9 Manfaat Daun Pinus yang Baik untuk Kesehatan

(0)
19 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun pinus sangat beragam, mulai dari mengatasi masalah pernapasan hingga turunkan berat badan.Kandungan antioksidan, antiradang, serta antimikrobanya menjadikan manfaat daun pinus sangat beragam.
Di balik keindahan pohon pinus, mungkin jarang ada yang tahu kalau daunnya bermanfaat untuk kesehatan. Baik dalam bentuk teh atau minyak atsiri (essential oil), manfaat daun pinus cukup beragam, mulai dari menyehatkan mata hingga menurunkan berat badan.

Manfaat daun pinus untuk kesehatan yang terlupakan

Ekstrak daun pinus dianggap mengandung senyawa antioksidan, antiradang, serta antimikroba yang bisa menguntungkan kesehatan. Mari kita kenali berbagai manfaat daun pinus berikut ini.

1. Dapat digunakan untuk aromaterapi

Daun pinus yang diolah menjadi minyak atsiri (essential oil) dapat digunakan untuk aromaterapi. Sebab, daun ini memiliki aroma yang dianggap bisa menenangkan dan menyegarkan pikiran. Inilah alasan mengapa banyak produk pewangi ruangan yang menggunakan aroma daun pinus.Selain itu, menghirup aroma minyak atsiri yang diolah dari daun pinus dipercaya dapat meredakan gejala pilek.

2. Mengatasi infeksi dan luka pada kulit

Beberapa orang percaya bahwa minyak atsiri daun pinus dapat dioleskan ke kulit sebagai antimikroba. Karena fungsi inilah, minyak ini dianggap mampu mengatasi infeksi luka minor dan luka bakar.Namun, belum banyak penelitian yang bisa membuktikan manfaat minyak daun pinus ini. Sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencobanya.

3. Meredakan peradangan

Minyak atsiri daun pinus dinilai mengandung efek antiradang yang bisa meredakan gejala peradangan pada kulit, seperti jerawat, eksim, hingga rosacea.Selain itu, senyawa antiradang yang dikandung minyak ini juga dianggap ampuh dalam meredakan nyeri akibat artritis dan nyeri otot.Sayangnya, belum banyak penelitian yang bisa membuktikan manfaat daun pinus dalam bentuk minyak atsiri ini.

4. Berpotensi mengandung vitamin C yang tinggi

Meskipun belum ada cukup penelitian yang bisa membuktikannya, teh daun pinus dipercaya mengandung vitamin C 4-5 kali lebih banyak dibandingkan jus jeruk. Bahkan, teh daun pinus sering dijadikan obat alami skorbut (penyakit akibat defisiensi vitamin C).Sebuah laporan dari The Encyclopedia of Folk Medicine menyatakan, orang-orang Amerika zaman dahulu sudah menggunakan teh daun pinus sebagai obat alami skorbut.Selain itu, studi dari Korea Selatan juga mengungkapkan kalau aktivitas antioksidan yang terkandung oleh teh daun pinus juga mirip seperti vitamin C.

5. Berpotensi menyehatkan mata

Selain vitamin C, teh daun pinus juga dipercaya mengandung vitamin A. Saat vitamin ini dikombinasikan dengan vitamin C, keduanya dapat menyehatkan mata.Vitamin C dipercaya memberikan mata perlindungan dari polutan, sementara vitamin A berperan penting untuk menjaga kesehatan kornea.

6. Mengatasi masalah pernapasan

Manfaat daun pinus dipercaya bisa mengatasi masalah pernapasan
Manfaat daun pinus dipercaya bisa atasi masalah pernapasan
Teh daun pinus telah digunakan sebagai obat alami masalah pernapasan. Sebuah laporan dari The Encyclopedia of American Indian Contributions to the World menyatakan bahwa masyarakat Amerika di zaman dahulu menggunakan daun pinus putih sebagai ekspektoran dan dekongestan.Belum banyak penelitian yang bisa membuktikan manfaat daun pinus ini. Sebaikna Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mencobanya untuk mengatasi masalah pernapasan.

7. Menurunkan berat badan

Teh daun pinus memiliki potensi yang sama layaknya teh hijau dan hitam dalam menurunkan berat badan.Sebuah studi dari Korea Selatan menunjukkan, pasien obesitas mengalami penurunan berat badan dan lemak perut setelah mengonsumsi ekstrak daun pinus bersama dengan teh hijau dan hitam.

8. Menjaga kesehatan jantung

Teh daun pinus dipercaya baik untuk kesehatan jantung. Penelitian membuktikan bahwa teh daun pinus dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.Selain itu, teh daun pinus juga mengandung senyawa antiradang yang dapat meminimalisir kerusakan pada jantung akibat polutan atau faktor lain.

9. Menjaga fungsi kognitif

Sejumlah studi di fase awal membuktikan bahwa teh daun pinus memiliki potensi dalam mengatasi penyakit neurodegeneratif.Tidak hanya itu, sebuah studi hewan uji juga membuktikan bahwa manfaat daun pinus dipercaya efektif dalam mengatasi amnesia. Studi ini menyatakan bahwa antioksidan yang dikandung daun pinus dianggap mampu memperbaiki koneksi saraf dan meningkatkan daya ingat.

Efek samping daun pinus yang harus diperhatikan

Daun pinus pun memiliki efek samping yang harus diperhatikan
Hati-hati, ada 20 jenis daun pinus beracun yang berbahaya
Meskipun berbagai manfaat daun pinus di atas sangat menggiurkan, belum ada penelitian yang menyatakan jenis daun pinus apa yang dapat digunakan. Sebab, terdapat sekitar 20 jenis daun pinus yang beracun dan dapat merugikan kesehatan.Selain itu, teh daun pinus dapat menyebabkan efek samping berikut:
  • Iritasi tenggorokan dan mulut
  • Peradangan pada kulit
  • Muntah
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Diare.
Wanita hamil dan menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi teh daun pinus karena berpotensi membahayakan kesehatan bumil dan janin.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehattehhidup sehatbuah dan sayuran
Selfhacked. https://selfhacked.com/blog/pine-needle/
Diakses pada 4 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pine-oil#uses-and-benefits
Diakses pada 4 Januari 2021
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/pine-needle-tea.html
Diakses pada 4 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait