Manfaat dan Jenis Senam Rematik untuk Kesehatan Anda

(0)
11 Jul 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Senam rematik dapat dilakukan untuk kurangi nyeriSenam rematik bisa mengurangi nyeri
Senam rematik adalah salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh penderita rematik untuk meringankan kondisinya. Karena itu, penting untuk mengenali ragam jenisnya dan cara tepat melakukannya.Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan radang sendi yang menyebabkan sendi-sendi terasa nyeri dan kaku. Kondisi ini bisa berawali di sendi-sendi kecil seperti pada jari-jari, lalu berkembang ke sendi-sendi yang lebih besar seperti siku, lutut, bahu, pinggul, hingga pergelangan tangan maupun kaki.Aktivitas fisik, seperti olahraga dan senam, penting bagi penderita rematik agar dapat mengurangi nyeri sendi. Khususnya saat serangan rematiknya kambuh.

Ragam manfaat senam rematik

Penelitian tertentu menunjukkan bahwa olahraga seperti senam penting dilakukan oleh penderita rematik. Pasalnya, Anda dapat memetik sejumlah manfaat senam rematik berikut:
  • Meringankan gejala saat rematik kambuh, seperti sendi nyeri dan kaku.
  • Meningkatkan fungsi dan kelenturan sendi.
  • Meningkatkan rentang gerak sendi.
  • Mempermudah Anda bergerak dan beraktivitas.
  • Meningkatkan suasana hati. Penderita bisa menjadi lebih senang dan bersemangat ketika melakukan senam rematik.
  • Menunda serta mencegah penurunan kemampuan dan massa otot.
  • Meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Ini penting karena rematik bisa memicu pengapuran tulang.
  • Berdampak baik bagi tubuh secara keseluruhan, termasuk otot dan jantung.
Olahraga, seperti senan rematik, pun dinilai meningkatkan angka harapan hidup serta kualitas hidup penderita. Kebiasaan baik ini juga dianggap mampu menurunkan potensi komplikasi, seperti osteoporosis, diabetes, dan penyakit jantung.

Jenis olahraga atau senam rematik yang bisa Anda pilih

Ada berbagai pilihan olahraga atau senam rematik yang bisa Anda lakukan. Beberapa contohnya meliputi:
  • Senam peregangan

Gerakan-gerakan senam yang melibatkan peregangan anggota tubuh direkomendasikan untuk penderita rematik. Salah satu contohnya adalah gerakan pemanasan.Gerakan tersebut dinilai ringan, tidak menyakitkan, serta dapat meningkatkan fleksibilitas sendi maupun rentang gerak.Peregangan sebaiknya dilakukan pada otot lengan, punggung, pinggang, pinggul, paha, dan betis. Senam rematik ini bisa dilakukan secara mandiri di pagi hari.
  • Yoga

Yoga adalah salah bentuk olahraga senam yang baik untuk penderita rematik. Aktivitas fisik ini menyatukan latihan pernapasan dan teknik relaksasi dengan gerakan-gerakannya.Manfaat yoga tidak berbeda jauh dengan senam peregangan, yaitu untuk kelenturan dan rentang gerak. Sebuah riset menunjukkan bahwa penderita rematik yang melakukan yoga mengalami nyeri lebih ringan dan perbaikan suasana hati.
  • Tai chi

Tai chi adalah senam yang mengutamakan latihan pernapasan, ketenangan, dan energi dalam. Senam ini bisa membantu penderita rematik karena gerakannya yang lambat serta mengalir lembut.Suatu penelitian menunjukkan bahwa senam tai chi bermanfaat, terutama bila rematik terjadi pada sendi lutut.
  • Pilates

Pilates merupakan senam yang bertujuan menyeimbangkan kemampuan sendi dan kekuatan otot di sekitarnya. Karena itu, olahraga ini cocok untuk pengidap rematik.Anda bisa melakukan olahraga pilates secara mandiri. Namun Anda dianjurkan untuk mempraktikkannya di pusat kebugaran terlebih dulu dengan bimbingan instruktur profesional.
  • Latihan kekuatan otot

Senam yang melibatkan latihan kekuatan otot juga dapat membantu dalam meringankan gejala rematik. Kegiatan ini bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu.Olahraga atau senam ini bisa dilakukan secara mandiri. Misalnya, naik dan turun tangga, push up, sit up, dan squat. Anda dapat pula melakukan latihan kekuatan otot dengan bantuan alat, seperti angkat beban.Selain ragam aktivitas senam tersebut, pengidap rematik juga bisa melakukan senam aerobik atau olahraga kardio lain. Contohnya, berjalan kaki dan berenang untuk membantu meringankan gejala dan mencegah komplikasi.

Tips senam bagi penderita rematik

Dalam melakukan senam rematik, keamanan dan kenyamanan tergolong penting. Jangan sampai kegiatan ini justru berdampak buruk bagi kondisi Anda. Oleh sebab itu, terapkan beberapa saran di bawah ini:
  • Lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dulu mengenai jenis olahraga atau senam rematik yang ingin Anda lakukan.
  • Lakukan senam dengan rutin, bisa setiap hari atau beberapa hari sekali.
  • Lakukan olahraga secara bertahap. Mulailah dari gerakan senam yang ringan (seperti ikut kelas yoga pemula) bila ini kali pertama Anda melakukannya.
  • Gunakan alat bantu yang nyaman saat senam, misalnya jenis dan ukuran sepatu yang tepat, matras yoga yang aman, dan pakaian olahraga yang menyerap keringat.
  • Lakukan variasi olahraga atau senam, contohnya peregangan tiap pagi yang dikombinasikan dengan yoga dua kali seminggu.
  • Berhenti atau mengurangi intensitas senam saat Anda merasa lelah, nyeri atau tidak nyaman. Sinyal tubuh krusial untuk diperhatikan.
Senam rematik mampu memberikan beragam manfaat bagi penderita rematik dan bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Namun Anda tetap tidak boleh smebarangan dalam melakukannya.Senantiasa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda berniat melakukan olahraga tertentu agar keamanannya lebih terjamin.
tips olahragayogarematikartritis rheumatoid
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/hs/rheumatoid-arthritis-treatment-management/exercise-modifications/
Diakses pada 11 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/8-essential-everyday-exercises-for-ra-pain
Diakses pada 11 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/4-must-do-exercises-for-ra#1
Diakses pada 11 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322917
Diakses pada 11 Juli 2020
NHS. https://www.nhs.uk/live-well/exercise/how-to-improve-strength-flexibility/
Diakses pada 11 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/exercise-and-rheumatoid-arthritis
Diakses pada 11 Juli 2020
WebMD. https://www.webmd.com/rheumatoid-arthritis/features/areobic-exercises-for-ra#1
Diakses pada 11 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait