6 Manfaat Daun Jambu Biji yang Penting Bagi Kesehatan Anda

Manfaat daun jambu biji sangat banyak bagi kesehatan Anda
Ada banyak manfaat daun jambu biji bagi kesehatan

Jambu biji dikenal sebagai jenis buah-buahan yang mudah didapat dan kaya akan antioksidan, vitamin C, potassium, dan serat. Namun, apakah Anda juga mengetahui apa manfaat daun jambu biji?

Saat ini, daun jambu biji sudah banyak diolah menjadi teh maupun suplemen. Sama halnya dengan buah jambu itu sendiri, daun jambu biji juga memiliki segudang manfaat yang sayang jika Anda lewatkan. Berikut adalah segudang manfaat daun jambu biji yang baik bagi kesehatan.

Manfaat daun jambu biji

Mirip dengan buah jambu, daun jambu biji banyak mengandung antioksidan, antiperadangan, antibakteri, dan tanin yang bisa mengatasi diare hingga melawan sel kanker. Ketika diseduh menjadi teh, daun jambu biji juga melepas zat lain yang berguna bagi kesehatan, misalnya vitamin C dan flavonoid.

Beberapa manfaat daun jambu biji yang bisa Anda rasakan, antara lain:

  • Menurunkan kadar gula darah

Studi menunjukkan bahwa orang yang meminum teh dari daun jambu biji setelah makan mampu menurunkan kadar gula darah hingga lebih dari 10%. Efek penurunan kadar gula darah itu pun bisa bertahan dalam 2 jam. Ini tentu kabar baik untuk penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2.

  • Menyehatkan jantung

Tingginya kadar antioksidan di dalam daun jambu biji membuat para peneliti percaya bahwa konsumsi daun ini secara rutin dapat melindungi jantung dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Daun jambu biji mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Di saat yang sama, ekstrak daun jambu biji juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, risiko Anda terkena serangan jantung maupun stroke akan semakin kecil.

  • Meringankan kram menstruasi

Jika Anda memiliki masalah dengan perut kram setiap kali menstruasi, meminum suplemen daun jambu biji bisa jadi solusinya. Berdasarkan studi pada 197 wanita, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji terbukti mengurangi nyeri saat menstruasi yang bahkan diklaim lebih ampuh daripada meminum obat pereda nyeri haid.

  • Obat diare

Manfaat daun jambu biji lainnya adalah menyehatkan sistem pencernaan. Bahkan ketika Anda mengalami diare, konsumsi daun jambu biji dapat mengurangi frekuensi Anda buang air besar dengan cara membunuh kuman yang menyebabkan diare itu sendiri.

  • Bersifat antikanker

Daun jambu biji terbukti memiliki sifat antikanker, lebih tepatnya bisa mencegah perkembangbiakan hingga menghentikan perkembangan sel kanker itu sendiri. Manfaat daun jambu biji yang satu ini kemungkinan besar dikarenakan zat antioksidan yang memang banyak terdapat di dalamnya.

Meski demikian, studi lebih lanjut masih diperlukan agar daun jambu biji dapat benar-benar digunakan sebagai obat bagi penderita kanker.

  • Menyehatkan kulit

Tingginya kandungan antioksidan pada daun jambu biji bukan hanya berguna sebagai zat antikanker, namun juga menyehatkan kulit. Antioksidan ini berguna mencegah kerusakan kulit, mengobati jerawat, mencegah terbentuknya kerutan pada wajah, dan memperlambat proses penuaan dini.

Cara mengonsumsi daun jambu biji

Daun jambu biji paling baik dikonsumsi sebagai teh herbal yang sudah dikemas per kantong dan bisa Anda beli di beberapa supermarket tertentu. Karena daun jambu biji termasuk tanaman yang tersebar luas di Indonesia, Anda pun bisa membuat sendiri teh dari daun jambu biji ini.

Caranya, keringkan daun jambu biji dengan cara dijemur kemudian dihancurkan hingga berbentuk seperti teh pada umumnya. Setelah itu, seduh daun jambu biji dengan air panas dan biarkan selama 5-10 menit sebelum Anda meminumnya.

Apakah ada efek samping dari mengonsumsi daun jambu biji?

Sejauh ini, baik jambu biji maupun daunnya belum dinyatakan memiliki efek buruk terhadap kesehatan. Namun terdapat beberapa orang yang mengalami sembelit setelah meminum seduhan teh daun jambu biji ini.

Anda pun harus berhati-hati ketika mengonsumsi daun jambu biji dalam bentuk suplemen. Sebaiknya Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter, apalagi jika hendak menjadikan suplemen ini sebagai alternatif pengobatan.

Daun jambu biji juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan bagi Anda yang tengah hamil atau menyusui. Orang yang sedang menjalani perawatan penyakit dengan meminum obat-obatan tertentu juga sangat disarankan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu penggunaan suplemen daun jambu biji kepada dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-guavas
Diakses pada 17 September 2019

Medical Daily. https://www.medicaldaily.com/6-health-benefits-guava-leaves-treating-diarrhea-cancer-353666
Diakses pada 17 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324758.php
Diakses pada 17 September 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/297863-the-health-benefits-of-guava-leaf-tea/
Diakses pada 17 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed