6 Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Daun pepaya Jepang dikategorikan sebagai super food karena mengandung banyak nutrisi
Daun pepaya Jepang dikategorikan sebagai super food karena mengandung banyak nutrisi

Daun pepaya Jepang atau Chaya adalah tanaman sayuran yang cukup baru di Indonesia. Meski namanya daun pepaya Jepang, sebenarnnya tanaman ini berasal dari Meksiko

Daun Chaya dikategorikan juga sebagai super food karena kaya akan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Daun Chaya lebih bergizi jika dibandingkan sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam dan sawi. Kandungan protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan C yang tinggi sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi Anda sehari-hari

Dengan mengonsumsi satu porsi daun pepaya Jepang, setara dengan protein satu butir telur, kandungan vitamin C di dalamnya mampu membuat tulang lebih kuat dan membantu tubuh menyerap zat besi. Mau tahu apa saja manfaat daun satu ini?

Manfaat daun pepaya Jepang

Daun pepaya Jepang adalah salah satu sayuran yang dikonsumsi oleh penduduk asli Meksiko sejak dulu. Dan mereka percaya bahwa daun ini memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Benarkah demikian? Berikut fakta manfaat dari daun pepaya Jepang.

  • Meningkatkan kekuatan otot

Daun Chaya memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam 100 gram daun Chaya terdapat 6 gram protein yang bisa memenuhi 12 - 15% protein harian Anda. Karena itu, jika Anda sedang berlatih meningkatkan massa otot, daun pepaya Jepang wajib Anda masukkan ke dalam menu makanan Anda.

  • Memperkuat kesehatan tulang

Di samping kandungan protein yang tinggi, daun ini juga memiliki kanmdungan kalsium yang tinggi. Daun pepaya Jepang mengandung kalsium sebesar 200-330 mg / 100 g yang dapat memenuhi sekitar 20-33% kebutuhan kalsium harian Anda. Bahkan jika dibandingkan dengan sayuran lainnya, daun Chaya memiliki kalsium paling tinggi di antara sayuran lain. Kalsium pada daun pepaya Jepang membantu membuat tulang yang kuat, baik untuk kesehatan jantung, dan agar saraf-saraf tubuh bisa berfungsi dengan maksimal.

  • Mencegah anemia

Tahukah Anda, bahwa daun pepaya Jepang memiliki kandungan zat besi 100% atau dua kali lipat lebih banyak daripada daun bayam? Tingginya zat besi yang terkandung pada daun Chaya ini dapat menambah darah dan mencegah anemia.

  • Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada daun pepaya Jepang ini mampu memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang produksi sel darah putih.

  • Melancarkan pencernaan

Serat dari sayuran akan membuat feses yang besar lebih mudah dikeluarkan, sehingga mencegah terjadinya sembelit. Pada daun pepaya Jepang ini kaya akan serat yang lebih tinggi dari pada sayur bayam. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, daun ini patut Anda konsumsi.

  • Menjaga kesehatan mata

Kabar baik bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata. Pasalnya daun pepaya Jepang memiliki kandungan vitamin A yang tak kalah tinggginya dengan kandungan nutrisi lain yang dikandungnya.  Pada 100 g daun Chaya, terdapat 1.357 IU vitamin A yang dapat memenuhi sekitar 27% kebutuhan vitamin A harian. Mengonsumsi vitamin A yang cukup bisa membantu mencegah penyakit mata.

Cara mengonsumsi daun pepaya Jepang

Sebelum mengonsumsinya Anda wajib tahu bahwa daun pepaya Jepang ini berasal dari kandungan senyawa beracun. Jadi tidak boleh dikonsumsi mentah. Untungnya, cara menghilangkan racun dari daun ini cukup mudah. Cukup direbus selama 15-20 menit untuk seperti sayuran lainnya.  Selain itu hindari penggunaan panci aluminium, karena kemungkinan reaksi beracun yang dapat menyebabkan diare.

One Green Planet. https://www.onegreenplanet.org/natural-health/meet-tree-spinach-chaya-packed-with-nutrients/

Diakses 9 Maret 2019

Dr. Weil. https://www.drweil.com/diet-nutrition/cooking-cookware/cooking-chaya/

Diakses 9 Maret 2019

US Aid. https://pdf.usaid.gov/pdf_docs/PA00K93C.pdf

Diakses 9 Maret 2019

Health Benefit Times. https://www.healthbenefitstimes.com/chaya/

Diakses 9 Maret 2019

Artikel Terkait