Manfaat Daun Sirih untuk Mata, Benarkah Ampuh?


Daun sirih disebut memiliki sifat antibakteri yang berguna untuk kesehatan mata. Ini disebutkan dalam beberapa penelitian terbatas untuk menguji daun sirih. Meski demikian, menggunakan racikan dan ramuan daun sirih langsung ke mata sangat tidak dianjurkan.

0,0
daun sirih untuk mataDaun sirih diketahui memiliki sejumlah manfaat untuk mata
Daun sirih termasuk tanaman herbal yang dipercaya memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan daun sirih untuk mata. Namun, tidak sedikit pula orang yang ragu akan keamanan dan keampuhannya.Untuk menjawab hal tersebut, simak ulasan mengenai manfaat daun sirih untuk mata berikut ini.

Potensi manfaat daun sirih untuk mata

Manfaat daun sirih atau Piper betle l. memang sudah sejak lama dipercaya masyarakat dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Bukan tanpa alasan, ini karena daun sirih memiliki komponen bioaktif yang bersifat antimikroba. Artinya, punya daya menghambat aktivitas mikroorganisme. Aktivitas biologis dalam Piper betle l. mampu mengendalikan pertumbuhan banyak mikroba gram positif dan gram negatif. Jurnal 3 Biotech menyatakan bahwa daun sirih memiliki kemampuan antibakteri yang mampu menghambat aktivitas Pseudomonas aeruginosa.Pseudomonas aeruginosa adalah patogen (kuman penyebab penyakit) yang menginfeksi manusia dengan gangguan kekebalan. Bakteri ini juga bisa menyebabkan kondisi serius pada mata dan bagian tubuh lain. Salah satu infeksi mata yang umum terjadi adalah konjungtivitis. Meski umumnya disebabkan oleh alergi, konjungtivitis bisa disebabkan oleh bakteri.Beberapa bakteri penyebab konjungtivitis, antara lain Haemophilus influenza, Streptococcus pneumoniae, dan Staphylococcus aureus. 
Daun sirih disebut bermanfaat untuk mata karena kandungan antibakteri
Daun sirih disebut bermanfaat untuk mata karena kandungan antibakteri
Dalam American Journal of Clinical and Experimental Immunology, aktivitas antibakteri dari ekstrak daun sirih mampu menghambat pertumbuhan Staphylococcus sp. pada pasien konjungtivitis. Penelitian terdahulu juga menyatakan bahwa ekstrak daun sirih mengandung senyawa bioaktif yang memiliki efek antidiabetes, antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan, dan antikanker. Dalam hal ini, sifat antioksidan dalam ekstrak Piper betle l. berasal dari senyawa fenolik yang mampu memainkan peran dalam menangkal radikal bebas. Bahkan, dalam metode pengobatan tradisional tertua di India, Ayurveda, daun sirih digunakan sebagai antiseptik, antijamur, antibakteri, dan antidiabetes. 

Apakah daun sirih aman untuk mata?

Membersihkan mata dengan daun sirih tidak dianjurkan
Membersihkan mata dengan air rebusan daun sirih tidak dianjurkan
Penelitian di atas memang menunjukkan potensi luar biasa ekstrak daun sirih untuk kesehatan. Namun, penelitiannya belum ada yang khusus mempelajari penyakit mata.Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan keampuhan, keamanan, dan dosis yang sesuai untuk mengatasi masalah mata manusia. Meski belum teruji klinis, beberapa kelompok masyarakat percaya daun sirih tetap bermanfaat bagi kesehatan mata.Cara membersihkan mata dengan daun sirih yang beredar di masyarakat biasanya dilakukan dengan menggunakan air rebusan daun sirih atau menempelkannya di mata.Namun, cara membersihkan mata dengan daun sirih ini tidak tepat. Pasalnya, air rebusan atau racikan daun sirih lainnya belum tentu terjamin kebersihan dan keamanannya.Kontaminasi mikroorganisme sangat mungkin terjadi dalam proses pembuatan ramuan daun sirih ini. Hal ini justru meningkatkan risiko iritasi mataPara ahli juga tidak menyarankan penggunaan daun sirih untuk mengatasi gangguan mata. Pasalnya, tingkat keasaman dan pH dalam racikan daun sirih tidak sesuai dengan kondisi mata.Lebih dari itu, penentuan dosis yang tepat sangat diperlukan untuk bisa mengatasi gangguan pada mata. Selain cara membersihkan mata dengan daun sirih, banyak mitos yang beredar di masyarakat terkait kegunaan daun sirih untuk mata, seperti mengobati mata minus. Hal ini tentu tidak tepat. Mata minus atau rabun jauh, disebut juga miopi, adalah kondisi ketika mata tidak mampu melihat objek jauh dengan jelas. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan refraksi. Hingga saat ini, penggunaan kacamata atau lensa kontak dan pembedahan (laser) masih menjadi cara utama yang aman untuk mengatasi mata minus secara medis. Anda sebaiknya tidak mencoba daun sirih sebagai salah satu cara mengatasi mata minus. 

Catatan dari SehatQ

Berbagai penelitian telah menunjukkan potensi daun sirih untuk mengatasi beberapa gangguan mata. Namun, keamanan dalam penggunaannya pada manusia masih perlu penelitian lanjutan. Mengingat mata adalah organ sensitif, penggunaan berbagai racikan daun sirih untuk mata tidak dianjurkan. Bukannya sehat, hal ini justru membahayakan kesehatan mata. Konsultasikan dengan dokter terkait gangguan mata yang Anda alami. Dokter akan menentukan obat dan perawatan yang tepat untuk kondisi mata Anda.Jika Anda berniat menggunakan daun sirih untuk mata, konsultasikan dulu kondisi Anda melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 
kesehatan matapenyakit matamata minus
3 Biotech. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4706831/
Diakses pada 27 Agustus 2021
Australian Prescriber. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6003010/
Diakses pada 27 Agustus 2021
Biomed Research International. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5449738/
Diakses pada 27 Agustus 2021
Kominfo RI. https://www.kominfo.go.id/content/detail/20910/hoaks-air-rebusan-daun-sirih-untuk-mengobati-mata/0/laporan_isu_hoaks
Diakses pada 27 Agustus 2021
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/nearsightedness-myopia
Diakses pada 27 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait