Manfaat Daun Ginseng, dari Mengatasi Peradangan hingga Mencegah Tumor


Tidak hanya akarnya, daun ginseng ternyata juga memiliki banyak manfaat yang tak kalah menyehatkan. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh hingga potensi pengobatan kanker. Namun, Anda tetap tidak bisa menggantikan obat medis dengan daun ginseng.

0,0
manfaat daun ginsengTak hanya akarnya, daun ginseng juga punya manfaat bagi kesehatan tubuh
Mungkin Anda sudah familier dengan ginseng sebagai bahan herbal yang kaya akan manfaat. Selain akar ginseng, ternyata manfaat daun ginseng atau Talinum paniculatum juga memiliki potensi yang bagus untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Beragam manfaat daun ginseng bagi kesehatan

Manfaat ginseng tentu sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Namun, tak hanya akarnya, daun ginseng juga disebut berpotensi sebagai bahan herbal untuk pengobatan berbagai penyakit. Hal inilah yang melatarbelakangi para ilmuwan dan peneliti untuk mempelajari kandungan daun ginseng dan potensi manfaatnya bagi kesehatan.Berikut ini adalah beberapa manfaat daun ginseng yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menangkal radikal bebas

daun ginseng menangkal radikal bebas
Daun ginseng memiliki manfaat menangkal radikal bebas
Radikal bebas merupakan senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Beberapa akibat radikal bebas, antara lain kanker, penyakit jantung, hingga mempercepat proses penuaan. Salah satu senyawa yang berperan aktif melawan radikal bebas adalah antioksidan. Sebuah penelitian dalam jurnal Agritech, menyatakan bahwa daun ginseng memiliki kandungan antioksidan berupa flavonoid dan senyawa fenolik yang berperan melawan radikal bebas. 

2. Mencegah penyakit degeneratif

Masih berkaitan dengan kandungan antioksidan, daun ginseng disebut dapat mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke, gagal ginjal, hingga kanker. 

3. Memperlancar sirkulasi dan peredaran darah

Daun ginseng juga bermanfaat melancarkan sirkulasi darah
Daun ginseng juga bermanfaat melancarkan sirkulasi darah
Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa daun ginseng memiliki senyawa turunan saponin, alkaloid, tanin, dan flavonoid yang dapat melancarkan sirkulasi dan peredaran darah, terutama pada sistem saraf. 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain kandungan antioksidan, daun ginseng juga mengandung provitamin A yang cukup tinggi. Keduanya memiliki peran penting dalam menjaga, sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh. 

5. Mengatasi peradangan

Kandungan flavonoid dan tanin dalam daun ginseng, terutama daun ginseng jawa, memiliki efek antiradang.Itu sebabnya, banyak yang percaya bahwa daun ginseng sangat baik untuk membantu mengatasi peradangan. 

6. Memperlancar pencernaan

Kandungan serat dalam daun ginseng juga membantu mengatasi gangguan pencernaan
Kandungan serat dalam daun ginseng juga membantu mengatasi gangguan pencernaan
Daun ginseng juga diketahui memiliki kandungan serat dan mineral yang baik bagi tubuh. Serat sendiri telah sejak lama diketahui sebagai salah satu nutrisi yang sangat penting untuk pencernaan. Makan makanan yang mengandung serat dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, misalnya sembelit. 

7. Mengatasi infeksi virus dan bakteri

Salah satu manfaat daun ginseng adalah membantu mengatasi infeksi virus dan bakteri.Kandungan flavonoid dalam daun ginseng diketahui memiliki sifat antivirus dan bakterisidal (mampu membunuh bakteri). Dengan demikian, daun ginseng berpotensi membantu meredakan infeksi akibat bakteri atau virus. 

8. Memperlambat pertumbuhan tumor dan kanker

Tumor merupakan pertumbuhan abnormal pada sel atau jaringan yang kerap kali menimbulkan benjolan atau pembengkakan. Kandungan flavonoid dalam daun ginseng diketahui memiliki efek antitumor yang dapat mengurangi pembengkakan. Selain itu, selain kandungan antioksidan, dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Ginseng Research juga menyebutkan bahwa daun dan batang ginseng memiliki aktivitas sitotoksik yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. 

9. Mengatasi alergi

Satu lagi efek yang dihasilkan dari kandungan flavonoid dalam daun ginseng adalah sebagai antihistamin. Dilansir dari Mayo Clinic, antihistamin merupakan golongan senyawa obat yang digunakan untuk mengatasi berbagai gejala akibat alergi. Banyaknya manfaat daun ginseng di atas tentu akan membuat Anda tergiur. Meski begitu, pastikan Anda tidak menggantikan pengobatan utama Anda dengan obat herbal, seperti daun ginseng.Masih banyak penelitian yang perlu dilakukan untuk membuktikan khasiat daun ginseng ataupun keamanannya jika dikonsumsi oleh manusia dalam jangka waktu yang panjang.

Adakah efek samping daun ginseng bagi tubuh?

Efek samping daun ginseng mungkin saja berinteraksi dengan obat yang Anda minum
Efek samping daun ginseng mungkin saja berinteraksi dengan obat yang Anda minum
Sebagaimana tanaman herbal lain, penggunaan daun ginseng untuk pengobatan juga tidak luput dari kemungkinan efek samping di dalamnya. Khasiat daun ginseng masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan keamanan dan kemungkinan efek samping apa saja yang mungkin muncul.Selain itu, zat aktif yang ada dalam ginseng dan daunnya juga mungkin saja menimbulkan kontraindikasi dengan obat lain yang sedang Anda konsumsi. Penggunaan dosis yang tepat atau aman pun belum diketahui.Selain itu, proses pengolahan tanaman herbal juga perlu memperhatikan kebersihan alat dan bahan yang digunakan. Hal ini berkaitan dengan risiko kontaminasi mikroorganisme maupun zat berbahaya yang justru dapat memicu gangguan kesehatan. 

Catatan dari SehatQ

Daun ginseng memiliki efek farmakologis yang berpotensi untuk pengobatan berbagai penyakit. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap mengandalkan pengobatan medis yang sudah teruji klinis untuk mengatasi masalah kesehatan Anda. Jika ingin mengonsumsi dan merasakan manfaat daun ginseng, konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda dengan dokter. Anda juga bisa berkonsultasi online menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
herbalhidup sehattanaman obat
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/antihistamine-oral-route-parenteral-route-rectal-route/side-effects/drg-20070373
Diakses 28 Juli 2021
National Institutes of Health. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminA-Consumer/
Diakses 28 Juli 2021
Chinese Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2770043/
Diakses 28 Juli 2021
Journal of Ginseng research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4213841/
Diakses 28 Juli 2021
Universitas Gadjah Mada. https://jurnal.ugm.ac.id/agritech/article/download/9766/7340
Diakses 28 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait