7 Manfaat Daun Serai: Meredakan Kecemasan sampai Mengatasi PMS

Manfaat daun serai untuk kesehatan tak bisa dipungkiri lagi
Daun serai ternyata baik untuk mengurangi gejala PMS

Daun serai (Cymbopogon citratus) termasuk tanaman yang sering dipakai sebagai bahan masakan di kuliner Asia Tenggara. Daun ini memiliki aroma segar mirip lemon.

Selain untuk masakan, manfaat daun serai juga ada di dunia pengobatan tradisonal. Tanaman ini dipercaya memiliki berbagai khasiat. 

Nutrisi daun serai yang menyehatkan

Satu sendok makan serai segar mengandung kira-kira 5 kalori, yang berasal dari karbohidrat, serat, dan protein. 

Mineral yang terdapat dalam serai antara lain 3 mg kalsium, 34 mg potasium, 0,2 mg mangan, 2,9 mg magnesium dan 0,4 mg zat besi. Sementara vitamin di dalam serai meliputi vitamin A, C, B9 (folat), dan B3 (niacin). 

Mengingat kandungan vitamin serai yang relatif sedikit, mengonsumsi serai tidak akan memberi dampak signifikan pada kecukupan vitamin harian Anda. Jadi, Anda tetap membutuhkan asupan vitamin dari makanan lainnya.

Selain digunakan langsung sebagai rempah dalam makanan dan minuman, daun serai juga sering diolah menjadi minyak serai. Jika minyak ini digunakan untuk memasak, kandungan kalorinya akan lebih tinggi. Kenapa?

Pasalnya, minyak serai biasanya sudah merupakan campuran minyak goreng atau minyak kanola dengan ekstrak serai. Dalam 1 sendok teh minyak serai, bisa terkandung 40 kalori dan 4,5 gram lemak.

Jika ingin menggunakan daun serai dalam minuman atau sup, hancurkan bagian bawah batang daun serai agar aroma serainya lebih keluar lalu celupkan ke dalam hidangan. Sedangkan untuk digunakan sebagai bumbu masakan, serai bisa dimasak utuh atau dipotong-potong dan dicincang terlebih dahulu sebelum dicampur dalam masakan. 

Manfaat dan serai untuk kesehatan

Banyak orang yang meyakini bahwa daun serai memiliki aneka khasiat kesehatan. Namun sebetulnya, belum banyak penelitian ilmiah skala besar yang dilakukan dengan hasil mendukung klaim tersebut.

Yang sudah diketahui, daun serai mengandung senyawa antioksidan berupa asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai antiperadangan dan menetralisir radikal bebas

Di samping itu, terdapat beragam manfaat daun serai yang bisa didapatkan ketika dikonsumsi dalam minuman maupun makanan. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Meredakan kecemasan

Memang banyak orang yang merasa bahwa minum teh hangat memiliki efek menenangkan. Bagi yang sering cemas, menikmati teh daun serai nampaknya akan menambah efek ini. 

Beberapa penelitian menemukan bahwa menghirup aroma serai bisa membantu dalam meredakan kecemasan pada orang yang mengalami gangguan kecemasan. Karena itu, menggunakan aromaterapi dengan aroma serai juga seringkali dianggap sebagai salah satu cara melepaskan stres dan cemas. 

Meski demikian, para ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut masih perlu melakukan riset lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat daun serai yang satu ini. 

2. Menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan artikel yang dimuat dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi daun serai ternyata berpotensi menurunkan kadar kolesterol. Bahkan makin banyak daun serai yang dikonsumsi, makin banyak pula penurunan kadar kolesterol. 

Karena percobaan tersebut baru dilakukan pada hewan, butuh penelitian lebih luas guna melihat apakah efek yang sama juga berlaku pada manusia. 

3. Mencegah infeksi

Konsumsi daun serai nampaknya bisa mengurangi jumlah kasus infeksi jamur yang kerap terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Misalnya, pengidap HIV dan AIDS

4. Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut

Di banyak negara, di mana tanaman serai banyak tumbuh, penduduknya sering mengunyah batang serai sebagai cara meningkatkan kesehatan dan menyegarkan mulut. 

Sebuah riset yang dimuat dalam Food Chemistry mendukung praktik masyarakat tersebut. Dari 12 jenis tanaman herbal yang diteliti, para ilmuwan menyimpulkan bahwa serai adalah herbal yang paling ampuh dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang pada sampel di laboratorium. 

5. Meredakan nyeri

Terdapat suatu penelitian yang menemukan potensi daun serai sebagai pereda nyeri. Ini berarti, minum secangkir teh daun serai bisa membantu seseorang untuk mengurangi nyeri yang ia alami. 

6. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi teh daun serai setiap hari selama 30 hari, bisa meningkatkan konsentrasi hemoglobin dan meningkatkan jumlah sel darah merah. Belum diketahui pasti bagaimana serai menyebabkan efek ini, tapi diduga kandungan antioksidan dalam serai memiliki peran. 

7. Mengurangi rasa kembung

Teh daun serai memiliki efek diuretik, yaitu menstimulasi ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine dibanding biasanya. Dengan demikian, konsumsi teh serai bisa dilakukan untuk mengurangi kembung yang disebabkan oleh retensi air, seperti yang terjadi saat mengalami sindrom pramenstruasi

Walau banyak manfaat daun serai yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut, Anda setidaknya bisa menikmati aromanya yang segar dan menenangkan dalam makanan maupun minuman. Bila Anda merasa ragu, konsultasikan dengan dokter agar manfaatnya bisa Anda dapatkan dengan optimal.

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/lemongrass-benefits-side-effects-and-preparations-4178847
Diakses pada 16 oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321969.php
Diakses pada 16 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed