Manfaat Daun Sirih untuk Wajah yang Bisa Anda Rasakan

(0)
03 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu manfaat daun sirih untuk wajah adalah mengobati jerawatDaun sirih juga punya manfaat untuk kesehatan wajah
Banyak sekali khasiat daun sirih yang dikenal di Indonesia, termasuk dalam bidang kecantikan. Tahukah Anda apa saja manfaat daun sirih untuk wajah?Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang memiliki bentuk seperti jantung, berujung runcing, dan tumbuh berselang seling. Ketika diraba daunnya terasa kasar dan ketika disobek daun akan mengeluarkan bau yang sedap aromatis.Terdapat dua jenis daun sirih yang dikenal di Indonesia, yakni daun sirih hijau (Piper Betle L.) dan daun sirih merah (Piper crocatum Ruiz). Keduanya sudah banyak diteliti dan teruji memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan manusia, termasuk bagi kulit wajah.

Apa saja manfaat daun sirih untuk wajah?

Daun sirih terbukti memiliki beberapa kandungan aktif, namun yang kandungannya paling banyak adalah saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri. Berdasarkan kandungan tersebut, terdapat setidaknya dua manfaat daun sirih untuk wajah, yaitu:

1. Mengobati jerawat

Daun sirih sudah dikenal lama sebagai pengobatan alternatif tradisional untuk menyembuhkan jerawat, terutama daun sirih hijau. Daun ini terbukti secara ilmiah memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat terhadap salah satu bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionilbacterium acnes.Bakteri ini sebetulnya tidak bersifat merugikan bagi kulit jika wajah Anda dalam kondisi normal alias bersih dan bebas dari kotoran yang menyumbat pori-pori. Hanya saja ketika kelenjar keringat dan kelenjar sebasea yang menghasilkan air, asam amino, urea, garam, dan asam lemak, maka bakteri ini seperti mendapat nutrisi untuk merusak wajah Anda dengan menumbuhkan jerawat yang meradang.Untuk membasmi salah satu bakteri penyebab jerawat ini, Anda membutuhkan larutan daun sirih dengan konsentrasi 20mg/ml. Manfaat daun sirih untuk wajah tersebut diyakini karena tanaman itu mengandung fenol dan turunannya, terutama tanin, flavonoid, dan saponin yang diketahui sebagai antibakteri.

2. Menyembuhkan luka

Jika Anda memiliki luka ringan di wajah, seperti luka gores, menggunakan gerusan daun sirih yang ditempel di area luka tersebut dipercaya dapat mempercepat penyembuhannya. Manfaat daun sirih untuk wajah ini biasanya didapat dari penggunaan daun sirih merah.Daun sirih merah diketahui memiliki kandungan, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, polifenon, dan minyak atsiri, yang dapat bertindak sebagai antibakteri pada kulit. Saponin dapat bertindak sebagai antiseptik yang mempercepat proses penyembuhan luka, sedangkan saponin dapat mencegah kemungkinan terjadinya infeksi bakteri pada luka tersebut.

Manfaat daun sirih lainnya

Selain manfaat daun sirih untuk wajah, Anda juga dapat merasakan khasiat daun sirih lainnya bagi kesehatan, seperti:

1. Menyehatkan organ reproduksi wanita

Ketika daun sirih direbus, air rebusan ini dapat diminum oleh wanita dengan harapan dapat menyuburkan kandungan. Pasalnya, daun sirih dipercaya dapat menstabilkan level estrogen di dalam tubuh yang merupakan salah satu faktor penentu terjadinya kehamilan.Selain diminum, air rebusan daun sirih juga bisa dijadikan sebagai pembasuh vagina agar alat reproduksi wanita ini bersih. Dengan basuhan air daun sirih, keputihan bisa dikurangi, terutama pada wanita yang masih dalam usia produktif untuk memiliki keturunan.

2. Menyehatkan gigi

Kegiatan nyirih yang kerap dilakukan para orang tua ternyata memiliki efek yang bagus, yakni dapat membuat gigi lebih kuat dan tidak mudah berlubang.Pasalnya, daun sirih terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbunan plak yang akhirnya menjadi karies gigi, seperti Streptococci, Lactobacilli, Staphylococci, Corynebacteria, Porphyromonas gingivalis, dan Treponema denticola.

3. Menyehatkan pencernaan

Daun sirih yang diperas, kemudian diminum bersama air hangat dipercaya dapat melapisi dinding lambung sehingga Anda tidak mudah terkena asam lambung. Lendir ini juga mengandung sterol yang dapat melawan bakteri penyebab diare, seperti E.coli.Berdasarkan manfaat daun sirih di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?Apabila dalam penggunaan daun sirih timbul berbagai gejala alergi, seperti gatal-gatal, ruam kemerahan, hingga bengkak, segera hentikan pemakaian dan memeriksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
jerawattanaman obat
Kedokteran Unila. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/994
Diakses pada 19 Juli 2020
FK Universitas Andalas. http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article/download/265/254
Diakses pada 19 Juli 2020
Unair News. http://news.unair.ac.id/en/2019/08/19/benefits-of-red-betel-leaf-heal-wound/
Diakses pada 19 Juli 2020
Phyto Journal. http://www.phytojournal.com/vol1Issue6/Issue_march_2013/19.pdf
Diakses pada 19 Juli 2020
E-Journal LUCP. http://ejournal.lucp.net/index.php/mjn/article/download/467/439
Diakses pada 19 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait