Mengenal Pentingnya DHA untuk Ibu Hamil, Bisa Kurangi Risiko Bayi Lahir Prematur


Manfaat DHA untuk ibu hamil adalah untuk mencegah preeklampsia, menurunkan risiko persalinan prematur, dan mencegah terjadinya depresi pascapersalinan.

0,0
28 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat DHA untuk ibu hamil salah satunya bisa cegah preeklampsiaManfaat DHA untuk ibu hamil salah satunya bisa cegah persalinan prematur
DHA adalah singkatan dari Docosahexaenoic acid, salah satu jenis asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan setiap sel di tubuh, terutama otak, kulit, dan mata. DHA tak bisa dihasilkan secara alami oleh tubuh sehingga Anda harus mendapatkannya dari asupan makanan maupun suplemen.Komponen ini sudah terkenal khasiatnya, terutama untuk bayi dan janin. Namun, manfaat DHA untuk ibu hamil juga tak kalah penting. Sebab dalam jumlah yang cukup, asam lemak ini dapat mengurangi risiko ibu melahirkan prematur, preeklampsia, hingga depresi pascapersalinan.

Manfaat DHA untuk ibu hamil

Manfaat DHA untuk ibu hamil adalah menurunkan tensi darah
Manfaat DHA untuk ibu hamil adalah mengurangi risiko tensi tinggi (preeklampsia)
DHA memiliki peran penting dalam menjaga kehamilan, baik itu dengan meningkatkan kesehatan ibu maupun mendukung perkembangan optimal janin. Konsumsi DHA tak hanya perlu dipenuhi selama kehamilan, tapi juga saat merencanakan hamil dan setelah persalinan, atau ketika menyusui.Dengan konsumsi yang memadai, maka berbagai manfaat DHA untuk ibu hamil di bawah ini bisa Anda dapatkan:

1. Mengurangi risiko preeklampsia

Pada penelitian yang dilakukan pada ibu-ibu hamil yang mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3, ditemukan bahwa risiko mereka terkena preeklampsia menjadi menurun.Preeklampsia adalah suatu komplikasi kehamilan yang ditunjukkan dengan gejala-gejala seperti naiknya tekanan darah, terdapat protein dalam urine, hingga level yang berbahaya, dan kerusakan organ vital di tubuh, terutama hati dan ginjal.Kondisi tersebut bisa membahayakan nyawa ibu dan janin. Cara paling efektif untuk mengatasi preeklampsia adalah dengan mempercepat proses persalinan.

2. Mencegah persalinan prematur

Mengonsumi DHA yang cukup akan membantu mencegah ibu hamil melalui proses persalinan prematur.
Mekanisme senyawa ini dalam mengurangi risiko prematur belum diketahui pasti. Namun fakta bahwa DHA dapat mendukung perkembangan janin yang sehat, mungkin saja berperan.

3. Memperbaiki mood pascapersalinan

DHA, bersama dengan jenis asam lemak Omega-3 lainnya yaitu EPA, dapat mendukung terbentuknya mood yang baik pascapersalinan. Ibu yang kekurangan omega-3 juga dinilai berisiko lebih tinggi mengalami depresi.Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pasien pengidap depresi rata-rata tidak memiliki cukup DHA dan EPA di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, mengonsumsi cukup asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi gejala depresi.Baca Juga: Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Selama Kehamilan

Manfaat DHA untuk janin

Manfaat DHA untuk janin bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya
Manfaat DHA untuk janin salah satunya untuk perkembangan otak
Selama masa kehamilan, jika ibu mengonsumsi DHA dalam jumlah yang cukup, maka berbagai manfaat menyehatkan juga akan didapatkan oleh bayi, seperti berikut ini.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Konsumsi DHA yang memadai, tak hanya akan membuat ibu lebih sehat, tapi juga mendukung perkembangan sistem imun pada janin. Hal ini membuat bayi yang lahir dari ibu yang cukup mengonsumsi DHA, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

2. Baik untuk perkembangan otak anak

Anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi cukup DHA, terbukti memiliki kemampuan problem solving alias menyelesaikan masalah yang lebih baik pada tahun pertama kehidupannya, dibandingkan dengan ibu yang kekurangan DHA.

3. Menurunkan risiko bayi mengidap asma

Mengonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung asam lemak Omega-3 dinilai dapat menurunkan risiko anak mengidap asma kelak. Hingga kini, penelitian masih terus dilakukan untuk melihat mekanisme antara menurunnya gejala alergi dan asma dengan konsumsi DHA.

4. Mengurangi risiko anak terkena ADHD dan autisme

Bayi yang lahir dengan DHA yang tinggi di tubuhnya, dinilai memiliki kesehatan perkembangan saraf dan otak yang lebih baik. Sementara itu, bayi yang kekurangan DHA terbukti lebih berisiko mengalami gangguan spektrum autisme dan ADHD.

5. Menyehatkan mata

Manfaat DHA untuk janin yang terakhir adalah soal kesehatan mata. Bayi yang lahir dengan kadar DHA yang cukup, memiliki kondisi penglihatan yang lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak.

6. Meningkatkan fokus 

Dikutip dari American Preganancy Association, asupan DHA yang cukup bisa membantu meningkatkan perilaku, perhatian, fokus, dan proses pembelajaran bayi saat lahir. DHA juga dapat menurunkan risiko bayi mengalami alergi saat lahir karena memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Makanan yang mengandung DHA untuk ibu hamil

Salmon bisa menjadi sumber DHA alami
Salmon bisa menjadi sumber DHA alami
DHA tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhannya, Anda perlu mengonsumsi suplemen ataupun makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung DHA.Adapun makanan yang mengandung DHA untuk ibu hamil, seperti:
  • Salmon
  • Sarden
  • Makarel
  • Tiram
  • Udang
  • Kakap putih
Selain hewan-hewan laut di atas, kandungan DHA juga ada pada tuna, kerang scallop, ikan cod, telur, dan daging ayam. Namun, jumlahnya jauh lebih sedikit sehingga tidak terlalu bisa memenuhi kebutuhan DHA harian.Apabila Anda mengonsumsi makanan laut selama hamil, pastikan bahwa itu bukanlah jenis yang mengandung banyak merkuri. Paparan merkuri melalui makanan bisa berdampak buruk pada tumbuh kembang janin.Berkonsultasilah pada dokter mengenai jenis-jenis sumber DHA yang paling baik untuk kesehatan sesuai kondisi Anda. Anda bisa berbicara langsung dengan dokter melalui fitur tanya dokter di Aplikasi SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilmakanan untuk hamil
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/omega-3-fish-oil-and-pregnancy-986/
Diakses pada 14 Desember 2020
American Pregnancy Associaton. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/omega-3-fatty-acids-faqs-4922/
Diakses pada 14 Desember 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/dha-and-pregnancy-89182
Diakses pada 14 Desember 2020
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/the-health-benefits-of-dha-89183
Diakses pada 14 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/dha-and-pregnancy
Diakses pada 14 Desember 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/preeclampsia/symptoms-causes/syc-20355745
Diakses pada 14 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait