikenal sebagai bahan baku untuk membuat sejumlah produk perhiasan, seperti anting, kalung, gelang, dan cincin. Namun, tahukah Anda jika emas ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit? Simak ulasan mengenai manfaat emas untuk kulit berikut ini.

Manfaat emas untuk kulit

Pada awal kemunculannya, Anda mungkin terheran-heran ketika melihat atau mendengar ada pusat perawatan kulit yang menawarkan perawatan ‘lulur emas’ atau apa pun itu namanya. Ya, emas yang tadinya hanya berfungsi sebagai bahan baku perhiasan ataupun barang-barang mewah lainnya, ternyata juga memiliki manfaat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, yakni membantu merawat kulit agar tetap sehat dan cantik.Lantas, apa saja manfaat emas untuk kulit?

1. Mencerahkan kulit

Manfaat emas untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membuat kulit tampak lebih cerah. Hal ini diduga karena adanya kandungan zat antioksidan.Sayangnya, hal belum bisa dipastikan karena belum ada penelitian yang dapat membuktikannya.

2. Menyamarkan flek hitam pada wajah

Elemen yang terdapat di dalam emas kabarnya dapat membantu merangsang sel-sel basal kulit. Hasilnya, flek hitam yang ada di kulit wajah bisa hilang.Sel basal sendiri merupakan salah satu sel di dalam kulit yang fungsinya memproduksi sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit mati.Akan tetapi, sama seperti manfaat emas untuk kulit pada poin sebelumnya, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan khasiatnya.

3. Mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan dini pada kulit, terutama kulit wajah, menjadi manfaat emas untuk kulit yang paling diagung-agungkan.Pasalnya, di dalam emas terdapat komponen yang bersifat antioksidan. Menurut sebuah tinjauan ilmiah tahun 2012 yang diterbitkan oleh Journal of Dermato Endocrinology, antioksidan dapat mencegah penuaan dini karena cara kerjanya yang mampu meminimalisir penurunan kadar kolagen pada kulit.Sayangnya, lagi-lagi belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk menjelaskan perihal kandungan antioksidan di dalam emas.

4. Menjaga elastisitas kulit

Kadar kolagen yang stabil berkat peran antioksidan pada emas kemungkinan juga berdampak pada elastisitas kulit Anda.Pasalnya, salah satu fungsi kolagen adalah untuk menjaga kelenturan kulit. Kendati demikian, sebaiknya konsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter karena bukti ilmiah yang mendukung manfaat emas tersebut masih kurang.

5. Merangsang pertumbuhan sel kulit

Ion-ion yang terkandung dalam emas diklaim dapat merangsang pertumbuhan sel-sel tubuh yang berdampak pada meningkatnya sirkulasi darah.Sirkulasi darah yang lancar membuat proses metabolisme tubuh, termasuk pembentukan sel-sel kulit, menjadi lebih optimal.

6. Mencegah dan mengatasi kulit rusak akibat sinar matahari

Tinjauan ilmiah yang dirilis oleh Anais Brasileiros De Dermatologia pada tahun 2017 menyebutkan bahwa antioksidan telah mendapat banyak sorotan ilmiah perihal efektivitasnya dalam mencegah dan mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.Namun, apakah antioksidan pada emas efektif untuk mengatasi kondisi yang dikenal dengan istilah photodamage ini? Hal tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut sehingga belum bisa Anda jadikan patokan.

7. Menghilangkan jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum. Selain menimbulkan rasa nyeri, jerawat juga kadang membuat seseorang merasa minder.Nah, manfaat emas untuk kulit wajah juga termasuk menghilangkan jerawat. Meski penelitiannya belum banyak, hal ini diduga karena peran dari zat antiradang yang terkandung di dalamnya.Dilansir dari John Hopkins, krim kulit yang mengandung komponen antiinflamasi dapat membantu mengatasi jerawat.

8. Mengobati pemfigus vulgaris

Sejumlah komponen yang terkandung dalam emas menurut ahli dermatologi dapat membantu mengobati pemfigus vulgaris.Pemfigus vulgaris adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Kondisi ini menyerang lapisan atas kulit (epidermis) dan menyebabkan kulit mengalami lecet serta luka.

9. Mengatasi ruam 

Menggunakan krim kulit yang mengandung emas menurut pakar dermatologi lainnya dapat membantu mengatasi ruam yang disebabkan oleh masalah kulit tertentu.Namun, belum dapat dipastikan seberapa efektif kandungan emas tersebut dalam menghilangkan gejala ruam.

10. Mencegah dan mengatasi peradangan kulit

Masalah kulit lainnya yang diklaim dapat dicegah dan diatasi oleh krim kulit dengan kandungan emas adalah peradangan (inflamasi).Pasalnya, ada ahli yang mengatakan jika emas mengandung elemen yang bersifat antiradang.Walaupun begitu, Anda masih lebih disarankan untuk menggunakan produk-produk skincare dengan kandungan bahan yang sudah teruji secara klinis untuk kulit.

Manfaat emas untuk kesehatan tubuh lainnya

Manfaat emas untuk kesehatan sebenarnya tidak hanya untuk kulit. Jika ditarik ke belakang, emas  sudah digunakan dalam praktik medis sejak ribuan tahun silam. Menurut penelitian yang dirilis oleh Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, Swarna bashma—diterjemahkan menjadi gold ash atau abu emas—merupakan salah satu medium pengobatan Ayurveda yang populer di India, China, dan Mesir pada tahun 2500 sebelum Masehi.Pada waktu itu, orang-orang percaya bahwa abu emas memiliki manfaat kesehatan, seperti:
  • Membersihkan ginjal, hati (liver), dan pencernaan
  • Menguatkan tulang dan gigi
  • Mengatasi insomnia dan depresi
  • Menjaga keseimbangan mineral tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah radikal bebas
Kepopuleran emas sebagai salah satu kandungan dalam produk perawatan kulit memang sedang digandrungi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih banyak untuk menguji seberapa jauh keampuhannya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan kulit dan kandungan yang tepat dalam produk skincare Anda, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkesehatan kulit
Anais Brasileiros De Dermatologia. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5514576/ Diakses pada 5 Februari 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/gold-facial#how-gold-helps-skin Diakses pada 5 Februari 2021John Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/got-adult-acne-get-answers-from-an-expert Diakses pada 5 Februari 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/basal-cell-carcinoma/symptoms-causes/syc-20354187 Diakses pada 8 Februari 2021Journal of Dermato Endocrinology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583892/ Diakses pada 5 Februari 2021Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3960793/ Diakses pada 5 Februari 2021Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-gold-for-skin-care/ Diakses pada 5 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait