Manfaat Daun Ivy, Redakan Masalah Pernapasan Hingga Membersihkan Udara


Bukan hanya untuk estetika, namun manfaat daun ivy ternyata juga berkaitan dengan kesehatan. Banyak pakar obat herbal yang menggunakannya sebagai obat untuk mengatasi masalah pernapasan.

0,0
08 Sep 2021|Azelia Trifiana
Daun ivyDaun ivy
Salah satu jenis tanaman rambat yang populer adalah English ivy. Dikenal juga dengan nama Hedera helix, daun ivy memiliki warna hijau sepanjang tahun sehingga kerap dipilih sebagai elemen dekorasi taman.Bukan hanya untuk estetika, namun manfaat daun ivy ternyata juga berkaitan dengan kesehatan. Banyak pakar obat herbal yang menggunakannya sebagai obat untuk mengatasi masalah pernapasan.

Manfaat daun ivy

Umumnya, ivy ditemukan di dinding gedung dan juga batang pohon. Tanaman ini bahkan bisa bertahan di cuaca dingin dan juga kurang sinar matahari.Sejak berabad-abad silam, English ivy telah banyak digunakan sebagai bagian dari tanaman herbal. Beberapa faktor yang membuat daun ivy dianggap bermanfaat adalah:

1. Khasiat anti-peradangan dan antioksidan

Di dalam tanaman ivy, terdapat banyak sekali keunggulan seperti anti-peradangan, antioksidan, antivirus, antimikroba, hingga antitumor. Dua komponen utamanya adalah triterpenoid saponin dan flavonoid. Zat triterpenoid saponin dapat mengoptimalkan penyerapan sistem pencernaan. Selain itu, juga bisa membantu melawan bakteri.Sementara flavonoid dapat membantu untuk:
  • Menghilangkan racun dalam tubuh
  • Memperkuat pembuluh darah
  • Mengurangi alergi
  • Mengendalikan enzim dalam tubuh

2. Meredakan masalah pernapasan

Salah satu manfaat daun ivy yang membuatnya populer adalah dapat membuat saluran pernapasan menjadi lebih rileks. Tak hanya itu, teh daun ivy juga bisa menjadi pilihan ekspektoran atau pengencer dahak alami.Ini sangat bermanfaat terutama bagi orang yang memiliki alergi, asma, bronkitis, dan juga penyakit paru obstruktif kronis.Lebih jauh lagi, komponen saponin dalam ekstrak daun ivy dapat membuat pernapasan menjadi lebih mudah, dengan cara:
  • Mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan
  • Meningkatkan produksi dan sekresi cairan untuk pertukaran oksigen
  • Membuat otot-otot saluran pernapasan jadi lebih rileks
Menariknya, ada sebuah studi dari Jerman yang menemukan bahwa ekstrak ivy efektif dalam mengoptimalkan fungsi paru anak-anak pasien asma bronkial kronis. Partisipan mengonsumsi 25 tetes ekstrak ivy dua kali sehari.

3. Menjernihkan udara

Fakta menarik lain dari English ivy adalah termasuk dalam tanaman yang dapat menjernihkan udara. Bahkan, daun ivy dapat menghilangkan zat beracun di udara seperti benzene, formaldehyde, xylene, dan toulene. Ini adalah racun-racun yang dapat menimbulkan sick building syndrome. Mendukung fakta ini, ada studi pada tahun 2013 yang menemukan bahwa English ivy bisa mengurangi partikel jamur di udara. Dalam 12 jam, kadar bau udara berkurang lebih dari 94%. Bahkan, jamur pun berkurang hingga 78,5%.Namun, studi di atas baru dilakukan di area terbatas. Apabila diletakkan di rumah, mungkin efektivitasya lebih rendah daripada air purifier.

4. Meredakan keluhan arthritis

Daun ivy dapat meredakan peradangan pada pasien arthritis atau radang sendi. Studi dari Indian Journal of Pharmaceutical Sciences memperlihatkan bahwa ekstrak English ivy dapat menjadi bagian dari pengobatan radang sendi. Penelitian ini dilakukan pada tikus laboratorium.Hasil dari studi itu, radang persendian juga terus berkurang setelah menjalani perawatan selama tujuh hari. Ini menjadi usulan menjanjikan bahwa English ivy bisa menjadi penanganan efektif dan terjangkau untuk radang sendi.Namun tentu saja, masih perlu penelitian lebih jauh lagi untuk membuktikan efektivitas dari ekstrak daun ivy.

Adakah efek sampingnya?

Secara umum, ekstrak daun ivy aman baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Kemungkinan mengalami alergi sangat kecil, 1 dari tiap 10.000 orang.Namun sama seperti pengobatan alternatif dan herbal, selalu ada risiko terjadinya efek samping. Contoh gejala yang bisa muncul ketika seseorang mengalami efek samping adalah:
  • Kesulitan bernapas
  • Pembengkakan
  • Kulit memerah
  • Kulit gatal
Perhatikan pula bahwa English ivy bisa saja beracun apabila langsung dikonsumsi. Umumnya, orang mengonsumsinya dalam bentuk teh untuk mendapatkan manfaat daun ivy. Ada pula yang mengaplikasikan secara topikal setelah dicampur dengan minyak esensial.Ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi ekstrak ivy karena belum tentu aman bagi janin dalam kandungan. Dalam dosis tinggi, daun ivy juga bisa menyebabkan mual dan muntah.Jika ingin tahu lebih lanjut seputar daun ivy dan manfaatnya untuk keluhan pernapasan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/5-fast-facts-english-ivy
Diakses pada 25 Agustus 2021
Indian Journal of Pharmaceutical Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3719157/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Allergy & Air. https://learn.allergyandair.com/english-ivy-and-mold/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Phytomedicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12725580/
Diakses pada 25 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait