Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Hamil yang Tidak Terduga


Ada sejumlah manfaat daun singkong untuk ibu hamil yang bisa Anda dapatkan. Beberapa di antaranya adalah mencegah anemia, mencegah gangguan janin, hingga meningkatkan sistem imun tubuh.

(0)
18 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun singkong untuk ibu hamil adalah mencegah anemiaDaun singkong punya banyak manfaat untuk ibu hamil
Selain akar singkong, daun singkong juga dapat dimasak dan dikonsumsi. Singkong umumnya dimanfaatkan sebagai makanan pokok pengganti nasi, sedangkan daun singkong lebih banyak digunakan sebagai sayur untuk diolah atau dijadikan lalapan.Daun singkong merupakan sayuran kaya manfaat karena banyaknya kandungan nutrisi yang menguntungkan tubuh, khususnya untuk ibu hamil. Apa saja manfaat daun singkong untuk ibu hamil?

Kandungan daun singkong

Bukan tanpa alasan jika daun singkong untuk ibu hamil dianjurkan. Daun singkong kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janinnya.Dalam 1 porsi (100 gram) daun singkong, terdapat kurang lebih kandungan nutrisi sebagai berikut:
  • Lemak 1,8 g
  • Total Lemak 0,2g
  • Natrium 11 mg
  • Total karbohidrat 7,30 g
  • Serat makanan 0,6 g
  • Protein 3,70 g
  • Vitamin C
  • Vitamin B1 (thiamin)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niacin)
  • Vitamin B5 (asam pantotenat)
  • Vitamin B6.
Daun singkong juga kaya akan kandungan mineral yang dibutuhkan ibu hamil, seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, tembaga, dan mangan.

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil terbilang banyak karena di dalamnya mengandung berbagai zat dan nutrisi penting bagi kehamilan, seperti zat besi, asam folat, dan vitamin C.

1. Mencegah anemia

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil adalah sebagai sumber zat besi. Zat besi berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan mencegah anemia.Pada masa kehamilan, pasokan darah dan oksigen harus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi bagi janin dalam kandungan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang merupakan masalah kesehatan umum pada ibu hamil.

2. Mencegah gangguan perkembangan janin

Daun singkong merupakan sayuran hijau yang kaya akan asam folat. Zat yang satu ini sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan perkembangan janin.Konsumsi daun singkong untuk ibu hamil disarankan untuk dllakukan sejak masa-masa awal kehamilan, tepatnya 12 minggu pertama usia kehamilan. Di fase ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mg per hari.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan janin

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin C dan folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin yang dikandungannya. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh sekaligus antioksidan.Vitamin C pada daun singkong berperan dalam menjaga kesehatan sel dan mencegah terjadinya infeksi yang rentan dialami oleh ibu hamil. Vitamin ini juga dapat mendukung perkembangan janin yang sehat.

Manfaat daun singkong lainnya

Di samping manfaat daun singkong untuk ibu hamil, masih ada berbagai manfaat daun singkong lainnya yang bisa Anda peroleh.

1. Mengatasi kwashiorkor

Kwashiorkor adalah salah satu kondisi malnutrisi pada anak karena kekurangan protein. Daun singkong megandung protein lisin yang dapat bermanfaat untuk mengatasi kondisi kwashiorkor.

2. Menyehatkan mata

Daun singkong memiliki kandungan beta karoten yang bermanfaat untuk mengatasi mata buram.

3. Sumber asam amino

Asam amino yang dikandung daun singkong bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka terbuka.Selain itu, asam amino juga bermanfaat untuk menjaga ingatan supaya tetap prima sekaligus menyehatkan tulang dan menjaga fungsi metabolisme.

4. Antioksidan

Selain vitamin C, daun singkong juga mengandung antioksidan dalam bentuk klorofil. Antioksidan pada daun singkong bermanfaat menangkal radikal bebas dan menurunkan risiko kanker.Penting untuk diperhatikan bahwa daun singkong tidak boleh dimakan mentah-mentah. Pastikan daun singkong untuk ibu hamil diolah hingga matang sebelum disajikan. Sama halnya dengan singkong, daun singkong juga mengandung racun hidrogen sianida jika konsumsi secara mentah.
makanan untuk hamildaun singkong
Fit for The Soul. https://fitforthesoul.com/health-benefits-of-cassava-leaves-for-beauty-and-pregnant-women/
Diakses 4 November 2020
National Health United Kingdom. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/vitamins-minerals-supplements-pregnant/
Diakses 4 November 2020
Health Benefit Times. https://www.healthbenefitstimes.com/cassava-leaf/
Diakses 4 November 2020
Web MD. https://www.webmd.com/baby/guide/prenatal-vitamins#2
Diakses 4 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait