8 Manfaat Daun Mindi yang Dianggap Baik bagi Kesehatan


Daun mindi dianggap bermanfaat karena memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Manfaat daun mindi yang dipercaya secara turun-temurun meliputi mengobati penyakit kulit hingga meredakan nyeri akibat artritis gout atau nyeri sendi.

(0)
24 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
gambar daun mindiDaun mindi dianggap punya manfaat bagi kesehatan
Pohon mindi (melia azedarach) merupakan pohon asli dari wilayah Indomalaya dan Australasia. Di Indonesia, pohon ini dikenal juga dengan sebutan pohon Soekarno. Tinggi pohon mindi rata-rata berkisar antara 7-12 meter. Dalam beberapa kasus langka, pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai 45 meter.Bagian-bagian dari pohon mindi, terutama daunnya, secara turun-temurun dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Pengobatan tradisional India dan Unani di negara-negara Arab sering menggunakannya karena dianggap memiliki manfaat antioksidatif, analgesik, antiradang, antidiabetikantidiare, antirematik, hingga antihipertensi.

Manfaat daun mindi untuk kesehatan

Meski manfaat daun mindi telah dikenal secara dalam berbagai pengobatan tradisional di dunia, belum ada bukti ilmiah yang benar-benar memvalidasi beragam manfaatnya.Penelitian laboratorium tentang khasiat daun mindi masih terbatas pada hewan uji. Sehingga, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyediakan bukti kuat seputar khasiat daun mindi untuk kesehatan.Kelompok senyawa yang ditemukan pada bagian-bagian dari pohon mindi, di antaranya terpenoid, flavonoid, steroid, antrakuinon, alkaloid, saponin, dan tanin. Berbagai kandungan senyawa pada daun mindi memiliki aktivitas antibakteri, antijamur, dan antivirus yang berpotensi memberikan manfaat bagi kesehatan.Berikut adalah sejumlah potensi manfaat daun mindi untuk kesehatan.

1. Mengobati penyakit kulit

Untuk mengobati penyakit kulit, Anda dapat membuat jus atau melumat daun mindi hingga membentuk pasta. Oleskan pasta daun mindi pada area yang mengalami penyakit kulit.Beberapa penyakit kulit yang dipercaya dapat disembuhkan dengan olesan daun mindi adalah:
  • Ketombe
  • Eksim
  • Kurap
  • Jerawat
  • Kudis
  • Bisul dan abses.
Selain itu, daun mindi juga dapat digunakan sebagai penolak nyamuk dan serangga lainnya.

2. Menyehatkan gigi dan mulut

Daun mindi dianggap berkhasiat untuk menyehatkan gigi dan gusi. Anda bisa menggunakan daun mindi untuk menyikat gigi atau berkumur dengan air rebusannya untuk mendapatkan manfaatnya.Daun mindi juga dipercaya mampu menguatkan gigi yang goyang, mengatasi radang gusi, hingga masalah bau mulut.

3. Artritis gout dan nyeri sendi

Rasa sakit di persendian akibat artritis gout kadang tidak tertahankan. Anda dapat mengoleskan rebusan daun mindi untuk mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakitnya.Selain itu, nyeri sendi dipercaya bisa diredakan dengan mengoleskan pasta daun mindi dan mengaplikasikannya ke area yang sakit.

4. Mengatasi gangguan menstruasi

Mengonsumsi jus daun mindi dianggap bisa mengatasi gangguan menstruasi. Anda dapat memblender daun ini menjadi jus dan mengonsumsinya dua kali sehari sebanyak 5 mL.

5. Wasir

Sama seperti gangguan menstruasi, jus daun mindi juga dipercaya dapat mengatasi wasir. Anda dapat membuat jus daun mindi untuk diminum tiga kali sehari secara rutin, dengan porsi sekitar 5 mL di setiap waktunya.

6. Menyingkirkan parasit

Berdasarkan sebuah penelitian pada hewan, parasit seperti cacing yang berada di dalam tubuh hewan percobaan dapat disingkirkan dengan mengonsumsi 25-30 gram daun mindi sekali dalam sehari, selama tiga hari.Meski dianggap bermanfaat, mengonsumsi daun mindi dalam jumlah besar dapat menyebabkan keracunan.

7. Infeksi vagina

Menggunakan air rebusan daun mindi untuk mencuci area kewanitaan dipercaya membantu mencegah dan mengatasi infeksi vagina.

8. Menyembuhkan malaria dan demam berulang

Ekstrak jus daun mindi dapat digunakan untuk mengatasi demam dengan meminumnya sebanyak 5 mL, tepatnya dua kali dalam sehari selama satu minggu.Walaupun dianggap bermanfaat, daun mindi tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Selain itu, semua bagian pada pohon ini, termasuk daun mindi, memiliki racun yang dapat menyebabkan iritasi saluran lambung serta degenerasi hati dan ginjal.Jika Anda ingin menggunakan daun ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah dampak yang tidak diinginkan.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah-masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
herbaltanaman obat
Natural Medicine Facts. https://www.naturalmedicinefacts.info/plant/melia-azedarach.html
Diakses 10 November 2020
MD Edge. https://www.mdedge.com/dermatology/article/106080/aesthetic-dermatology/melia-azedarach
Diakses 10 November 2020
Journal of Applied Pharmaceutical Science. https://www.japsonline.com/admin/php/uploads/1148_pdf.pdf
Diakses 10 November 2020
Health Benefit Times. https://www.healthbenefitstimes.com/chinaberry/
Diakses 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait