6 Manfaat Afterplay dan Tipsnya agar Ranjang Tetap Hangat Usai Bercinta


Afterplay sangat bisa Anda manfaatkan sebagai momen untuk semakin mendekatkan diri dengan pasangan setelah bercinta. Selain dengan kelonan dan berpelukan, ada beberapa tips lain untuk bermesraan yang bisa Anda lakukan sehabis berhubungan seks.

0,0
pasangan pria dan wanita menikmati afterplayAfterplay adalah kesempatan yang bagus bagi pasangan untuk saling mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang serta merasakan kedekatan batin.
Afterplay adalah kesempatan yang baik setelah berhubungan seks untuk mengeratkan ikatan dan keintiman di antara pasangan. Jadi, jangan sia-siakan momen setelah bercinta untuk lanjut tidur atau main hape. Selain kelonan, ada banyak cara lain untuk menghabiskan waktu berduaan setelah seks yang romantis nan berkualitas.

Apa untungnya afterplay setelah bercinta?

pasangan di ranjang afterplay
Afterplay menambah keintiman pasangan setelah seks
Foreplay adalah “pemanasan” yang penting sebelum memulai sesi bercinta agar kedua belah pihak sama-sama bergairah dan bisa mencapai orgasme. Namun, babak bercinta tidak selesai sampai situ saja. Selayaknya sebuah cerita yang diawali pembukaan dan memiliki klimaks, idealnya seks juga diakhiri babak penutup yang memuaskan. Itulah peran afterplay.Apa itu afterplay? Afterplay adalah aktivitas romantis yang biasanya dilakukan setelah melakukan hubungan intim untuk bermesraan, bisa berupa kontak fisik atau kontak seksual.Berikut lima alasan mengapa afterplay setelah seks penting untuk dilakukan bersama-sama:

1. Mengekspresikan rasa cinta dan kepuasan

Momen sehabis bercinta adalah kesempatan yang bagus bagi pasangan untuk saling mengungkapkan perasaan cinta dan kasih sayang serta merasakan kedekatan batin dan emosional.Semua ini diketahui berkontribusi besar pada kepuasan seksual, rasa saling percaya, dan kelanggengan hubungan itu sendiri.Faktanya, kegiatan yang paling sering dilakukan setelah berhubungan seks, yaitu berpelukan dan berciuman, telah terbukti secara khusus terkait dengan kepuasan seksual pada pria maupun wanita.

2. Memperkuat bonding dengan pasangan

Belum banyak yang tahu bahwa kelonan setelah seks sebetulnya dapat lebih mendekatkan Anda dan Si Dia tidak hanya secara fisik, tapi juga secara emosional dan psikologis. Manfaat tersebut datang dari peningkatan hormon serotonin yang dilepaskan tubuh selama berhubungan seks. Oksitosin adalah hormon yang membuat Anda merasa dicintai dan dapat mencintai. Itu sebabnya oksitosin juga dikenal dengan sebutan hormon cinta. Oksitosin mengaktifkan perasaan percaya dan ketertarikan, yang juga terkait dengan kemunculan empati serta keinginan untuk mempertahankan hubungan.Hormon oksitosin kadarnya akan meningkat selama pelukan dan setelah orgasme. Nah, melakukan afterplay setelah seks dapat membantu mempertahankan kadar oksitosin dalam tubuh tetap stabil sehingga Anda berdua dapat memperkuat bonding serta rasa sayang antara satu sama lain.Interaksi setelah berhubungan seks juga dapat meningkatkan perasaan aman, kepercayaan, dan keintiman di antara pasangan.

3. Merilekskan tubuh

Apa yang biasa Anda lakukan setelah berolahraga? Tentunya pendinginan dan istirahat agar otot-otot bisa kembali pulih setelah dipakai lama bekerja keras. Begitu pula dengan seks.Bisa dibilang, seks adalah olahraga kardio yang berintensitas sedang. Saat berolahraga atau seks, otot-otot kita akan menghangat akibat variasi manuver dan kecepatan gerakan tubuh. Nah, melakukan pendinginan setelah olahraga atau afterplay setelah seks dapat membantu memperlancar sirkulasi darah ke otot.Peningkatan aliran darah ke otot dapat membantunya sembuh lebih cepat setelah beraktivitas berat. Aliran darah yang lebih baik juga dapat membantu mencegah nyeri dan kekakuan pada otot, yang biasanya muncul tak lama setelah bercinta.

4. Menghilangkan stres

Bukan cuma merilekskan tubuh. Sesi pendinginan setelah bercinta juga dapat merilekskan pikiran dari beban atau stres rumah tangga yang menghantui.Menurut hasil penelitian dari University of Connecticut tahun 2020, memperpanjang waktu afterplay dengan sekadar berpelukan atau bertukar kata-kata manis (pillow talk) menurunkan kadar kortisol yang meningkat setelah melewati diskusi yang sulit dengan pasangan.Temuan itu juga melaporkan bahwa komunikasi pascaseks membantu laki-laki, khususnya, untuk mengelola stres sehingga bisa lebih baik dalam menghadapi konflik hubungan. Pada akhirnya, hal ini juga berkontribusi pada kelanggengan hubungan dalam jangka panjang.

5. Membuat wanita lebih nyaman

Baik pria maupun wanita sama-sama mengalami efek orgasme, seperti detak jantung yang lebih cepat dan pernapasan lebih berat. Namun, sudah bukan rahasia bila pria bisa lebih cepat pulih dari efek orgasme ketimbang wanita yang biasanya butuh waktu lebih lama sampai bisa rileks sepenuhnya.Oleh karena itu, bukan fenomena yang asing lagi sebetulnya melihat wanita yang “ditinggal tidur” oleh si pria setelah bercinta, padahal ia masih “bersemangat” ingin lanjut bermesraan dengan pasangannya.Nah aktivitas sesederhana memeluk atau membelai setelah seks dapat membantu wanita merasa lebih diperhatikan sampai akhirnya ia bisa benar-benar rileks. Waktu setelah berhubungan seks adalah kesempatan penting untuk membangun ikatan intim, bukan semakin membuat jarak dengan bersikap dingin atau tidak acuh.

6. Sebagai “pengantar” babak selanjutnya

Manfaat afterplay satu ini masih ada hubungannya dengan poin yang di atas. Wanita pada umumnya memakan waktu yang lebih lama untuk bisa pulih dari orgasme karena mereka masih memiliki dorongan untuk melanjutkan seks berkat peningkatan hormon oksitosinnya. Oleh karena itu, wanita sebetulnya bisa orgasme berulang kali.Di sisi lain meski pria bisa lebih cepat pulih dari efek orgasme, mereka butuh waktu yang lebih lama untuk bisa “bangkit kembali”. Mungkin diperlukan beberapa menit, satu jam, beberapa jam, atau bahkan lebih lama bagi pria sebelum bisa kembali mendapatkan gairah seksual, siap ereksi, dan bisa orgasme untuk yang kedua kali.Nah, sesi afterplay bisa jadi sarana penengah untuk kedua belah pihak untuk lanjut ke babak selanjutnya.

Ide afterplay setelah bercinta yang bisa dicoba bareng pasangan

pasangan di ranjang afterplay
Kelonan sambil makan bisa jadi tips afterplay yang menggoda
Banyak pria berpendapat bahwa afterplay setelah seks hanya untuk memuaskan wanita. Padahal setelah mengulik manfaatnya di atas, pria juga bisa mendapatkan keuntungan dari aktivitas ini.Tak hanya menjaga supaya gairah seksual tetap hangat berkobar dalam rumah tangga, kegiatan romantis setelah seks juga membantu menguatkan keharmonisan hubungan asmara Anda berdua.Berikut adalah beberapa ide untuk Anda dan pasangan coba setelah bercinta malam ini:

1. Pijat-memijat

Mungkin sudah banyak dari kita yang mengandalkan sesi pijat sebagai teknik foreplay agar pasangan cepat bergairah. Namun, sesi pijat setelah berhubungan seks juga bisa membuat Anda berdua menjadi lebih intim.Bedanya jika pijatan saat foreplay dimanfaatkan sebagai pintu gerbang menuju seks, ini adalah kesempatan untuk membuat pasangan Anda merasa dicintai dan dihargai tanpa pamrih. Pijatan juga dapat melepaskan bahan kimia yang memicu tidur, seperti serotonin, untuk membuai pasangan ke alam mimpi hingga ia merasa lebih rileks dan nyaman.Lakukanlah bergantian agar Anda dan pasangan bisa sama-sama tidur nyenyak dan terbangun lebih segar keesokan harinya.

2. Mandi bareng

Bersih-bersih badan dan mandi adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan setelah seks. Namun ketimbang mandi sendiri, kenapa tidak sekalian mandi bareng?Mandi bareng dengan pasangan tidak hanya memperpanjang waktu berduaan, tapi juga memungkinkan Anda untuk merawat dan menghargai tubuh satu sama lain.Hal-hal yang Anda lakukan saat mandi berdua seperti menggosok punggungnya, memijat kepalanya, dan membasuh sabun dari wajahnya juga sekaligus menjadi momen pengingat bahwa Anda peduli pada satu sama lain.

3. Cuddling sambil nonton film atau ngemil

Saat Anda kelonan atau berpelukan dengan seseorang yang Anda sayangi, tubuh akan melepaskan hormon yang disebut oksitosin.Hormon inilah yang dapat menenangkan dan membuat Anda merasa nyaman dengan menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat "hormon stres" kortisol, yang juga dapat membantu.dan memperlambat laju pernapasan. Oksitosin yang dilepaskan saat kelonan juga dapat membantu memblokir sinyal rasa sakit dan membuat Anda bisa tidur lebih nyenyak.Akan lebih baik jika Anda mendekap pasangan dalam posisi spooning (peluk dari belakang) dan ajak dirinya untuk menyelaraskan irama napas. Penelitian menunjukkan bahwa napas dan detak jantung pasangan cenderung sinkron ketika mereka secara fisik dekat dengan satu sama lain. Beberapa ahli berteori bahwa hal ini dapat meningkatkan empati dan ikatan cinta. Gunakanlah kesempatan cuddling dengan sembari membisikkan kata-kata manis atau pujian.Alternatifnya, Anda juga bisa kelonan sambil menonton film atau saling menyuapkan cemilan. Seks membakar kalori yang tidak sedikit, sehingga sangat mungkin membuat perut keroncongan. Nah, mengisi ulang tenaga dengan makan cemilan sebelum lanjut ke babak berikutnya bisa jadi ide afterplay yang menarik untuk dicoba.

4. Saling belai dan berciuman

Jika Anda masih merasa bergairah, selalu ada waktu untuk satu babak lagi.Penelitian telah menunjukkan bahwa baik pria maupun wanita sebetulnya mampu orgasme berulang kali. Nah selama menunggu masa refraktori (waktu yang diperlukan oleh penis untuk bisa kembali ereksi), Anda berdua bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan berbagai hal yang bisa mempertahankan gairah.Berciuman, memeluk, atau membelai membuat afterplay berubah menjadi sesi foreplay untuk bersiap menuju babak bercinta selanjutnya.

Catatan SehatQ

Afterplay sangat bisa Anda manfaatkan sebagai momen untuk semakin mendekatkan diri dengan pasangan setelah bercinta.Bahkan, beberapa penelitian mengemukakan bahwa variasi kegiatan serta lamanya durasi afterplay sangat berkaitan dengan tingkat kepuasan seksual dan kepuasan masing-masing pasangan terhadap kualitas hubungan asmara itu sendiri dalam 3 bulan setelahnya.Dengan kata lain, melakukan sesi afterplay yang lebih lama dengan kegiatan yang lebih bervariasi setiap kalinya dapat meningkatkan kelanggengan hubungan Anda berdua, baik di dalam maupun di luar kamar tidur.Menarik, bukan?
hubungan sekstips sekskepuasan seksualpercintaanrumah tangga
Womens Health Magazine https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/a19953803/boost-your-bond-after-sex/Diakses 10 Mei 2021Psychology Today https://www.psychologytoday.com/gb/blog/insight-therapy/201408/the-surprising-science-pillow-talkDiakses 10 Mei 2021 Journal of Health Psychology https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1359105318763502Diakses 10 Mei 2021 Communication Monographs Journal https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/03637751.2020.1726424?scroll=top&needAccess=trueDiakses 10 Mei 2021 WebMD webmd.com/balance/ss/slideshow-health-benefits-cuddlingDiakses 10 Mei 2021 Healthline https://www.healthline.com/health/healthy-sex/refractory-period#sex-and-ageDiakses 10 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait