Manfaat Daun Kelor untuk Kanker dan Penyakit Lainnya di Tubuh


Manfaat daun kelor sebagai obat kanker telah terbukti melalui beberapa penelitian. Daun ini mengandung berbagai komponen yang berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker di tubuh.

(0)
26 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun kelor untuk kanker sudah terbukti secara ilmiahManfaat daun kelor untuk kanker dianggap ampuh
Manfaat daun kelor untuk pengobatan kanker ternyata bukan hanya mitos semata. Sebagai tumbuhan herbal yang manfaatnya sudah dikenal luas, para peneliti pun ternyata sudah membuktikan potensi penggunaan daun kelor untuk mengatasi penyakit berbahaya ini.Lantas, apa yang membuat daun kelor dianggap baik untuk mengatasi kanker? Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Manfaat daun kelor untuk kanker

Penelitian mengenai manfaat daun kelor untuk kanker sudah cukup banyak dilakukan dan hasilnya, tumbuhan ini terbukti berpotensi untuk dijadikan herbal alternatif guna mengatasi kanker.Menurut uji coba yang sudah dilakukan, manfaat daun kelor untuk kanker bisa muncul karena kandungan eugenol yang bisa menyerang sel-sel kanker yang sedang bertumbuh.Selain itu, daun kelor juga memiliki sifat antiradang alias anti-inflamasi. Sementara itu kadar inflamasi yang tinggi di tubuh, terbukti berhubungan dengan meningkatnya risiko seseorang terkena berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan juga kanker.Penelitian yang dilakukan pada hewan uji juga menemukan bahwa daun kelor bisa melindungi tubuh dari efek paparan racun arsenik. Racun ini, dalam jangka panjang terbukti bisa meningkatkan risiko munculnya sel kanker di tubuh.

Manfaat daun kelor lain yang tak kalah menguntungkan

Selain berpotensi dijadikan sebagai obat kanker, daun kelor juga memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan, antara lain:

1. Membantu mengatasi impotensi

Penyebab utama dari impotensi adalah terhambatnya aliran darah ke penis. Gangguan aliran darah ini bisa terjadi saat seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi, penumpukan lemak di pembuluh darah, dan diabetes.Daun kelor mengandung suatu zat yang bernama polifenol. Zat ini dapat membantu memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, mengonsumsi daun ini dinilai bisa membantu mengatasi impotensi.

2. Meningkatkan kesuburan pria

Saat pasangan kesulitan mendapatkan momongan, masalah tidak hanya bisa datang dari pihak perempuan, tapi juga laki-laki. Ketidaksuburan pada pria ini biasanya disebabkan oleh kualitas dan kuantitas sperma yang kurang baik.Sementara itu, daun kelor dengan kandungan antioksidannya bisa menghalau gangguan yang bisa memengaruhi produksi ataupun menimbulkan kerusakan pada sperma.

3. Menjaga kadar gula darah

Diabetes bisa terjadi saat tubuh kita tidak memproduksi cukup hormon insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur penyerapan dan pengolahan gula di tubuh.Itulah alasannya, para pengidap diabetes yang sudah parah biasanya harus menerima suntikan insulin secara teratur.Selain dengan menggunakan insulin buatan, Anda juga bisa memanfaatkan daun kelor. Ekstrak daun yang satu ini berpotensi membantu meningkatkan produksi insulin di tubuh secara alami dan mengembalikan pengaturan penyimpanan gula agar kembali normal.Meski terdengar menggiurkan, manfaat daun kelor yang satu ini masih perlu diteliti lebih jauh. Anda disarankan untuk berhati-hati dan berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memilih daun kelor sebagai obat diabetes.Baca Juga: Ragam Obat Herbal Diabetes yang Dinilai Efektif

4. Mencegah penyakit jantung

Daun kelor juga banyak mengandung antioksidan. Dengan antioksidan, maka tubuh akan terlindungi dari paparan radikal bebas dan risiko penyakit berbahaya, termasuk penyakit jantung pun akan menurun.

5. Menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol adalah salah satu manfaat daun kelor yang sudah banyak diketahui orang. Tak hanya dari studi yang dilakukan pada hewan, manfaat yang satu ini juga sudah terbukti langsung secara klinis pada manusia.Namun ingat, untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tetap harus berhati-hati saat mengonsumsinya.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi daun kelor

Daun kelor secara umum aman untuk dikonsumsi. Namun Anda perlu ingat bahwa untuk menjadikannya sebagai obat utama, diperlukan dosis khusus dan cara pengolahan yang tidak sembarangan.Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidak menjadikan daun ini sebagai jalur pengobatan utama. Berkonsultasilah pada dokter mengenai penyakit Anda, dan jika ingin memanfaatkan daun kelor sebagai obat alternatif, pastikan dokter sudah memberi lampu hijau.Pasalnya, jika Anda mengonsumsi daun kelor dan obat tertentu secara bersamaan, dikhawatirkan akan ada efek yang timbul yang bisa berbahaya untuk tubuh.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat daun kelor untuk kanker, serta tanaman herbal lain yang sehat untuk tubuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatherbaltanaman obat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/moringa-benefits-for-men
Diakses pada 12 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-benefits-of-moringa-oleifera
Diakses pada 12 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4545797/
Diakses pada 12 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait