Manfaat Diet untuk Tubuh Sehat, Tak Sekadar Soal Penampilan


Manfaat diet tak sekadar soal penampilan. Diet pengurusan badan yang sehat dapat menurunkan risiko penyakit, mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

(0)
17 Feb 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat diet penurunan berat badan utamanya yaitu menurunkan risiko penyakitLakukan diet sehat dengan menerapkan defisit kalori
Apa nih motivasi Anda untuk melakukan diet? Beberapa orang mungkin fokus pada alasan penampilan. Padahal, manfaat diet sangatlah banyak dan amat signifikan dalam meningkatkan kualitas kesehatan – jadi tak hanya soal penampilan. Manfaat diet penurunan berat badan utamanya yaitu menurunkan risiko penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker. Simak apa saja manfaat diet.

Ragam manfaat diet untuk kesehatan

Tak hanya soal penampilan, ini dia manfaat diet untuk kesehatan:

1. Menurunkan risiko diabetes

Berat badan berlebih dan obesitas dapat menjadi faktor risiko diabetes. Menurut berbagai studi, lemak di perut menghasilkan senyawa yang kemudian menurunkan sensitivitas sel terhadap hormon insulin dalam penggunaan glukosa. Jika terus dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan kenaikan gula darah karena sulit digunakan oleh sel menjadi energi.Menerapkan diet pengurusan badan yang sehat dan berkelanjutan menjadi salah satu cara menurunkan risiko diabetes.

2. Menurunkan tekanan darah

Seiring dengan naiknya berat badan, tekanan darah juga akan meningkat. Para ahli juga juga setuju bahwa berat badan berlebih dan obesitas dapat menjadi faktor risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penurunan tekanan darah tentunya dapat menjadi manfaat diet yang berefek signifikan untuk kesehatan secara umum. Menurut National Institutes of Health, menurunkan bobot 4,5 kilogram sudah berefek pada penurunan tensi.

3. Mengendalikan kolesterol

Manfaat diet lain yang penting untuk diketahui adalah mengendalikan kolesterol. Walau berat badan normal sebenarnya juga memiliki risiko, namun orang dengan berat badan berlebih cenderung lebih rentan memiliki kolesterol tinggi.Menerapkan diet sehat dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL, kadar kolesterol total, dan trigliserida. Di saat yang sama, diet juga bermanfaat untuk menaikkan kadar kolesterol baik atau HDL.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kelebihan berat badan menjadi faktor risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung koroner. Kondisi yang berkaitan dengan obesitas, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi, juga menjadi indikator kesehatan sistem jantung dan pembuluh darah. Dengan melakukan diet untuk menurunkan berat badan, kita dapat memetik manfaatnya berupa penurunan risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan risiko kanker

Manfaat diet yang juga patut untuk dijadikan pertimbangan adalah menurunkan risiko kanker. Menurut National Cancer Institute, ada bukti konsisten yang menemukan kaitan kadar lemak tubuh yang tinggi dengan bermacam  jenis kanker, mulai dari kanker endometrium, kanker kerongkongan, hingga kanker hati.Terdapat berbagai mekanisme yang dipaparkan ahli perihal korelasi obesitas dan kanker. Misalnya, berat badan berlebih dikaitkan dengan peradangan kronis di dalam tubuh, yang pada akhirnya juga meningkatkan risiko kanker.

6. Mengurangi nyeri sendi

Berat badan sangat erat kaitannya dengan kesehatan sendi. Memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh, yang pada akhirnya menimbulkan nyeri pada sendi. Berat badan yang tak sehat juga menambahkan tekanan pada sendi tertentu, seperti sendi yang ada di lutut.Bila Anda memang memiliki berat berlebih dan kerap merasakan nyeri sendi, seperti di lutut, menerapkan diet dan mulai mencoba menurunkan bobot tentu sangat disarankan.

7. Mengurangi nyeri di punggung

Tak hanya nyeri sendi, manfaat diet pengurusan badan juga membantu mengurangi nyeri di punggung bagian bawah. Pasalnya, berat badan berlebih dan obesitas memang dikaitkan erat dengan nyeri punggung bagian bawah. Jika Anda bergumul dengan nyeri punggung bagian bawah dan memang cenderung memiliki berat badan berlebih, premis ini tentu menjadi motivasi lain dalam menerapkan diet.

8. Menurunkan risiko stroke

Manfaat diet juga dapat berupa menurunkan risiko stroke. Menurut studi besar yang dipublikasikan dalam JAMA Neurology, dilaporkan bahwa stroke signifikan dialami oleh pasien yang lebih muda dengan indeks massa tubuh yang tinggi. Hipertensi, yang erat kaitannya dengan obesitas, memang dapat meningkatkan risiko stroke. Berat badan berlebih juga ditandai dengan indikator kesehatan lain yang tak normal, seperti kadar kolesterol dan kadar gula darah, yang kemudian berisiko memicu pembentukan gumpalan darah pemicu stroke di jantung dan otak. 

9. Meningkatkan kualitas psikologis

Tak hanya turunkan risiko penyakit, manfaat diet juga memengaruhi kesehatan psikologis. Disebutkan bahwa obesitas dikaitkan dengan gangguan kecemasan dan masalah mood. Hubungan obesitas dan gangguan mood dipercaya bersifat dua arah, bahwa berat badan berlebih boleh jadi meningkatkan risiko gangguan psikologis serta sebaliknya. 

10. Meningkatkan rasa percaya diri

Walau memang tak bisa digeneralisasi, menurunkan berat badan menjadi di rentang ideal tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri. Individu dengan berat badan berlebih cenderung berisiko memiliki self-esteem yang rendah, terutama pada remaja. 

Tips menerapkan diet yang sehat

Lupakan minuman pelangsing yang dijual online, meraih manfaat diet yang sehat perlu dilakukan dengan defisit kalori. Artinya, Anda harus memastikan agar kalori dari makanan yang masuk harus lebih sedikit dibandingkan kebutuhan energi harian Anda.Kebutuhan kalori harian tiap-tiap individu bisa berbeda satu sama lain. Untuk memastikannya, Anda bisa mengetahui kebutuhan energi harian menggunakan situs dan aplikasi penyedia kalkulator kalori.

Catatan dari SehatQ

Manfaat diet amatlah beragam untuk kesehatan, termasuk turunkan risiko berbagai penyakit. Diet pun bermanfaat untuk memperbaiki kualitas psikologis dan meningkatkan rasa percaya diri.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait manfaat diet, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan terpercaya.
tips dietmakanan dietdiet sehatmenurunkan berat badan
American Heart Association. https://www.heart.org/en/health-topics/cholesterol/about-cholesterol/common-misconceptions-about-cholesterol
Diakses pada 30 Januari 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17308-obesity--heart-disease
Diakses pada 30 Januari 2021
Diabetes UK. https://www.diabetes.co.uk/diabetes-and-obesity.html
Diakses pada 30 Januari 2021
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/pain/why-weight-matters-when-it-comes-to-joint-pain
Diakses pada 30 Januari 2021
Harvard Health Publishing. https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/depression-and-obesity-confirming-the-link
Diakses pada 1 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/osteoarthritis/knee-pain/link-between-weight-loss-and-knee-pain
Diakses pada 30 Januari 2021
Jamaica Hospital. https://jamaicahospital.org/newsletter/how-obesity-contributes-to-lower-back-problems
Diakses pada 30 Januari 2021
National Institutes of Health. https://www.nhlbi.nih.gov/files/docs/public/heart/hbp_low.pdf
Diakses pada 30 Januari 2021
National Cancer Institute. https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/obesity/obesity-fact-sheet
Diakses pada 30 Januari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/benefits-of-losing-weight-3495571
Diakses pada 30 Januari 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-link-between-weight-and-heart-disease-3496281
Diakses pada 30 Januari 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/being-overweight-and-stroke-risk-3146345
Diakses pada 30 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/cholesterol-management/qa/does-weight-affect-your-cholesterol-levels
Diakses pada 30 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/news/20060705/obesity-linked-to-mood-disorders
Diakses pada 1 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait