Manfaat dan Cara Membuat Toner Cuka Apel untuk Kulit yang Cantik

Toner cuka apel mudah untuk dibuat sendiri
Toner cuka apel dipercaya bisa pudarkan bekas jerawat

Nama cuka apel di dunia kecantikan dan perawatan kulit memang sudah cukup populer. Jadi, tak heran jika banyak produk kecantikan yang menggunakannya sebagai bahan dasar termasuk sebagai toner. Toner cuka apel pun cukup mudah untuk dibuat sendiri sehingga tidak membuat kantung jebol.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit sehat, bebas jerawat dan antikusam, toner memang jadi salah satu produk skincare yang tak boleh terlewat. Sebab, ia berfungsi untuk membersihkan dan mengencangkan kulit, agar bakteri dan kotoran lainnya tidak mudah menempel.

Cuka apel, dengan berbagai kandungan yang dimilikinya, merupakan bahan yang ideal untuk dijadikan toner. Sebab, kandungan tersebut telah terbukti memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Manfaat menggunakan toner cuka apel

Toner cuka apel dapat membuat kulit lebih kencang
Toner cuka apel dianggap dapat memudarkan bekas jerawat

Menggunakan toner cuka apel sebenarnya belum terbukti lebih baik dari toner berbahan lain. Namun, cuka apel sendiri telah terbukti memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk kulit seperti tanin, asam asetat, dan asam sitrat. Berberapa manfaat cuka apel untuk kulit antara lain:

  • Membersihkan kulit dari sel kulit mati dan kotoran
  • Mengencangkan kulit
  • Membunuh bakteri

Salah satu manfaat cuka apel yang cukup populer adalah untuk memudarkan bekas jerawat. Meski begitu, belum banyak penelitian yang bisa membuktikannya.

Sejauh ini, baru ada satu penelitian yang menyebutkan bahwa asam organik pada cuka apel memiliki fungsi serupa dengan bahan yang digunakan untuk chemical peel. Kemiripan ini membuat cuka apel dipercaya juga bisa membunuh bakteri, mengurangi peradangan di kulit, dan mengurangi risiko terbentuknya luka bekas jerawat.

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk bisa benar-benar mengonfirmasi manfaat cuka apel tersebut.

Cara membuat toner cuka apel

Toner cuka apel mudah dibuat sendiri
Cuka apel harus dilarutkan sebelum digunakan sebagai toner

Bagi Anda yang ingin membuat toner cuka apel sendiri, ingatlah bahwa cuka apel tidak bisa digunakan begitu saja di kulit. Anda harus melarutkannya terlebih, untuk menghindari iritasi maupun risiko terbakar pada kulit, akibat kandungan asam yang tinggi pada cuka apel.

Perbandingan untuk melarutkan cuka apel yang paling standar adalah

  • 2 sendok makan cuka apel yang dilarutkan dengan segelas air sebanyak kurang lebih 150 ml.
  • Cuka apel dan air dicampur dengan perbandingan 1:2.

Larutan cuka apel dan air ini pun masih bisa dicampurkan dengan bahan-bahan lain yang juga baik untuk kulit, seperti witch hazel dan air mawar. Anda juga bisa menambahkan essential oil untuk menambah aroma wangi saat menggunakan toner cuka apel.

Untuk Anda yang ingin berkreasi, berikut ini resep membuat cuka apel dengan bahan-bahan di atas:

  • 2 sendok makan cuka apel
  • 1 gelas air atau sebanyak 150 ml
  • 1 sendok teh air mawar
  • 2-3 tetes essential oil (seperti lavender atau chamomile)
  • 1 sendok teh witch hazel

Campurkan semua bahan-bahan di atas, maka jadilah toner cuka apel buatan sendiri. Sementara itu untuk penggunaannya, Anda cukup mencelupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan menepuk-nepuknya dengan lembut di area wajah dan leher.

Sebelum menggunakan toner, jangan lupa untuk mencuci wajah hingga benar-benar bersih terlebih dahulu. Anda juga perlu memeriksa keamanan toner cuka apel bagi kulit. Untuk memeriksanya, teteskan sedikit ke kulit tangan dan tunggu reaksinya. Jika tidak muncul reaksi alergi, barulah oleskan ke wajah.

Hati-hati, toner cuka apel juga bisa bikin iritasi

Toner cuka apel bisa sebabkan iritasi kulit
Toner cuka apel juga bisa sebabkan iritasi

Meski bisa bermanfaat untuk kulit, penggunaan toner cuka apel tidak cocok untuk semua jenis kulit. Jika kulit Anda termasuk yang kering dan sensitif, sebaiknya batasi penggunaan toner cuka apel dengan campuran bahan-bahan seperti di atas.

Sebagai siasat, saat melarutkan cuka apel, kurangi jumlahnya. Jika diatas disebutkan satu sendok makan, Anda bisa menguranginya menjadi 1 sendok teh cuka apel untuk 1 gelas air.

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit atau normal pun, jika menggunakan toner cuka apel terlalu sering atau dengan perbandingan yang tidak sesuai tetap ada risiko terjadinya iritasi. Jadi, Anda disarankan untuk menggunakan dengan secukupnya saja.

Catatan dari SehatQ

Toner cuka apel adalah alternatif yang bisa dicoba untuk bantu mengatasi kulit berminyak atau berjerawat. Cara membuatnya yang mudah dan harganya yang tidak terlalu mahal, membuat banyak orang tertarik mencobanya.

Namun, perlu diingat bahwa bagi Anda yang berkulit kering dan sensitif, sebaiknya jangan buru-buru mencobanya. Sebab, jika terlalu sering menggunakan cuka apel, jenis kulit seperti ini berisiko lebih besar mengalami iritasi.

Healthline. healthline.com/health/apple-cider-vinegar-for-face
Diaskes pada 3 April 2020

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/apple-cider-vinegar-good-your-skin/
Diakses pada 3 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/apple-cider-vinegar-toner
Diakses pada 3 April 2020

Artikel Terkait