6 Manfaat Daun Sukun bagi Kesehatan yang Belum Diketahui Banyak Orang

(0)
13 Nov 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Bukan hanya buahnya, daun sukun ternyata juga punya banyak manfaatTidak hanya buahnya, daun sukun juga memiliki manfaat bagi kesehatan
Selain buahnya yang kerap diolah menjadi keripik atau gorengan, daun dari pohon sukun juga dapat dikonsumsi oleh manusia. Manfaat daun sukun ini sendiri sangat banyak lewat pemanfaatannya yang beraneka ragam juga, mulai dari digunakan begitu saja hingga daun yang dikeringkan dan dibuat menjadi the herbal.Sukun (Artocarpus altilis) adalah kelompok tumbuhan mulberry yang banyak tumbuh di area tropis seperti Indonesia. Buah sukun mirip dengan nangka yang berukuran lebih kecil (hanya berdiameter 10-20 cm), kulitnya berwarna hijau dengan daging berwarna putih dan tekstur seperti benang.Sementara daun sukun cukup lebar dan mengkilap. Ia biasanya dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan, terutama dijadikan obat dari berbagai macam penyakit.

Manfaat daun sukun bagi kesehatan

Pohon sukun dapat tumbuh dengan subur di lingkungan tropis Indonesia. Berapa penelitian pun sudah dilakukan oleh kampus-kampus ternama di negeri ini untuk meneliti manfaat daun sukun yang dapat dimaksimalkan bagi kesehatan orang Indonesia.Beberapa manfaat daun sukun bagi kesehatan itu adalah sebagai berikut:
  • Mempercepat penyembuhan luka

Studi yang dipublikasikan di Majalah Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, menyebut bahwa salah satu manfaat daun sukun ialah mempercepat penyembuhan luka pada orang yang baru menjalani prosedur pencabutan gigi. Hal ini dikarenakan daun sukun kaya akan zat antioksidan, terutama polifenol, flavonoid, tannin, dan alkaloid.Zat antioksidan ini terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka menganga pada gusi karena bersifat antiperadangan, antibakteri, dan antioksidan itu sendiri. Semakin cepat luka di gusi akibat cabut gigi sembuh, semakin kecil Anda dapat terkena infeksi akibat masuknya kuman ke lubang yang ditinggalkan gigi tersebut.
  • Menyembuhkan sakit gigi

Kandungan antioksidan dalam daun sukun juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit gigi itu sendiri. Meski demikian, manfaat daun sukun yang satu ini masih harus dikaji lebih dalam.
  • Meringankan peradangan pada hati, limpa, dan ginjal

Flavonoid yang dikandung oleh daun sukun dapat meredakan peradangan yang terjadi pada organ dalam manusia, seperti peradangan hati (hepatitis) maupun pembengkakan limpa. Selain itu, flavonid juga dapat mengatasi pembengkakan pada ginjal.
  • Menurunkan kadar kolesterol

Studi menunjukkan bahwa manfaat daun sukun lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah karena kaya akan antioksidan. Penurunan kadar kolesterol dalam tubuh akan memiliki dampak positif pada kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama dalam mencegah datangnya penyakit jantung koroner.
  • Menyehatkan jantung

Manfaat daun sukun juga bisa dirasakan ketika diolah menjadi teh yang dapat Anda seduh dan minum seperti daun teh pada umumnya. Teh daun sukun ini sudah dikembangkan oleh mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dan diklaim berkhasiat menjaga kesehatan jantung.Klaim ini bukannya tanpa dasar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), daun sukun memang mengandung flavonoid, riboflavin, dan sistosterol yang mampu melindungi jantung dari kerusakan sistem kardiovaskular, salah satunya karena paparan radikal bebas.
  • Menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes

Daun sukun yang diolah menjadi teh dan dikonsumsi secara rutin juga dipercaya mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Syaratnya, jangan seduh teh dengan tambahan apa pun, termasuk pewarna, pengawet, dan pemanis buatan.

Perhatikan hal ini sebelum mengonsumsi daun sukun

Meski manfaat daun sukun bagi kesehatan cukup banyak, Anda tetap tidak boleh berlebihan ketika mengonsumsinya. Bagi wanita hamil dan menyusui, sebaiknya jangan konsumsi daun sukun untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.Berhubung salah satu manfaat daun sukun adalah mengatasi hipertensi, penderita hipotensi jangan mengonsumsi daun ini agar tekanan darah tidak semakin rendah. Penderita kelainan darah dan alergi juga dianjurkan tidak mengonsumsi buah maupun daun sukun untuk jaga-jaga dari efek negatif yang mungkin timbul.Meski beberapa penelitian mengenai manfaat daun sukun bagi pengobatan cukup menjanjikan, namun dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikannya lebih jauh. Oleh karena itu, tetap konsultasikan masalah Anda ke dokter jika mengalami gangguan kesehatan.
buah dan sayuransukun
Britannica. https://www.britannica.com/plant/breadfruit
Diakses pada 12 November 2019
E-Journal Unair. https://e-journal.unair.ac.id/MKG/article/view/10368
Diakses pada 12 November 2019
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1471/breadfruit
Diakses pada 12 November 2019
Journal of Physics. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/954/1/012012/pdf
Diakses pada 12 November 2019
UGM. https://ugm.ac.id/en/news/13269-ugm-students-turn-breadfruit-leaves-into-herbal-drinks-to-treat-renal-and-heart-diseases
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait