10 Manfaat Daun Mengkudu Tak Kalah Baik dari Buahnya


Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan antara lain membantu mencegah bisul, menurunkan demam, mengobati luka di kulit, hingga mempercepat penyembuhan luka di gusi.

(0)
20 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan salah satunya bisa turunkan demamManfaat daun mengkudu untuk kesehatan begitu berlimpah
Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan ternyata tak kalah melimpah dari buahnya. Pasalnya, selain dikenal turun-temurun, manfaat tersebut juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian.

Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan

Berikut ini, beberapa manfaat daun mengkudu untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.
Manfaat daun mengkudu salah satunya adalah mencegah bisul
Manfaat daun mengkudu salah satunya bisa mencegah bisul

1. Membantu mencegah bisul

Ekstrak daun mengkudu terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus Aureus. Bakteri ini merupakan penyebab berbagai masalah kulit, terutama bisul.Pada penelitian yang dilakukan, ekstrak daun mengkudu terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakteri tersebut pada konsentrasi 80%.

2. Mengobati luka bakar

Daun mengkudu segar yang telah dibersihkan, dianggap bisa menjadi obat luka bakar alami. Manfaat yang satu ini secara tradisional sudah dikenal luas, namun secara ilmiah belum pernah dibuktikan. Oleh karena itu, tetaplah berhati-hati jika ingin menggunakan daun mengkudu sebagai obat luka bakar.

3. Menurunkan demam

Secara tradisional, daun mengkudu juga kerap dijadikan sebagai ramuan penurun panas. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, konsumsilah daun mengkudu segar yang telah diambil airnya ataupun diolah sedemikian rupa.Belum ada penelitian yang membuktikan manfaat daun mengkudu untuk obat demam, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.
Manfaat daun mengkudu salah satunya adalah sebagai obat luka alami
Daun mengkudu bisa mempercepat penyembuhan luka di kulit

4. Menyembuhkan luka di kulit

Ekstrak daun mengkudu terbukti bisa membantu menyembuhkan luka di kulit. Manfaat yang satu ini didapatkan dari kandungan beta karoten, flafonol, dan glikosida iridoid di dalamnya yang mampu mempercepat pemulihan di kulit.

5. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit, dengan tingkat ringan hingga berbahaya. Pada tumbuhan mengkudu, senyawa ini terdapat di hampir semua bagiannya, mulai dari buah, batang, hingga daunnya.Baca Juga: Sebenarnya, Apa Manfaat Antioksidan untuk Tubuh? Kenali Di Sini

6. Mengobati penyakit jantung

Daun mengkudu terbukti memiliki sifat antidislipidemia. Artinya, herbal yang satu ini bisa menghambat penyerapan lemak di tubuh. Mekanisme ini membuat daun mengkudu dinilai berpotensi untuk digunakan sebagai obat alami penyakit jantung.
Manfaat daun mengkudu salah satunya adalah mencegah infeksi bakteri
Daun mengkudu bisa bantu hilangkan infeksi bakteri

7. Menghilangkan infeksi

Tak hanya menghambat pertumbuhan bakteri Staphyloccous Aureus, ekstrak daun mengkudu rupanya juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli dan jamur Candida Albicans.E. Coli adalah bakteri penyebab berbagai penyakit, termasuk diare dan keracunan makanan. Sementara itu, jamur Candida Albicans berisiko menimbulkan infeksi jamur di mulut dan vagina yang paling sering menginfeksi manusia.Hal ini membuat para ahli akan terus mempertimbangkan daun mengkudu sebagai sumber bahan alternatif untuk mengatasi penyakit infeksi di tubuh.

8. Sebagai tabir surya alami

Ekstrak daun mengkudu dapat digunakan sebagai sun block alias tabir surya alami. Pasalnya, daun ini dinilai bisa melindungi kulit dari kemerahan dan pembengkakan akibat paparan sinar ultraviolet-B (UVB).

9. Membuat kulit terlihat awet muda

Mengoleskan jus daun mengkudu yang sudah dicampurkan dengan minyak biji mengkudu dan jus buah mengkudu, terbukti bisa memudarkan kerut-kerut halus di kulit di wajah dan leher.Campuran bahan alami tersebut juga dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal dan kencang, sehingga bisa membuat Anda terlihat awet muda.

10. Menyembuhkan luka di gusi

Menurut penelitian, daun mengkudu yang diolah menjadi bentuk pasta, terbukti bisa menyembuhkan luka di gusi dengan baik. Luka di gusi bisa terjadi karena berbagai hal, seperti tersodok sikat gigi, tertutusuk duri ikan saat makan, maupun sobek karena benturan.

Catatan dari SehatQ

Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan sangatlah beragam, mulai dari meringankan luka luka, membuat kulit menjadi awet muda, hingga menyembuhkan luka di gusi. Beberapa manfaat di atas ada yang belum terbukti secara ilmiah, sehingga Anda sebaiknya lebih berhati-hati sebelum menggunakannya sebagai obat tradisional.Meski alami, tidak menutup kemungkinan daun mengkudu dapat memicu efek samping pada tubuh, termasuk alergi. Apabila setelah mengoleskan atau mengonsumsi daun mengkudu muncul gejala alergi seperti gatal, sesak napas, dan bengkak, segera hubungi dokter.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat daun mengkudu maupun tanaman obat lain yang bermanfaat untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herbalbuah dan sayurantanaman obat
Stigma Journal of Science. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/stigma/article/download/635/462
Diakses pada 6 November 2020
Drugs. https://www.drugs.com/npc/noni.
Diakses pada 6 November 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/305743431_Health_Benefits_of_Morinda_citrifolia_Noni_A_Review
Diakses pada 6 November 2020
Journal of Dentistry Indonesia. https://scholarhub.ui.ac.id/jdi/vol23/iss3/1/
Diakses pada 6 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait