Manfaat Daun Sendok dan Efek Sampingnya

(0)
31 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun sendok masih harus diteliti lebih lanjut.Manfaat daun sendok ternyata sangat beragam, salah satunya melancarkan sistem pencernaan.
Manfaat daun sendok untuk kesehatan memang masih jarang diketahui orang. Namun siapa sangka, beberapa penelitian telah membuktikan kebenaran manfaat daun sendok untuk kesehatan.Meski begitu, layaknya obat herbal lainnya, daun sendok juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan. Maka dari itu, sebelum mencobanya, simak dulu penjelasan ilmiahnya ini.

Manfaat daun sendok untuk kesehatan

Daun sendok memiliki nama latin Plantago major. Di luar negeri, tumbuhan ini dikenal dengan julukan broadleaf plantain. Daun yang menyerupai sendok makan ini bisa tumbuh di berbagai tempat, mulai dari taman bermain hingga lahan parkir. Itulah sebabnya, daun sendok masih sering dipandang sebelah mata.Tidak hanya bisa dimakan, ternyata manfaat sendok telah dipercaya selama ratusan tahun dalam dunia medis tradisional.
Daun sendok
Manfaat daun sendok
Faktanya, manfaat daun sendok tak lepas dari komponen antiinflamasinya. Bahkan, manfaat daun sendok juga dipercaya melancarkan sistem pencernaan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.Supaya tak terkecoh, kenali dulu penjelasan ilmiah dan berbagai riset mengenai manfaat daun sendok untuk kesehatan.
  • Mengatasi peradangan

Menurut beberapa riset, manfaat daun sendok datang dari kandungan anti-inflamasinya, seperti flavonoid, terpenoid, glikosida, dan tanin.Sebuah penelitian pada hewan uji membuktikan kalau ekstrak daun sendok dapat mengatasi peradangan akibat kerusakan pada organ hati.Sebuah penelitian serupa juga menjelaskan bahwa manfaat daun sendok bisa mengatasi peradangan dan mengurangi enzim hati untuk menjaga hati dari kerusakan.Namun riset lebih lanjut pada manusia masih harus dilakukan untuk memperkuat penemuan ini.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat daun sendok selanjutnya adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah tes tabung, para ahli tidak hanya menemukan kehebatan manfaat daun sendok dalam mengatasi peradangan, tapi juga menghambat sel kanker bertumbuh kembang.Lagi-lagi, penelitian pada manusia masih tetap dibutuhkan untuk membuktikan manfaat daun sendok yang satu ini.
  • Berpotensi mempercepat proses penyembuhan luka

Beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa daun sendok juga bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka, dengan mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan mikroba, serta meredakan nyeri.Faktanya, sebuah riset yang melibatkan 40 responden menemukan bahwa gel yang mengandung lidah buaya dan daun sendok bisa memicu perbaikan jaringan tubuh pada penderita ulkus di kaki.Walau demikian, hasil riset ini masih sulit disimpulkan karena menggunakan lidah buaya juga.
  • Melancarkan sistem pencernaan

Berdasarkan riset, manfaat daun sendok juga dipercaya dapat memperlambat pergerakan saluran pencernaan, sehingga gerakan usus menjadi lebih teratur dan diare dapat diatasi.Sebuah riset pada tikus juga menemukan, ekstrak daun sendok dapat memicu proses penyembuhan maag.
Ditambah lagi, penelitian pada hewan lainnya juga membuktikan bahwa daun sendok bisa mengatasi penyakit inflammatory bowel disease (IBD) karena mengandung komponen anti-inflamasi.
Perlu ditegaskan, berbagai manfaat daun sendok di atas masih perlu diteliti lebih lanjut. Apalagi, manfaat daun sendok ini hanya didasari oleh penelitian pada hewan uji.

Efek samping daun sendok

Daun sendok
Manfaat daun sendok
Umumnya, orang dewasa yang dalam keadaan sehat tidak akan mengalami efek samping saat mengonsumsi daun sendok, baik itu dimakan mentah ataupun dimasak.Namun, daun sendok dalam bentuk suplemen bisa memberikan efek samping berupa mual, muntah, diare, perut kembung, ataupun reaksi pada kulit.Hati-hati, dosis tinggi daun sendok bisa menyebabkan anafilaksis, yang merupakan reaksi alergi berbahaya dan bisa mengancam nyawa.Berbagai gejala anafilaksis yang mesti diwaspadai meliputi tekanan darah rendah atau hipotensi, munculnya ruam, pembengkakan mulut dan tenggorokan, denyut nadi lemah, mual dan muntah, hingga pingsan.Mulailah mengonsumsi daun sendok dari dosis kecil. Selain itu, berkonsultasilah pada dokter sebelum mengonsumsinya. Sebab, ada berbagai efek samping berbahaya yang menunggu Anda, jika tidak berkonsultasi dulu sebelum melahapnya.Terlebih lagi, jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi daun sendok, segera datang ke dokter dan hentikan konsumsinya.

Catatan dari SehatQ:

Walaupun manfaat daun sendok di atas sangatlah menjanjikan, obat herbal ini tak boleh dijadikan sebagai obat utama dalam mengatasi kondisi medis tertentu. Sebab, hasil penyembuhan maksimal tak akan bisa diraih tanpa bantuan dokter dan obat-obatan medis. Selain itu, jika Anda memang ingin mencicipi manfaat daun sendok ini, datanglah ke dokter dan berkonsultasi terlebih dulu. Tanyakan mengenai dosis tepat yang aman untuk dikonsumsi.
makanan sehatherbalhidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/plantain-weed
Diakses pada 17 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anaphylaxis/symptoms-causes/syc-20351468
Diakses pada 17 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait