Apa Saja Manfaat dari Latihan Angkat Beban atau Pull-up?


Manfaat dari latihan angkat beban atau pull up bagi tubuh adalah menguatkan cengkraman tangan, menjaga kesehatan tulang, menjaga berat badan tetap ideal, serta menambah kekuatan, stamina, hingga kesehatan fisik.

(0)
09 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat dari latihan angkat beban atau pull up bisa diperoleh melalui latihan fisik menggunakan palangManfaat dari latihan angkat beban atau pull up antara lain menguatkan stamina
Ada banyak sekali jenis olahraga angkat beban yang tidak harus menggunakan alat, termasuk pull up. Tahukah Anda apa saja manfaat dari latihan angkat beban atau pull up ini?Pull up sendiri adalah jenis strength training yang khususnya melatih kekuatan tubuh bagian atas. Untuk melakukan pull up, Anda harus bergantung pada pull up bar dengan telapak tangan menghadap ke depan dan tubuh terentang sepenuhnya.Pull up dianggap sebagai latihan tingkat lanjut sehingga kurang direkomendasikan untuk pemula. Kendati demikian, ada alat khusus pull up di beberapa pusat kebugaran yang relatif memudahkan para pemula untuk mencoba gerakan ini.

Apa saja manfaat dari latihan angkat beban atau pull up?

Pull up dapat membantu menjaga berat badan ideal
Pull up adalah latihan yang terutama menargetkan penguatan latissimus dorsi (lat) yang merupakan otot punggung besar di belakang lengan. Latihan ini juga bekerja pada sebagian besar otot dada, punggung atas, dan bahu sehingga secara umum juga akan memperkuat otot-otot tubuh bagian atas.Jika dilakukan dengan teknik yang tepat, manfaat dari latihan angkat beban atau pull up juga akan terasa hingga otot perut. Lebih tepatnya, otot perut akan terasa lebih kencang dan tidak kendur.Selengkapnya, berikut ini manfaat dari latihan angkat beban atau pull up yang akan Anda rasakan jika melakukannya secara rutin.

1. Menguatkan cengkraman

Kekuatan genggaman atau cengkraman tangan yang mantap akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai kegiatan. Sebut saja menggenggam gantungan pegangan di kereta api atau bus, mencengkram tas jinjing, membuka tutup stoples yang keras, dan sebagainya.

2. Menguatkan tulang

Sebagai salah satu jenis latihan strength training, pull up dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko terkena osteoporosis.

3. Mengontrol berat badan

Bagi Anda yang tengah berjuang menurunkan atau mempertahankan berat badan, pull up merupakan opsi yang baik karena latihan ini dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme ini akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

4. Meningkatkan kekuatan dan stamina

Semua jenis strength training dapat meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh secara keseluruhan, termasuk pull up. Untuk mendapatkan manfaat dari latihan angkat beban atau pull up ini, lakukanlah sebanyak 2-3 kali perminggu.

5. Meningkatkan kesehatan fisik

Latihan kebugaran seperti pull up secara rutin juga terbukti dapat mengurangi lemak visceral dan mengurangi risiko Anda terkena diabetes tipe 2.Meski manfaat dari latihan angkat beban atau pull up ini cukup banyak dan signifikan bagi tubuh, Anda sangat dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukannya. Apalagi, jika Anda mengidap penyakit tertentu atau baru saja sembuh dari cedera.

Bagaimana cara melakukan pull up?

Tahan posisi pull up ini sekuat Anda
Untuk mendapatkan manfaat dari latihan angkat beban atau pull up ini, Anda harus melakukannya dengan teknik yang tepat. Karena pull up merupakan jenis latihan tingkat lanjut, Anda sebaiknya berlatih di bawah pengawasan instruktur atau orang yang ahli.Salah satu aspek penting untuk diperhatikan ialah tiang pull up harus berada pada ketinggian yang mengharuskan Anda melompat untuk meraihnya sehingga kaki menggantung bebas saat berlatih. Selebihnya, lakukan langkah-langkah berikut ini saat melakukan pull up:
  • Berdirilah di bawah palang dengan kaki dibuka selebar bahu.
  • Lompat ke atas dan pegang palang dengan pegangan overhand sekitar selebar bahu. Rentangkan lengan sepenuhnya sehingga Anda berada dalam posisi menggantung.
  • Tekuk lutut dan silangkan pergelangan kaki Anda untuk posisi yang seimbang.
  • Tahan posisi melayang ini selama beberapa detik atau sekuat Anda.
  • Turunkan tubuh (tarik napas saat turun) sampai siku lurus.
Ulangi gerakan tersebut tanpa menyentuh lantai. Lakukan berulang-ulang hingga Anda merasa sudah tidak sanggup lagi melakukannya. Untuk hasil maksimal, kombinasikan gerakan dengan latihan lainnya.
olahragatips olahragalatihan otot perutlatihan otot dada
Healthline. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefit-of-pull-up
Diakses pada 27 Februari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/pullup-bar-exercises-for-upper-body-strength-3120735
Diakses pada 27 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait