9 Manfaat Daun Lobak yang Tidak Diduga-Duga


Kandungan nutrisi daun lobak ternyata lebih tinggi dibandingkan lobaknya sendiri. Selain menyehatkan pencernaan, daun lobak juga dapat membantu meringankan anemia dan diabetes

(0)
10 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat daun lobak adalah meringankan anemiaDaun lobak dianggap lebih sehat daripada lobaknya
Sama halnya seperti wortel, tanaman lobak lebih dikenal bagian umbi akarnya yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Tahukah Anda kalau daun lobak juga dapat dimakan? Daun ini bahkan dipercaya memiliki lebih banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh ketimbang lobaknya.Sejumlah penelitian telah mendukung adanya manfaat kesehatan dari daun lobak. Ramuan tradisional dan jamu berbahan daun lobak juga telah digunakan sejak lama dalam metode-metode pengobatan tradisional.

Kandungan gizi daun lobak

Daun lobak kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Beberapa nutrisi penting untuk tubuh yang terkandung dalam daun ini, yaitu vitamin A, vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor dan magnesium.Satu ikat (200 gram) daun lobak memiliki kandungan gizi sebagai berikut:
  • Kalori: 50
  • Lemak total: 0,2g
  • Sodium: 96 mg
  • Kalium: 800 mg
  • Total karbohidrat: 10,6 g
  • Protein: 4,4 g
  • Vitamin A: 660 μg
  • Kalsium: 520 mg
  • Vitamin C: 106 mg
  • Zat besi: 6,2 mg
  • Vitamin B-6: 0,36 mg
  • Magnesium: 44 mg

Manfaat daun lobak

Berdasarkan kandungan gizinya, berikut adalah sejumlah manfaat daun lobak yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Daun lobak merupakan sayuran yang kaya serat, bahkan lebih dari lobaknya sendiri. Serat dibutuhkan untuk memberi makan bakteri baik di usus supaya kesehatan usus senantiasa terjaga dan membantu proses pencernaan.Daun lobak juga memiliki sifat pencahar yang dapat membantu pergerakan usus besar dan mencegah terjadinya masalah pencernaan, seperti sembelit hingga perut kembung.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi gejala anemia

Kandungan zat besi pada daun lobak dapat mendorong peningkatan kadar hemoglobin dan membantu penyaluran oksigen ke seluruh tubuh.Selain meningkatkan sistem imun tubuh, konsumsi daun lobak juga dianggap mampu membantu penderita anemia. Vitamin C, vitamin A, dan tiamin yang terkandung di dalamnya dapat mengatasi kondisi tubuh yang sering merasa kelelahan.

3. Sebagai diuretik

Sama halnya dengan lobak, daun lobak juga dapat menjadi diuretik alami yang membantu membersihkan kandung kemih dan melarutkan batu di dalamnya.

4. Sebagai antiskorbutik

Kandungan vitamin C yang tinggi pada daun lobak tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh dan melawan berbagai penyakit. Vitamin ini juga membuat daun lobak memiliki fungsi antiskorbutik. Skorbut adalah kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan vitamin C.

5. Mengobati wasir

Daun lobak mengandung sifat antibakteri dan antiradang yang sangat bermanfaat untuk mengobati wasir. Salah satu resep tradisional untuk mengobati wasir dengan menggunakan daun lobak, yakni:
  • Keringkan daun lobak dan tumbuk hingga menjadi bubuk.
  • Campurkan bubuk daun lobak dan gula dengan takaran sama
  • Tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta
Campuran tersebut dapat dikonsumsi. Meski dianggap bermanfaat, belum ada bukti ilmiah yang mendukung metode ini dalam mengatasi wasir.

6. Agen detoksifikasi

Nutrisi penting pada daun lobak memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan antioksidan. Kandungan nutrisi inilah yang membuat daun lobak dapat berfungsi sebagai agen detoksifikasi untuk membuang racun dari dalam tubuh.

7. Meringankan rematik

Fungsi antiradang pada daun lobak juga bisa dimanfaatkan oleh penderita rematik. Pembengkakan dan peradangan pada persendian dapat terasa sangat menyakitkan.Dengan mengoleskan pasta campuran bubuk daun lobak pada sendi lutut, metode ini dianggap membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan.

8. Mengobati penyakit kuning

Daun lobak juga telah lama digunakan untuk mengatasi penyakit kuning (hiperbilirubinemia). Caranya adalah dengan meminum perasan sari daun lobak tersebut. Sama seperti di poin sebelumnya, cara ini belum terbukti secara ilmiah.

9. Mengontrol gula darah

Daun lobak juga bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang telah memiliki gejala diabetes. Pasalnya, daun lobak dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah supaya tetap stabil.Meski berbagai manfaat daun lobak di atas terlihat menjanjikan, belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung klaim-klaim manfaat ini pada manusia. Sehingga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika Anda ingin mencoba menggunakan daun lobak.

Efek samping daun lobak

Hingga saat ini, belum ada laporan atau hasil penelitian yang menyebutkan adanya alergi atau efek samping akibat konsumsi daun lobak. Meski demikian, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu sebaiknya membatasi asupan daun ini.Sama halnya seperti lobak, daun lobak juga memiliki efek diuretik. Konsumsi daun ini secara berlebihan dikhawatirkan dapat menyebabkan kehilangan cairan atau dehidrasi dan gula darah rendah.Jika Anda punya pertanyaan seputar sayur-mayur atau makanan sehat lainnya, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehatbuah dan sayuran
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-radish-leaves/
Diakses 26 November 2020
Lybrate. https://www.lybrate.com/topic/radish-leaves-benefits
Diakses 26 November 2020
Net Meds. https://www.netmeds.com/health-library/post/radishmullangi-nutritional-content-types-uses-health-benefits-for-weight-loss-skin-side-effects#
Diakses 26 November 2020
Heathline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/the-benefits-of-radishes
Diakses 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait