6 Manfaat Daun Jeruk Purut Ternyata Seharum Wanginya

(0)
03 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan salah satunya bantu sehatkan gigi dan gusiManfaat daun jeruk purut untuk kesehatan sebenarnya berlimpah
Daun jeruk purut sudah sering digunakan sebagai penyedap berbagai masakan. Namun tahukah Anda jika manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan sebenarnya berlimpah?Sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan manfaat daun jeruk purut, sehingga tidak jarang bahan ini dijadikan solusi alami berbagai penyakit. Agar tidak semakin penasaran, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan

Manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan ternyata cukup beragam, seperti di bawah ini.
Manfaat daun jeruk purut salah satunya adalah membunuh bakteri penyebab diare
Manfaat daun jeruk purut salah satunya bisa hilangkan bakteri penyebab diare

1. Membunuh bakteri penyebab penyakit

Pada sebuah penelitian di laboratorium, minyak atsiri yang didapatkan dari daun jeruk purut terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri E.Coli dan S. Aureus.Bakteri E.Coli adalah penyebab utama diare yang sering terjadi. Bakteri ini juga dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih maupun pneumonia bakteri.Sementara itu, S. Aureus adalah bakteri yang menyebabkan terjadinya bisul di kulit, abses, serta selulitis. Bakteri ini juga bisa menimbulkan beberapa infeksi yang lebih parah seperti pneumonia, infeksi aliran darah, dan endokarditis.

2. Menjaga kesehatan gusi

Ekstrak daun dari buah jeruk purut sudah digunakan sebagai campuran beberapa pasta gigi organik. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Sebab, ekstrak daun jeruk purut dianggap mampu menyehatkan rongga mulut.Daun ini dipercaya dapat mengurangi penumpukan bakteri di rongga mulut yang bisa menjadi pemicu berbagai masalah gusi maupun gigi.

3. Meredakan peradangan

Manfaat daun jeruk purut selanjutnya adalah membantu meredakan peradangan pada sendi akibat rematik maupun asam urat. Anda dapat mengoleskannya ekstrak daun jeruk di area yang nyeri untuk meredakannya.Namun perlu diingat bahwa cara ini belum terbukti secara ilmiah. Sehingga, Anda tetap perlu berhati-hati saat mencobanya.Baca Juga: 6 Pilihan Obat Herbal Nyeri Sendi yang Efektif
Manfaat jeruk purut salah satunya sehatkan rambut
Manfaat jeruk purut salah satunya adalah sehatkan rambut

4. Menyehatkan rambut

Belum banyak yang tahu bahwa daun jeruk purut juga dinilai baik untuk menjaga kesehatan rambut.Manfaat yang satu ini memang belum terbukti secara ilmiah. Namun secara tradisional, mengoleskan air perasan dan daun jeruk purut ke rambut dianggap bisa memperkuat rambut, mencegah ketombe, dan meningkatkan kilau rambut.

5. Mengusir nyamuk

Mengusir nyamuk dan serangga adalah salah satu manfaat daun jeruk purut yang baik untuk kesehatan. Pada sebuah uji coba yang dilakukan menggunakan ekstrak daun jeruk purut, larutan tersebut terbukti bersifat toksin atau beracun untuk nyamuk ataupun serangga.Seperti yang diketahui, nyamuk bisa menjadi sumber berbagai penyakit berbahaya, mulai dari demam berdarah, malaria, hingga chikungunya. Sehingga keberadaannya harus dibatasi di lingkungan sekitar kita.

6. Mencegah penuaan di kulit

Ekstrak daun jeruk purut dinilai dapat membantu mencegah penuaan di kulit. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidannya yang tinggi.Antioksidan bisa membantu menangkal paparan radikal bebas berlebih yang akan merusak sel-sel di kulit. Saat sel di kulit rusak, maka tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus akan muncul.Perlu diketahui bahwa penelitian-penelitian yang dilakukan di atas, belum dilakukan secara klinis atau langsung kepada manusia. Oleh karena itu, Anda perlu tetap berhati-hati dalam menggunakannya.Penggunaan daun jeruk purut tidak dianjurkan untuk dijadikan sebagai satu-satunya cara mengobati penyakit. Konsultasikan kondisi atau keluhan gangguan kesehatan Anda lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan penanganan utama yang tepat.

Perhatikan juga efek samping daun jeruk purut untuk kesehatan

Salah satu efek samping pemakaian daun jeruk purut adalah alergi
Daun jeruk purut bisa sebabkan alergi
Meski daun jeruk purut adalah bahan alami, Anda tetap perlu memerhatikan keamanan penggunaannya. Jika ingin menggunakan ekstrak daun jeruk purut, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara langsung, karena bisa memicu efek samping, seperti:
  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
Anda juga perlu memperhatikan tanda-tanda alergi yang mungkin muncul apabila mengoleskannya ke permukaan kulit. Beberapa gejala alergi antara lain:
  • Gatal-gatal
  • Bentol dan ruam di kulit
  • Bengkak di area wajah, rongga mulut, ataupun bagian lain
  • Bersin atau pilek
Segera cari pertolongan medis apabila reaksi alergi yang keluar menyebabkan sesak napas dan pembengkakan di area tenggorokan. Jika dibiarkan, reaksi alergi yang parah bisa berkembang menjadi syok anafilaktik dan membahayakan nyawa.Untuk mencegah reaksi alergi berbahaya, sebelum menggunakan daun jeruk purut ke kulit, oleskan sedikit terlebih dahulu di area kulit tangan dan tunggu 15-20 menit. Jika tidak ada reaksi yang muncul, maka kemungkinan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan tersebut.Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang manfaat daun jeruk purut maupun bahan-bahan alami lain yang bisa jadi obat alternatif, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatherbaltanaman obat
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/kaffir-lime.html
Diakses pada 21 Oktober 2020
Pharmaceutical Journal of Indonesia. https://pji.ub.ac.id/index.php/pji/article/view/59/49
Diakses pada 21 Oktober 2020
Jurnal Farmasi Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://journals.ums.ac.id/index.php/pharmacon/article/view/31/29
Diakses pada 21 Oktober 2020
Jurnal Riset Industri Hasil Hutan, Kementerian Perindustrian RI. http://ejournal.kemenperin.go.id/jrihh/article/view/1197/1015
Diakses pada 21 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/68511
Diakses pada 21 Oktober 2020
Association for Professional in Infection Control and Epidemiology. https://apic.org/monthly_alerts/staphylococcus-aureus/
Diakses pada 21 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait