Ada banyak manfaat daun sirih bagi kesehatan Anda
Daun sirih dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Ketika membicarakan soal daun sirih, Anda mungkin akan membayangkan daun itu dikunyah oleh orang-orang tua zaman dahulu. Padahal, daun yang berbentuk hati itu juga bisa dinikmati oleh semua umur. Manfaat daun sirih ini bahkan mungkin akan membuat Anda tercengang.

Daun sirih (Piperaceae) memang sudah lama digunakan sebagai pembungkus kunyahan pada kegiatan nyirih, yang di dalam daun tersebut berisi pinang, kapur sirih, tembakau, serta bahan aromatik lainnya. Saat digunakan dalam nyirih, daun dari tanaman yang tumbuh merambat ini dapat menyegarkan napas dan bersifat mendinginkan mulut.

Daun sirih dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tapi mengonsumsi terlalu banyak daun sirih juga digadang-gadang dapat menimbulkan kanker mulut. Padahal, tidak ada bukti bahwa orang tua yang gemar nyirih akan mengidap penyakit mematikan ini.

Manfaat daun sirih

Daun sirih bukan hanya dikonsumsi dengan cara dikunyah, namun juga bisa direbus dan diambil khasiatnya. Manfaat rebusan daun sirih juga tidak kalah banyak.

Daun sirih mengandung sejumlah bahan aktif yang konsentrasinya bergantung pada jenis tanaman, musim, dan cuaca saat itu. Namun yang jelas, daun sirih paling dikenal karena aromanya yang datang dari kandungan afenol (chavicol), yang juga dapat berfungsi sebagai zat antiseptik.

Secara lengkap, berikut kandungan dan manfaat daun sirih maupun air rebusan daun sirih:

  • Mengatasi diare

Mengatasi diare adalah manfaat daun sirih yang pertama. Banyak mikroba yang bisa dilawan oleh kandungan sterol pada daun sirih. Mikroba tersebut adalah E. coli yang sering mengakibatkan diare. Bakteri lain yang dapat dibasmi dengan meminum air rebusan daun sirih, yakni Streptococcus pyrogen, Staphylococcus aureus, Proteus vulgaris, dan Pseudomonas aeruginosa.

  • Menyehatkan jantung

Bentuk daun yang seperti hati seakan-akan mencerminkan manfaat daun sirih itu sendiri sebagai tanaman yang dapat menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian menyebut daun sirih memang dapat menguatkan organ vital tersebut sekaligus mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan ketidakteraturan irama jantung.

  • Mengobati luka lambung

Daun sirih yang disiram air panas terbukti memiliki lendir yang berguna untuk melapisi lambung. Hal ini menghadirkan manfaat rebusan daun sirih sebagai pelindung dinding lambung sehingga tidak mudah terluka ketika Anda mengalami kenaikan asam lambung maupun hal lainnya.

  • Mencegah karies gigi

Anggapan yang mengatakan nyirih dapat melindungi gigi rupanya terbukti secara ilmiah. Manfaat daun sirih ini berkaitan dengan fungsinya sebagai penghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbunan plak yang akhirnya menjadi karies gigi, seperti Streptococci, Lactobacilli, Staphylococci, Corynebacteria, Porphyromonas gingivalis, dan Treponema denticola.

  • Menyehatkan alat reproduksi

Manfaat daun sirih selanjutnya ialah menyehatkan alat reproduksi. Ekstrak daun sirih yang didapat lewat air rebusan juga dapat diminum untuk menaikkan level kesuburan pada wanita. Manfaat rebusan daun sirih ini adalah menurunkan level estrogen yang mungkin memengaruhi tingkat kesuburan pada rahim Anda.

Selain diminum, air rebusan daun sirih juga bisa dijadikan sebagai pembasuh vagina. Pasalnya, air rebusan daun sirih juga terbukti dapat mengurangi keputihan, terutama pada wanita yang masih dalam usia produktif untuk memiliki keturunan.

Selain kelima manfaat daun sirih di atas, masih ada manfaat lain yang bisa Anda nikmati, seperti mencegah diabetes, peradangan, bahkan beberapa jenis kanker.

Daun sirih juga sudah banyak diolah sebagai obat maupun bahan tambahan dalam berbagai produk kecantikan sehingga dengan mudah dapat Anda merasakan manfaatnya.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3892533/
Diakses pada 4 Desember 2019

Journal of Pharmaceutical Sciences and Research. https://www.jpsr.pharmainfo.in/Documents/Volumes/vol6issue01/jpsr06011409.pdf
Diakses pada 4 Desember 2019

Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry. http://www.phytojournal.com/vol1Issue6/Issue_march_2013/19.pdf
Diakses pada 4 Desember 2019

E Journal Lincoln University College. ejournal.lucp.net › index.php › mjn › article › download
Diakses pada 4 Desember 2019

Artikel Terkait