Ternyata Durian Memiliki Manfaat Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil

11 Jul 2019 | Oleh
Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari
Salah satu manfaat durian bagi ibu hamil adalah untuk menjaga kesehatan tubuh
Durian ternyata memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil

Di balik kelezatannya, ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa mengonsumsi durian itu berbahaya ketika hamil. Sehingga, tidak dianjurkan ibu hamil makan durian. Benarkah mitos tentang durian ini?

Mitos yang beredar di masyarakat mengasumsikan jika ibu hamil makan durian, maka bisa membuat tubuh mereka menjadi panas dan membahayakan janin. Bahkan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, ibu hamil tidak diperbolehkan untuk makan durian.

Mitos ini tentunya membuat ibu hamil yang juga pecinta durian bingung atau sedang mengidam durian bingung. Di sisi lain, mereka ingin makan durian, namun di sisi lainnya mereka takut jika durian akan memberi dampak yang buruk terhadap tubuh dan janinnya.

Fakta yang benar adalah selama tidak dikonsumsi terlalu banyak, durian boleh dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, lain halnya dengan ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional (kencing manis yang terjadi pada masa kehamilan).

Ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional sebaiknya menghindari makan durian secara berlebihan karena buah ini mengandung banyak gula dan karbohidrat. Durian dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi sangat tinggi sehingga berisiko membahayakan kehamilan, seperti:

  • Berat lahir yang lebih dari 3500 gram
  • Kelahiran prematur
  • Meningkatkan kemungkinan persalinan caesar
  • Meningkatkan risiko kematian janin dan bayi baru lahir

Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi durian pastikan apakah Anda memiliki diabetes gestasional ataukah tidak. Periksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan hal tersebut. Selain itu, untuk ibu hamil tanpa diabetes, konsumsilah durian sewajarnya dan jangan berlebihan bila Anda memang menginginkannya.

[[artikel-terkait]]

Manfaat durian bagi ibu hamil

Durian kaya akan beberapa senyawa yang memiliki efek antimikroba sehingga mampu mencegah infeksi jamur dan bakteri pada wanita hamil. Selain itu, durian juga kaya akan folat yang dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin, serta vitamin B6 yang berperan penting dalam perkembangan fisik dan mental janin.

Dibandingkan buah lainnya, durian memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Buah ini bahkan juga mengandung zat besi, magnesium, serat, protein, tiamin, mangan, kalium, magnesium, riboflavin, dan nutrisi lainnya yang berguna bagi kehamilan. Beberapa senyawa yang ada di durian juga berfungsi sebagai antioksidan.

Berikut adalah manfaat durian untuk ibu hamil makan durian yang mungkin belum Anda ketahui:

  • Meningkatkan energi

Durian mengandung gula sederhana, seperti fruktosa dan sukrosa, yang memberi Anda energi. Badan pun menjadi berenergi dan tidak lemas meski sedang hamil. Energi tersebut dapat mendorong Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Terhindar dari risiko kolesterol tinggi

Kondisi kolesterol yang tinggi bisa memicu munculnya penyakit jantung. Selain itu, kolesterol tinggi pada masa kehamilan juga dipercaya mampu meningkatkan risiko kelahiran prematur, diabetes gestasional, dan preeklampsia.

Berbeda dengan mitos yang beredar, mengonsumsi durian tidak akan banyak meningkatkan tingkat kolesterol Anda. Faktanya, buah ini memiliki lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan tingkat kolesterol yang berbahaya dan menormalkan tekanan darah tinggi.

  • Mengatasi dan mencegah sembelit

Sembelit merupakan hal yang umum terjadi ketika hamil. Durian yang bermanfaat sebagai sumber serat mampu mengatasi dan mencegah sembelit secara alami. Ini tentu sangat membantu Anda dari rasa tidak nyaman pada perut karena sembelit.

  • Menjaga kesehatan tubuh

Durian kaya akan vitamin B kompleks yang sehat, seperti riboflavin, thiamin, dan niacin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Selain itu, penting untuk memelihara fungsi tubuh Anda dengan baik saat hamil

  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin

Ketika hamil, tubuh memerlukan zat besi untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah bagi Anda dan bayi. Selain itu, zat besi juga dapat membantu meningkatkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan janin Anda. Durian merupakan sumber zat besi dan tembaga yang baik. Keduanya dapat membantu produksi sel darah merah di tubuh yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jika keinginan ibu hamil makan durian tidak terbendung, konsumsi durian dengan cara disantap langsung ataupun dijadikan jus dan sup buah. Namun, untuk lebih memastikan keamanan dan dampak mengonsumsi durian selama masa kehamilan secara lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Dokter akan memberikan informasi dan mempertimbangkan keadaan Anda dan janin untuk menentukan boleh atau tidaknya Anda mengonsumsi durian.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/durian-fruit#benefits
Diakses pada Juli 2019

Baby Center. https://www.babycenter.com.my/x1022992/is-it-safe-to-eat-durian-in-pregnancy. Diakses pada Juli 2019

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-eating-durian-during-pregnancy_00363658/#gref
Diakses pada Juli 2019

American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/pregnancy-complications/gestational-diabetes/
Diakses pada Juli 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4989641/
Diakses pada Juli 2019

WebMD. https://www.webmd.com/baby/are-you-getting-enough-iron#1
Diakses pada Juli 2019

Medindia. https://www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/health-benefits-of-durian.htm
Diakses pada Juli 2019

The Asian Parent Singapore. https://sg.theasianparent.com/9-awesome-facts-about-durians-for-new-and-expectant-mothers
Diakses pada Juli 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top