logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Ini Manfaat Daun Sambung Nyawa, Cegah Kanker hingga Infertilitas

open-summary

Manfaat daun sambung nyawa cukup beragam. Daun bernama Gynura procumbens ini diklaim bisa mencegah kanker, hingga mengobati infertilitas pada pria. Selain bermanfaat, daun dewa juga minim efek samping sehingga lebih aman.


close-summary

9 Mar 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

manfaat sambung nyawa bisa mencegah kanker

Manfaat daun sambung nyawa sangat beragam, mulai dari antikanker hingga menjaga keperkasaan pria.

Table of Content

  • Manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan
  • Cara mengonsumsi daun sambung nyawa
  • Efek samping daun sambung nyawa
  • Catatan dari SehatQ

Daun sambung nyawa atau daun sambung nyawa mungkin masih terdengar asing di telinga banyak orang. Namun siapa sangka, daun yang memiliki nama latin Gynura procumbens ini, ternyata dijadikan lalapan oleh banyak masyarakat orang Indonesia.

Advertisement

Sebenarnya, daun ini berasal dari Afrika, tapi juga bisa ditemukan Pulau Jawa, Pulau Sumatra, dan sebagian kecil Pulau Bali. Tanaman sambung nyawa tumbuh di ladang atau dibudidayakan sebagai apotek hidup.

Bagi Anda yang penasaran dengan "keajaiban" tanaman ini, mari mengenal daun ini dan mencari tahu manfaatnya sebelum mencoba

Baca Juga

  • 14 Jenis Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi
  • Daftar 6 Makanan Lembut untuk Pasien dalam Masa Pemulihan
  • Apa Saja Makanan yang Boleh dan Tidak Pasca Operasi Amandel?

Manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan

Selain menjadi lalapan, tanaman yang juga dikenal sebagai daun dewa ini digunakan sebagai bahan masakan di Thailand. Bahkan, di Malaysia, daun sambung nyawa dikonsumsi mentah-mentah. Mungkin kebiasaan ini muncul karena kepercayaan masyarakat yang menganggap bahwa manfaat Gynura procumbens mampu mengobati banyak penyakit.

Perlu diingat, walau banyak yang mengklaim bahwa manfaat daun sambung nyawa bisa mengobati berbagai macam penyakit, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Berikut deretan manfaat daun penyambung nyawa untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan:

1. Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung, termasuk penyakit jantung koroner dan stroke. Dalam beberapa dekade terakhir, banyak tumbuhan obat yang diteliti sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Daun sambung nyawa pun masuk dalam daftar tumbuhan obat itu.

Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, manfaat daun sambung nyawa diklaim bisa menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan.

2. Mengobati diabetes

Dalam pengobatan tradisional, tanaman ini merupakan salah satu tanaman herbal yang diklaim bisa menurunkan kadar gula darah pada diabetes. Apalagi, penelitian membuktikan bahwa daun sambung nyawa memiliki sifat antihiperglikemik (obat diabetes).

Salah satu temuan menarik menunjukkan, manfaat daun sambung nyawa dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaga kadar glukosa dalam darah, pada tikus yang mengalami diabetes.

Baca juga: Mengenal Ragam Tanaman yang Berpotensi Dijadikan Obat Herbal Diabetes

3. Mengobati infertilitas

Daun sambung nyawa
Tumbuhan daun sambung nyawa

Infertilitas bisa menyebabkan kesulitan dalam mendapatkan momongan, walau sudah berhubungan intim secara teratur. Infertilitas pun sebenarnya merupakan salah satu komplikasi diabetes yang pastinya sangat ditakuti.

Untuk menangani infertilitas ini, daun sambung nyawa kerap menjadi pilihan. Bahkan, Gynura procumbens terbukti bisa meningkatkan jumlah sperma, pergerakan sperma, dan mengurangi persentase kematian sel sperma, pada tikus yang mengalami diabetes.

Tidak hanya itu, daun sambung nyawa juga dianggap memiliki efek afrodisiak (pembangkit gairah seksual) pada hewan uji yang sama.

4. Mencegah kanker

Daun sambung nyawa juga telah digunakan untuk pengobatan sekaligus mencegah kanker payudara serta leukimia (kanker darah) dalam jangka waktu lama. Dari sebuah penelitian selama 10 minggu, ekstrak etanol daun ini terbukti bisa menekan perkembangan karsinogenesis (proses pembentukan sel kanker).

Sementara itu, penelitian dengan durasi lebih lama (26 minggu), membuktikan bahwa daun sambung nyawa bisa menekan pembentukan karsinogenesis di bagian mulut.

Selain itu, penelitian pada hewan uji menunjukkan, ekstrak etanol Gynura procumbens mampu menurunkan azoxymethane (senyawa yang bisa memicu tumor) sebanyak 80%.

Untuk perawatan pendamping bagi pasien kanker, daun ini bisa dikonsumsi mentah-mentah sebanyak 3 lembar sebanyak 7 hari. Pengobatan herbal ini bisa memakan waktu 2-3 bulan, tergantung dari keadaan penyakitnya.

5. Mencegah malaria

Manfaat daun sambung nyawa berikutnya datang dari efek antimikrobanya. Karena memiliki efek antimikroba, daun sambung nyawa dipercaya bisa melawan berbagai parasit yang menyebabkan penyakit malaria, yaitu Plasmodium falciparum dan Plasmodium berghei.

Tidak hanya itu, ekstrak etanol daun ini juga dipercaya menghambat perkembangan virus herpes simplex HSV-1 dan HSV-2 dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dalam sebuah uji klinis pada pasien penderita herpes labialis. Pada pengujian tersebut, pengobatan dengan daun sambung nyawa terbukti mengurangi jumlah pasien herpes.

6. Menjaga kesehatan otak

Daun sambung nyawa juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan terpenoid. Flavonoid dikenal sebagai antioksidan yang bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, asma, hingga stroke. Antioksidan yang satu ini juga diklaim bisa menjaga kesehatan otak.

Sama seperti antioksidan lainnya, saponin bisa membantu tubuh mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan menjaga kesehatan organ hati.

Tanin memiliki kemampuan untuk mempercepat pembekuan darah, hingga mengurangi tekanan darah.

Sementara itu, terpenoid bisa membantu tubuh mencegah beberapa penyakit, seperti kanker.

7. Mempercepat proses penyembuhan luka

Di dalam dunia medis Thailand, Gynura procumbens seringkali digunakan untuk mengobati peradangan. Saat ekstrak etanol daun sambung nyawa digunakan pada hewan uji yang sedang terluka, proses penyembuhan lukanya meningkat. Selain itu, ukuran luka juga berkurang.

Selain beberapa manfaat daun sambung nyawa di atas, berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa daun ini bisa mengobati penyakit ginjal, mencairkan pembekuan darah, menghentikan perdarahan, membersihkan tubuh dari racun, infeksi kerongkongan, hingga mengatasi demam.

8. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat daun sambung nyawa untuk asam lambung salah satunya adalah meredakan perdarahan akibat luka pada saluran cerna lambung dan usus. Selain itu, khasiat daun sambung nyawa untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dapat mencegah terbentuknya tukak lambung dan melindungi lapisan dalam lambung.

9. Melawan bakteri penyebab infeksi

Air rebusan daun sambung nyawa diketahui dapat mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab malaria. Bukan hanya itu, daun sambung nyawa juga mampu menghambat aktivitas virus penyebab herpes, bakteri penyebab infeksi, hingga jamur penyebab kurap.

10. Mencegah penyakit ginjal

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa bisa menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. Namun, penelitian ini masih terbatas dan membutuhkan studi lebih lanjut untuk menguji efektivitas daun sambung nyawa dalam mencegah maupun mengatasi penyakit.

Baca juga: Manfaat Daun Patah Tulang Sebagai Obat Tradisional

Cara mengonsumsi daun sambung nyawa

Daun sambung nyawa bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Anda bisa makan daun ini secara mentah sebagai lalapan atau mengolahnya menjadi lauk.

Rebusan daun sambung nyawa juga dapat diminum dalam bentuk teh atau merebusnya. Namun, jika ingin mengonsumsi daun dewa dalam bentuk suplemen, pastikan ada nomor izin edar yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan gunakan sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Efek samping daun sambung nyawa

Mengonsumsi daun dewa diketahui aman asalkan dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan. 

Penelitian di China memilih daun dewa sebagai pengobatan serta pencegahan diabetes yang aman karena tidak menunjukkan adanya efek samping. Selain itu, tingkat toksisitas daun dewa juga rendah.

Hingga saat ini belum diketahui efek samping daun sambung nyawa. Namun, bila saat mengonsumsi Anda mengalami alergi hingga menimbulkan keluhan, segera berkonsultasi ke dokter.

Catatan dari SehatQ

Penelitian mengenai efektivitas daun sambung nyawa untuk mengobati beberapa penyakit, seperti kanker dan infertilitas, masih terus berlanjut. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya tanpa anjuran dan pengawasan dokter. Apalagi, belum ada rincian dosis aman dalam penggunaan daun sambung nyawa.

Selain itu, Anda disarankan untuk tidak menjadikan obat-obatan herbal seperti Gynura procumbens sebagai pengganti pengobatan medis. Jangan sampai “tergoda” berbagai manfaat daun ini, sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

makanan sehatherbalhidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved