Manfaat Dark Mode di Smartphone untuk Kesehatan Mata


Dark mode membuat tampilan layar gadget menjadi memiliki background hitam dengan teks putih. Manfaat mengubah pengaturan ini akan mengurangi paparan cahaya biru ke mata Anda.

(0)
18 May 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Dark mode membuat tampilan layar gadget menjadi memiliki background hitam dengan teks putihMode gelap membuat teks menjadi lebih mudah dibaca
Dark mode mendadak menjadi idola para pengguna smartphone belakangan ini. Biasanya dalam pengaturan smartphone, layar akan memiliki background putih dengan warna teks hitam. Dalam pengaturan mode gelap, background akan berubah menjadi hitam dan warna teks menjadi putih.Pengaturan ini dirasa lebih menarik untuk sejumlah orang. Selain itu, banyak juga pendapat yang mempercayai bahwa dark mode atau mode gelap bisa mengurangi paparan cahaya biru dari gadget. Namun, apa sebenarnya pengaturan dark mode di layar smartphone benar-benar baik untuk mata Anda?

Mengenal pengaturan dark mode

Mungkin generasi yang lebih muda mengenal dark mode ini sebagai sebuah inovasi baru dalam sebuah gadget. Sebenarnya, mode gelap lebih dulu hadir dalam pengaturan awal layar komputer di masa awal kemunculannya.Monitor menggunakan fosfor yang tampak gelap di layar komputer sebagai tema latarnya. Saat Anda mengetik sebuah teks, akan muncul huruf berwarna putih atau hijau. Kemajuan teknologi juga yang akhirnya membuat pengaturan awal ini seolah-olah dilupakan oleh banyak orang.Saat era smartphone sudah lebih canggih, para produsen gadget mulai memasukkan lagi mode gelap ke dalam produknya. Hal ini membuat Anda dengan mudah mengganti tema atau pengaturan menjadi lebih gelap.Mengubah pengaturan menjadi mode gelap akan mengurangi paparan cahaya biru dari gadget. Beberapa orang melakukan pengaturan ini supaya ponselnya lebih mudah dilihat dalam keadaan sedikit cahaya. Banyak orang melakukan perubahan ini supaya mereka tetap nyaman menggunakan ponsel sebelum tidur. Sayangnya, hal tersebut tetap tidak disarankan jika Anda mau mendapatkan tidur yang berkualitas.Sebuah studi menyebutkan, seseorang yang menggunakan smartphone untuk bermain game sebelum tidur membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tertidur. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan produksi hormon melatonin pada mereka yang menggunakan gadget dengan mode terang atau gelap sebelum tidur. Melatonin merupakan hormon alami yang dikeluarkan tubuh untuk mengatur pola tidur.Demi menjaga kualitas tidur, Anda tetap harus menurunkan level kecerahan atau sama sekali tidak perlu membawa gadget ke atas kasur.

Manfaat menggunakan dark mode

Biarpun begitu, masih ada hal-hal positif yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan dark mode. Berikut manfaat mengubah tampilan ponsel Anda ke dalam mode gelap:

1. Mengurangi paparan cahaya biru

Cahaya biru inilah yang menghambat produksi melatonin. Hormon inilah yang menyebabkan seseorang mengantuk dan memberikan tanda kepada tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Namun, Anda tetap disarankan untuk tidak membawa ponsel ke atas kasur. Selesaikan waktu Anda dengan smartphone sebelum masuk ke dalam kamar.

2. Mengurangi ketegangan mata

Dark mode biasanya disukai oleh mereka yang senang browsing pada gadget di malam hari
Dark mode membuat teks menjadi lebih mudah dibaca
Buat sebagian orang, mode gelap membuat teks menjadi lebih mudah dibaca. Mereka yang suka membaca e-book atau berselancar di media sosial pada malam hari mungkin akan lebih suka mode gelap ini.Namun, tetap perhatikan tanda dari mata Anda biarpun sudah menggunakan mode gelap. Saat mata sudah terasa lelah, kering, dan sedikit tegang, segeralah beristirahat. Jauhkan mata Anda dari gadget untuk sementara waktu.

3. Menghemat baterai gadget

Manfaat lainnya memang bukan dari sisi kesehatan, tapi banyak orang mungkin akan suka. Dark mode merupakan pengaturan yang sangat irit konsumsi daya baterai. Hal ini pun membuat ponsel bisa lebih lama digunakan. Mengubahnya menjadi dark mode bisa menjadi keuntungan untuk Anda saat berada di luar ruangan dan jauh dari tempat pengisian daya.

Dark mode tidak selamanya bagus

Dark mode menyebabkan penderita miopia sulit membaca teks dalam layar hitam
Mode gelap dalam gawai justru dapat membuat ketajaman penglihatan berkurang
Di samping manfaatnya untuk kesehatan mata, dark mode juga membawa efek negatif yang serupa. Penggunaan mode gelap akan memaksa pupil mata membesar untuk menangkap lebih banyak cahaya. Saat itulah, ketajaman penglihatan akan berkurang. Jadi tak heran banyak orang yang menjadi salah membaca dalam keadaan gelap.Selain itu, tidak semua orang bisa menggunakan pengaturan layar hitam ini. Mereka yang menderita miopia akan lebih sulit membaca dalam layar hitam dan teks putih. Huruf putih seolah-olah akan tercampur dengan warna hitam di bagian belakangnya.Memang bukan sebuah keharusan menggunakan dark mode dalam gadget yang Anda miliki. Sesuaikan saja dengan kenyamanan saat Anda melihatnya.

Catatan dari SehatQ

Pengaturan mode gelap membawa banyak manfaat untuk kesehatan mata. Namun, bukan berarti Anda bisa memanfaatkan pengaturan ini sebagai alasan tetap bisa menggunakan gadget sebelum tidur. Selain mengatur tema, ada baiknya Anda juga mengatur pencahayaan pada layar gadget untuk mengurangi ketegangan mata saat melihatnya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar dark mode pada smartphone, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan tidurkesehatan matagadgetmata lelah
Healthline https://www.healthline.com/health/is-dark-mode-better-for-your-eyes
Diakses pada 21 April 2021
All About Vision https://www.allaboutvision.com/digital-eye-strain/is-dark-mode-better-for-eyes/
Diakses pada 21 April 2021
NCBI https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28017916/
Diakses pada 21 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait