logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan dan Kemungkinan Efek Sampingnya

open-summary

Terdapat manfaat daun binahong sejak ratusan hingga ribuan silam. Apakah daun binahong bermanfaat untuk mengatasi penyakit kronis?


close-summary

27 Agt 2022

| Atifa Adlina

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

manfaat daun binahong untuk kesehatan

Tak banyak diketahui, berikut ulasan manfaat daun binahong untuk kesehatan

Table of Content

  • Manfaat daun binahong untuk kesehatan
  • Efek samping daun binahong
  • Catatan SehatQ

Pernahkah Anda mendengar tentang daun binahong serta manfaatnya untuk kesehatan? Daun binahong, madeira vine, atau Anredera cordifolia adalah tanaman yang berasal dari Amerika daerah tropis, Karibia, dan Asia Timur. 

Advertisement

Daun binahong dikenal juga bermanfaat sebagai tanaman obat yang mengandung senyawa antioksidan dan antiperadangan. Lantas, apa saja khasiatnya bagi tubuh? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan

Mungkin Anda tidak menyadari kalau daun binahong yang berada di halaman atau kebun, mempunyai manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Daun binahong diketahui terbukti memiliki memiliki efek anti peradangan (inflamasi), membantu mengatasi luka terbuka, serta menjaga kesehatan organ hati.

Dalam World Vegetable Center, dipaparkan bahwa daun binahong atau Madeira vine mempunyai kandungan gizi, antara lain:

  • Protein
  • Beta karoten
  • Vitamin E
  • Riboflavin
  • Flavonoid
  • Asam folat
  • Asam askorbat
  • Kalsium
  • Zat besi

Berikut adalah berbagai macam manfaat daun binahong untuk kesehatan:

1. Meredakan jerawat

Jerawat atau acne vulgaris adalah peradangan yang terjadi pada kulit. Ada berbagai penyebab timbulnya jerawat, salah satunya ketidakseimbangan hormon.

Daun binahong bermanfaat untuk membantu meredakan jerawat pada kulit wajah, karena terdapat kandungan alkaloid, flavonoid, dan antioksidan.

Selain itu, ekstrak etanol juga bermanfaat untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat.

2. Menyembuhkan luka bakar

Daun binahong juga diketahui punya manfaat untuk luka bakar pada kulitSelain menggunakan obat luka bakar, daun binahong dipercaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar pada kulit.

Dalam jurnal Veterinary World, peneliti menggunakan 5% ekstrak daun binahong dan memasukkannya sebagai salah satu kandungan salep. Hasilnya, konsentrasi tersebut dapat membantu proses penyembuhan luka terbuka.

Hal ini berkaitan dengan kandungan metabolit sekunder dalam daun binahong, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan asam askorbat yang bermanfaat untuk penyembuhan luka.

Mengingat manfaat tanaman ini untuk menyembuhkan luka, kini sebenarnya telah banyak dijual berbagai krim atau salep binahong di pasaran untuk mengatasi luka dan gatal. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui keamanan dan keampuhannya sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

3. Mengatasi peradangan dan gatal

Selain membantu mempercepat penyembuhan luka, ada juga manfaat daun binahong untuk meredakan gatal akibat peradangan.

Dalam penelitian mengenai Efektivitas Daun Binahong sebagai Antiinflamasi, memaparkan bahwa efek antiinflamasi ekstrak daun binahong lebih rendah daripada asam mefenamat.

Asam mefenamat sendiri termasuk obat yang memiliki efek antiradang.

Meski demikian, uji coba pada hewan itu tetap membuktikan bahwa daun binahong punya manfaat untuk meredakan peradangan dan gatal. Efek tersebut karena adanya kandungan flavonoid, asam ursolat, dan asam oleanolik.

Sama seperti salep binahong untuk luka bakar, ada pula salep binahong untuk meredakan gatal. Namun, sebaiknya Anda konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

4. Mencegah komplikasi diabetes

Daun binahong mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, seperti flavonoid.

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, senyawa flavonoid dapat membantu menghambat komplikasi diabetes, salah satunya adalah katarak. Katarak dapat terjadi saat gula darah penderita diabetes tidak dikontrol dengan baik.

Ekstrak daun binahong memiliki aktivitas anti-kataraktogenik. Meski tampak menjanjikan, penelitian ini masih terbatas dilakukan pada hewan. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keamanannya terhadap manusia.

Baca Juga

  • Mengenal Struktur Kulit Manusia dan Masing-Masing Fungsinya yang Penting
  • Mengenal Fungsi Hormon Progesteron Pada Wanita dan Pria
  • Tabir Surya Hanya Sunblock? Belum Tentu!

5. Menurunkan kadar gula darah

Sebenarnya, diabetes tipe 2 dapat dikendalikan dengan gaya hidup sehat. Akan tetapi, jika sudah tidak bisa, dokter mungkin akan membantu meresepkan obat diabetes atau bahkan suntik insulin untuk mengendalikan gula darah.

Selain itu, beberapa orang juga memilih minum obat herbal diabetes untuk mengendalikan gula darah. 

Salah satu obat alami diabetes yang mungkin bisa Anda konsumsi adalah daun binahong. Daun binahong diketahui bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah.

Dalam studi yang dilakukan pada hewan, peneliti memberikan ekstrak daun binahong selama 15 hari. Hasilnya menunjukkan, terjadi penurunan kadar glukosa darah pada diabetes melitus tipe 2

Namun, karena penelitiannya masih dalam skala kecil dan dilakukan pada hewan uji coba, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum meminumnya.

Selain itu, Anda juga tidak bisa menjadikan daun binahong sebagai pengobatan tunggal untuk diabetes.

6. Membantu pertumbuhan rambut

Ada berbagai macam perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami atau tradisional. Lidah buaya ginseng, urang-aring, minyak kemiri, atau minyak kelapa adalah beberapa di antaranya.

Walaupun jarang terdengar, ternyata daun binahong juga punya manfaat untuk pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin E dalam daun binahong berkhasiat meningkatkan aliran darah ke akar-akar rambut.

Hal ini pun membuat nutrisi dapat mengalir secara optimal ke folikel rambut sehingga dapat mendorong pertumbuhannya. Walau, tetap saja dibutuhkan penelitian lagi untuk mengetahui manfaat binahong pada rambut.

Kalau ingin mencobanya, Anda bisa mencoba gel atau produk perawatan rambut yang memiliki kandungan daun binahong ke dalam hair care routine Anda.

Anda juga bisa menjaga kesehatan sekaligus membantu pertumbuhan rambut dengan menggunakan gel dengan kandungan daun binahong.

7. Menurunkan kolesterol

Manfaat lain daun binahong untuk kesehatan adalah mampu membantu menurunkan kolesterol.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Earth and Environmental Science melakukan penelitian terhadap manfaat daun binahong sebagai bahan alami untuk menurunkan kolesterol.

Hasilnya, penggunaan 96% ekstrak etanol yang terdapat di dalam daun binahong diketahui dapat menurunkan kolesterol total, hiperglikemia, dan hiperlipidemia pada tikus. 

Efek samping daun binahong

Ada berbagai cara mengonsumsi daun binahong, mulai dari memakannya secara utuh, merebusnya seperti sayur, menumis, meminumnya dalam bentuk suplemen kapsul, atau menyeduhnya menjadi teh.

Tidak ada dosis khusus yang mengatur takaran per hari konsumsi daun binahong. Dosisnya harus menyesuaikan dengan kondisi kesehatan hingga usia.

Apabila Anda mengonsumsi kapsul atau tablet daun binahon, ikuti petunjuk dalam kemasan. Akan tetapi, pastikan Anda telah mendapatkan izin dari dokter dan tidak menjadikan daun binahong sebagai pengobatan utama.

Meski cenderung aman dan punya segudang segudang khasiat, tetap ada risiko efek samping yang mungkin muncul dari daun binahong.

Mengonsumsi air rebusan atau ekstrak daun binahong secara berlebihan, mungkin saja menimbulkan beberapa efek samping, seperti:

  • Sakit perut
  • Mual dan muntah
  • Alergi
  • Jantung berdebar
  • Pusing
  • Memicu stroke dan hipertensi

Tanaman obat ini tidak untuk dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui dan penderita nyeri dada.

Selain itu, ada pula kandungan efedrin dalam daun binahong. Hal ini membuat daun binahong sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan zat yang ada dalam teh dan kopi. Sebab, mengonsumsi keduanya bersamaan dapat meningkatkan gejala pusing, gelisah, mual, muntah, insomnia, dan jantung berdebar.

Tidak semua orang bisa mengalami efek samping tersebut. Akan tetapi, jika Anda merasakannya setelah mengonsumsi daun binahong, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Catatan SehatQ

Selain berbagai khasiat di atas, ada pula yang memercayai bahwa daun binahong bermanfaat untuk mengatasi kanker, meningkatkan gairah seksual, serta menjaga kesehatan lambung.

Manfaat daun binahong untuk mengatasi kanker mungkin dianggap datang dari kandungan antioksidan di dalamnya.

Sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat tanaman ini untuk kemungkinan manfaat-manfaat tersebut. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengenai keamanannya.

Ingin mengetahui lebih lanjut manfaat dan efek samping daun binahong? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan kulitmenjaga kesehatanhidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved