7 Manfaat Daun Gaharu dan Pohonnya, Penghasil Kayu Termahal Dunia


Manfaat pohon gaharu atau Aquilaria malaccensis sebagai obat herbal sudah diakui sejak berabad-abad silam. Klaimnya bisa menjadi obat untuk asam urat, diabetes, hingga stroke. Tak hanya itu, manfaat daun gaharu dan bagian lain dari pohon ini juga diproses menjadi produk komersil seperti parfum.

(0)
28 Apr 2021|Azelia Trifiana
Daun gaharu merupakan obat tradisional untuk atasi asam uratDaun gaharu merupakan obat tradisional untuk atasi asam urat
Manfaat pohon gaharu atau Aquilaria malaccensis sebagai obat herbal sudah diakui sejak berabad-abad silam. Klaimnya bisa menjadi obat untuk asam urat, diabetes, hingga stroke. Tak hanya itu, manfaat daun gaharu dan bagian lain dari pohon ini juga diproses menjadi produk komersil seperti parfum.Bicara soal khasiat gaharu sebagai bahan parfum, setidaknya perlu 1 ons ekstrak minyak gaharu untuk membuat 20 ml minyak esensial oud. Harganya pun sangat tinggi, membuatnya disebut sebagai penghasil kayu termahal.

Pohon gaharu yang mahal dan langka

Gaharu merupakan nama berbagai jenis pohon yang tergabung dalam genus Aquilaria, famili Thymelaeceae. Baik pohon maupun kayu gaharu disebut sebagai yang termahal karena di dalamnya terdapat resin beraroma wangi.Resin inilah yang menjadi buruan dalam industri kosmetika hingga obat-obatan karena aroma yang luar biasa. Namun, potensi ini juga disertai dengan kenyataan pahit bahwa pohon gaharu kini semakin langka.Menariknya, kayu pohon gaharu menjadi mahal apabila sudah berubah menjadi gupal. Di dalamnya terdapat getah yang terbentuk ketika pohon terinfeksi jamur parasit dari kelas Ascomycetes. Istilah lain dari jamur parasit ini adalah kapang.Nah, gupal ini yang membuat kayu gaharu punya aroma sangat khas dan unik. Di pasar internasional, harga gupal ini sangat fantastis. Bahkan, gupal dengan kualitas terbaik bisa dihargai puluhan juta rupiah untuk tiap kilogramnya.Lebih jauh lagi, setidaknya ada sekitar 20 spesies gaharu yang tersebar di negara-negara Asia. Indonesia punya setidaknya 6 spesies pohon gaharu.Ciri khas dari pohon gaharu adalah ukurannya yang sangat besar. Tingginya bahkan bisa mencapai 40 meter. Artinya, diameter batangnya bisa lebih dari 2 meter.Sementara daunnya adalah daun tunggal dengan bentuk lonjong berukuran sekitar 8 centimeter.

Manfaat daun gaharu

Beberapa manfaat daun gaharu untuk kesehatan di antaranya:

1. Olahan teh herbal

Pucuk daun gaharu dengan warna hijau muda bisa menjadi olahan teh herbal. Sebelum diolah menjadi teh, harus dijemur terlebih dahulu selama 3 hari tanpa terkena sinar matahari langsung. Dari 1 kilogram daun gaharu basah, bisa menjadi 240 gram teh.Teh olahan daun gaharu ini punya khasiat detoksifikasi hingga meredakan stres. Aromanya unik dan banyak yang menyebutnya sebagai teh herbal dengan bau menenangkan.

2. Meredakan kejang otot

Manfaat pohon gaharu dalam pengobatan tradisional digunakan sebagai ramuan untuk meredakan kejang otot. Selain itu, orang yang mendapatkan khasiat ini juga merasakan keluhan membaik terkait dengan keluhan sistem pernapasan, pencernaan, hingga menurunkan demam.

3. Bahan baku parfum

Seperti yang disinggung di atas, getah atau resin dari pohon gaharu yang telah terinfeksi jamur parasit akan menghasilkan gupal beraroma wangi. Bahkan, hal ini diakui secara internasional. Banyak parfum mewah menggunakan olahan dari resin pohon gaharu sebagai bahan bakunya.Saking kompleksnya prosesnya, hanya sekitar 2% pohon gaharu liar yang memproduksi resin ini. Ditambah lagi dengan pemanfaatan untuk dijual, ini membuat pohon gaharu menjadi langka.

4. Menenangkan pikiran

Olahan ekstrak gaharu dianggap bisa menyembuhkan dari trauma emosional. Bahkan, olahan herbal ini dinilai mampu meningkatkan energi dan harmonisasi frekuensi otak. Itulah mengapa aromanya banyak digunakan sebagai aromaterapi dalam tradisi spiritual.

5. Mengobati penyakit sendi

Manfaat pohon gaharu lainnya adalah khasiat analgesik, anti-arthritis, dan anti-peradangan. Kombinasi khasiat ini membuatnya bisa meredakan nyeri dan mengurangi peradangan yang berkaitan dengan arthritis.Caranya adalah dengan memijat area yang terasa sakit dengan 2 tetes minyak gaharu dicampur minyak kelapa. Ada pula klaim bahwa penggunaan obat herbal ini membantu mengeluarkan racun dari tubuh lewat urine sehingga rasa sakit pun berkurang.

6. Baik untuk kesehatan kulit

Klaim lain dari khasiat pohon gaharu adalah dapat meredakan kondisi kulit yang iritasi atau bengkak. Khasiat ini datang berkat manfaat antibakteri yang bisa menghilangkan bakteri dari kulit. Bahkan, ada klaim bahwa gaharu bisa menghilangkan noda di kulit.

7. Meredakan gejala PMS

Ekstrak minyak gaharu juga dapat berpengaruh terhadap kinerja hormon yang memberikan stimulasi pada siklus menstruasi. Jika ada keluhan siklus haid tidak lancar, obat herbal ini bisa membantu melancarkannya. Di saat yang sama, tanaman ini juga dapat meredakan gejala PMS seperti nyeri payudara, kram, nyeri punggung, atau mood yang berantakan.Gaharu adalah pohon yang menghasilkan kayu termahal serta jumlahnya kian langka. Orang biasa memanfaatkan manfaat daun gaharu dan bagian lain dari pohon ini untuk teh herbal, aroma terapi, hingga mengobati penyakit sendi.

Sejak dulu, ekstrak minyak dari pohon ini memiliki sejarah spiritual sangat dalam dan menjadi aroma favorit banyak orang. Bahkan, olahannya bisa ditemukan dalam parfum mewah.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara aman mengonsumsi obat herbal dari tanaman, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herbalhidup sehatpola hidup sehat
Plantations International. https://www.plantationsinternational.com/19-benefits-uses-agarwood-oud-oil/Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/335715213_AQUILARIA_MALACCENSIS_AN_AYURVEDIC_MEDICINAL_HERB_FOUND_IN_ASSAM_-_ITS_THERAPEUTICAL_AND_PHARMACOLOGICAL_ASPECTIOP Science. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1755-1315/260/1/012101/pdfPlants for A Future. https://pfaf.org/USER/Plant.aspx?LatinName=Aquilaria+malaccensis#:~:text=Aquilaria%20malaccensis%2C%20like%20other%20species,%2C%20Chinese%2C%20and%20Indian%20medicine.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait