Manfaat dan Cara Mudah Membuat Salad Sendiri di Rumah

Cara membuat salad di rumah sangat mudah dengan bahan yang ada
Membuat salad di rumah amatlah mudah

Salad sering kali dijadikan menu andalan untuk orang yang sedang menjalani diet. Selain rasanya yang segar, salad mengandung vitamin dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.  Jika Anda ingin mengonsumsinya secara rutin, tidak perlu beli. Anda bisa membuat salad sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Cara membuat salad pun cukup beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda.

Saat membuat salad, tidak ada aturan apa saja yang bahan-bahan yang ingin digunakan sehingga Anda bisa terus diekplorasi dan bisa berganti-ganti setiap harinya. Cara membuat salad ini bertujuan agar pengalaman saat makan sayur atau buah menjadi lebih menyenangkan.

Apa itu salad?

Salad merupakan jenis makanan yang terdiri dari beragam campuran sayur-sayuran atau buah-buahan yang disiram dengan berbagai bumbu atau saus yang lezat. Terdapat dua jenis salad yang sering kita temukan saat ini yaitu, salad sayur dan salad buah. Orang yang sedang menjalani program diet mengandalkan jenis makan ini karena banyaknya kandungan serat yang dapat membantu pencernaan menjadi lebih lancar.

Manfaat mengonsumsi salad

Sebelum membahas cara membuat salad yang praktis, ada baiknya Anda mengetahui dulu beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan saat memakannya. Berikut manfaat mengonsumsi salad.

  • Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi salad dapat membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Banyaknya kandungan serat yang terdapat pada salad mampu mencegah sembelit dan mencegah terjadinya iritasi usus besar. Dengan mengonsumsi salad sayur, kebutuhan serat Anda akan terpenuhi dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Menurunkan berat badan

Faktanya, mengonsumsi salad untuk sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat menyantap salad Anda bisa mengurangi rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang dan secara tidak langsung membuat Anda makan lebih sedikit.

  • Menekan asupan kalori

Mengonsumsi salad sebanyak 150 kalori setiap makan akan menimbulkan sensasi kenyang. Hasilnya, orang yang mengonsumsi salad akan terhindar dari makan yang berlebihan. Bagi orang yang sedang menjalani program diet, disarankan untuk mengonsumsi sayur sebanyak kurang lebih 450 kalori . Kalori ini harus dihitung dari kandungan sayuran tersebut, bukan dari tambahan lemak seperti saus atau bumbu yang terkadang mengubah jumlah total kalorinya.

  • Meningkatkan kesehatan

Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan membuat lemak di perut semakin banyak, sehingga berisiko untuk terkena penyakit kronis. Dengan mengganti makanan Anda dengan salad, dapat menyehatkan jantung dan mencegah datangnya penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, dan kanker. Salad sayur dan buah mengandung nutrisi yang sangat banyak. Sayur dan buah bermanfaat sebagai antioksidan untuk menangkal zat radikal bebas penyebab penyakit.

Cara membuat salad sayur

Beberapa orang seringkali membeli salad sayur dari restoran. Namun jika Anda lebih tertarik membuatnya sendiri, caranya terbilang mudah. Berikut cara mudah membuat salad sayur yang lezat.

  1. Cuci sayur hingga bersih, kemudian dinginkan sayuran di lemari pendingin.
  2. Potong-potong sayur, campurkan semua bahan dan simpan salad di piring.
  3. Tambahkan garnish seperti lemon, parsley, dan saus untuk membuat rasanya lebih nikmat dan tampilannya lebih menarik.

Untuk membuat salad sayur untuk diet, pastikan Anda memilih berbagai sayuran dengan beragam warna. Selain itu, tambahkan pendamping protein dan karbohidrat yang sehat juga seperti ayam panggang, daging cincang, dan protein lainnya yang tidak digoreng.

Sementara untuk karbohidrat, Anda bisa menambahkan potongan roti gandum atau udon. Selain itu, saus salad juga bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Jangan ragu untuk mencoba menu resep salad dressing untuk menemukan cita rasa yang sesuai dengan selera Anda.

Cara membuat salad buah

  1. Sediakan buah-buah yang memiliki tekstur lembut
  2. Potong dadu semua buah yang ingin dicampurkan. Beberapa buah seperti apel dan bisa akan berubah warna ketika pemotongan, sebaiknya simpan terlebih dahulu di larutan asam.
  3. Tiriskan buah agar tidak berair atau lembek saat dicampurkan
  4. Tambahkan saus salad dan keju

Catatan dari SehatQ

Tips untuk membuat salad buah, selalu pilih buah-buahan yang segar dan tidak lembek. Simpan salad dalam lemari es agar tetap segar saat disajikan. Untuk saus salad, Anda bisa menggunakan mayones dan susu, kemudian tambahkan sedikit keju di atasnya.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/salad-for-breakfast#bottom-line

Diakses 18 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-salad-dressing#section1

Diakses 18 Maret 2020

Artikel Terkait