Manfaat Toner Cuka Apel dan Cara Aman Menggunakannya


Toner cuka apel mudah dibuat sendiri di rumah selama Anda tahu perbandingan untuk melarutkannya. Namun, cuka apel untuk toner tidak dapat digunakan sembarangan karena bisa berisiko.

(0)
05 Apr 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Toner cuka apel mudah untuk dibuat sendiri di rumahManfaat toner cuka apel dipercaya bisa memudarkan bekas jerawat
Toner cuka apel memang cukup populer dalam perawatan kecantikan kulit. Meski sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan cuka apel untuk toner wajah sebagai bahan utama, nyatanya cara membuat toner cuka apel secara alami sangat mudah dibuat dan tak bikin kantung jebol, lho. Bagaimana cara membuatnya dan apa manfaatnya untuk wajah Anda? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut.

Apa manfaat toner cuka apel?

Pada dasarnya, manfaat toner cuka apel belum terbukti lebih baik dari kandungan bahan aktif yang terdapat pada toner wajah biasa. Namun, klaim manfaat cuka apel untuk wajah yang telah terbukti berasal dari kandungan yang baik untuk kulit, seperti tanin, asam asetat, dan asam sitrat. Adapun beberapa manfaat toner cuka apel yang diyakini baik untuk kulit antara lain:

1. Mengatasi jerawat

Toner cuka apel mampu mengatasi jerawat di wajah
Cuka apel untuk jerawat berasal dari kandungan asam asetat
Salah satu manfaat toner cuka apel adalah mengatasi jerawat. Ini karena cuka apel mengandung asam organik yang disebut dengan asam asetat. Menurut National Library of Medicine, asam asetat bertindak sebagai antimikroba dan antijamur. Kandungan tersebut yang dipercaya mampu mengurangi bakteri pada kulit, termasuk Propionibacterium acnes yang menjadi bakteri penyebab jerawat.Di samping itu, kandungan asam organik pada cuka apel untuk toner ini memiliki fungsi serupa dengan bahan aktif yang digunakan pada prosedur chemical peelingKemiripan ini yang membuat cuka apel untuk toner dipercaya dapat mengurangi peradangan di kulit sekaligus mengurangi risiko terbentuknya luka bekas jerawat. Baca Juga: Manfaat Cuka Apel untuk Jerawat, Apakah Benar Efektif?

2. Memudarkan bekas jerawat

Manfaat toner cuka apel yang tak kalah populer adalah memudarkan bekas jerawat. Saat dioleskan ke kulit wajah, beberapa kandungan asam cuka apel dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan memicu regenerasi kulit. Sebuah hasil penelitian mengemukakan bahwa kandungan asam suksinat pada cuka apel untuk toner yang mampu mencegah terbentuknya luka bekas jerawat. Selain itu, asam laktat juga terbukti dapat memperbaiki tekstur dan tampilan kulit yang terdapat bekas jerawat.Kendati demikian, manfaat toner cuka apel ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. 

3. Mencerahkan dan meratakan warna kulit

Mencerahkan dan meratakan warna kulit juga jadi manfaat toner cuka apel lainnya. Hal ini karena cuka apel mengandung bahan aktif alami yang bertujuan untuk mengeksfoliasi kulit. Efeknya, kulit menjadi lebih cerah dan warna kulit menjadi lebih merata.

4. Membersihkan wajah

Toner cuka apel dapat mengangkat minyak dan kotoran di wajah
Wajah jadi lebih bersih berkat penggunaan cuka apel yang benar
Sebagaimana fungsi toner wajah pada umumnya yang mampu mengangkat minyak dan kotoran, manfaat toner cuka apel juga dapat membersihkan wajah dari penumpukan sel kulit mati dan kotoran. Hal ini berkat astringent dalam cuka apel yang kaya akan kandungan tanin. Beberapa laporan ilmiah mengemukakan bahwa kandungan tersebut yang dapat memberi efek bersih pada kulit. Dengan demikian, kulit Anda dapat bersih maksimal dan terbebas dari masalah kulit yang mungkin mengintai. 

5. Mengencangkan kulit

Manfaat toner cuka apel lainnya adalah mengencangkan kulit dengan cara mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan, seperti keriput atau kerutan. Cuka apel untuk toner dapat membantu melindungi kulit dari paparan zat asing berbahaya yang ada di udara sebagai salah satu penyebab penuaan. Namun, perlu diketahui bahwa manfaat toner cuka apel di atas masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar dapat membuktikan keefektifannya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya guna meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi kulit tertentu. 

Bagaimana cara membuat toner cuka apel?

Toner cuka apel mudah dibuat sendiri di rumah
Cuka apel harus dilarutkan sebelum digunakan sebagai toner
Cara membuat toner cuka apel sangatlah mudah. Akan tetapi, ingat bahwa cuka apel tidak bisa digunakan begitu saja di kulit. Berikut adalah cara membuat toner cuka apel yang aman. 

1. Larutkan cuka apel dengan air

Cara membuat toner cuka apel yang benar adalah Anda harus melarutkannya dengan air terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari iritasi maupun risiko sensasi terbakar pada kulit akibat kandungan asam yang tinggi dalam cuka apel.Perbandingan yang tepat untuk melarutkan cuka apel adalah sebagai berikut:
  • 2 sendok makan cuka apel yang dilarutkan dengan segelas air sebanyak kurang lebih 150 ml.
  • Cuka apel dan air dicampur menggunakan perbandingan 1:2.

2. Campurkan dengan bahan alami lain

Cara membuat toner cuka apel juga bisa dicampurkan dengan bahan alami lainnya. Misalnya, witch hazel, air mawar, dan minyak esensial guna menambah aroma wangi saat menggunakan cuka apel untuk toner. Sebelum menerapkan cara membuat toner alami dari cuka apel, siapkan alat dan bahan-bahan berikut:
  • 2 sendok makan cuka apel
  • 1 gelas air atau sebanyak 150 ml
  • 1 sendok teh air mawar
  • 2-3 tetes essential oil (seperti lavender atau chamomile)
  • 1 sendok teh witch hazel
Cara membuat toner cuka apel selanjutnya adalah memasukkan air ke dalam botol kosong dan tambahkan seluruh bahan yang sudah disiapkan ke dalamnya. Aduk atau kocok botol sampai semua bahan tercampur merata. Maka, cuka apel untuk toner buatan sendiri siap digunakan. 

Bagaimana cara memakai toner cuka apel?

Toner cuka apel dapat membuat kulit lebih kencang
Toner cuka apel dianggap dapat memudarkan bekas jerawat
Setelah cuka apel untuk toner siap digunakan, Anda bisa menerapkan cara memakai toner cuka apel yang benar dengan langkah berikut ini. 

1. Bersihkan wajah

Sebelum menerapkan cara memakai toner cuka apel, pastikan Anda sudah membersihkan sisa kotoran dengan cairan pembersih dilanjutkan dengan sabun cuci muka.Sebab, meski fungsi toner wajah bisa bertindak sebagai pembersih sisa kotoran, ia tidak bisa sepenuhnya mengangkat sisa make up, kotoran, dan minyak di wajah. Setelah selesai cuci muka, keringkan sedikit sisa air di wajah menggunakan handuk atau tisu yang lembut dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. 

2. Lakukan tes alergi pada kulit 

Cara memakai toner cuka apel yang aman adalah melakukan tes alergi pada kulit guna mengetahui keamanannya. Caranya adalah teteskan toner cuka apel yang sudah dibuat, pada area kulit punggung tangan. Kemudian, tunggu reaksinya. Jika muncul reaksi alergi, seperti kulit gatal, kemerahan, sensasi rasa terbakar, maka sebaiknya Anda tidak mengoleskan cuka apel untuk toner pada wajah. Sebaliknya, bila tidak muncul reaksi alergi apa pun, Anda bisa menerapkan cara memakai toner cuka apel ke wajah. 

3. Gunakan toner cuka apel

Cara memakai toner cuka apel berikutnya adalah gunakan kapas berbahan halus yang sudah dibasahi cairan toner. Lalu, mulai usapkan kapas yang telah dibasahi toner pada bagian tengah hingga ke seluruh wajah. Namun, hindari area bibir dan mata.Usapkan kapas tersebut ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah bersih maksimal dan tampak segar. Jangan lupa cara menggunakan toner sampai ke leher untuk mengangkat minyak dan kotoran di area ini.Jika cara memakai toner sudah selesai dan masih ada toner cuka apel tersisa, Anda bisa menyimpannya pada suhu ruangan untuk digunakan kembali. Toner cuka apel aman digunakan setiap hari, tepatnya dua kali sehari setelah tahap mencuci muka. 

Apa efek samping toner cuka apel? 

Toner cuka apel bisa sebabkan iritasi kulit
Toner cuka apel juga bisa menimbulkan iritasi
Meski ada berbagai manfaat toner cuka apel untuk wajah, sebuah hasil studi mengemukakan bahwa ada efek samping yang mungkin mengintai. Efek samping toner mungkin muncul karena cara menggunakan toner cuka apel yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.Jika Anda memiliki kulit kering dan kulit sensitif, perhatikan cara membuat toner cuka apel.Anda disarankan menggunakan 1 sendok makan cuka apel untuk 1 gelas air saat melarutkannya guna mencegah kulit semakin kering. Anda juga perlu membatasi penggunaan tetesan minyak esensial, air mawar, atau witch hazel agar tidak menimbulkan iritasi. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau jenis kulit lainnya, cara menggunakan toner cuka apel secara berlebihan atau dengan perbandingan yang tidak sesuai dapat menimbulkan iritasi. Jadi, penting untuk mengikuti cara menggunakan dan memakai toner cuka apel secukupnya saja.Dengan demikian, efek samping toner cuka apel dapat dihindari. 

Catatan dari SehatQ

Cuka apel untuk toner adalah alternatif yang bisa dicoba untuk bantu mengatasi kulit berminyak atau berjerawat. Cara membuat toner cuka apel yang mudah dan harganya yang tidak terlalu mahal membuat banyak orang tertarik mencobanya.Namun, perlu diingat bahwa bagi Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif, sebaiknya perhatikan cara memakai toner cuka apel dengan tepat. Sebab, jika terlalu sering menggunakan cuka apel, jenis kulit kering berisiko lebih besar mengalami iritasi.Jika Anda masih punya pertanyaan seputar cara menggunakan toner cuka apel dan keefektifannya lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikankulit sensitifkulit berminyakjerawatperawatan wajah
Healthline. healthline.com/health/apple-cider-vinegar-for-face
Diaskes pada 3 April 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/apple-cider-vinegar-good-your-skin/
Diakses pada 3 April 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/apple-cider-vinegar-toner
Diakses pada 3 April 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3888247/
Diakses pada 10 Desember 2020
Pediatric Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/pde.13888
Diakses pada 10 Desember 2020
National Library of Medicine. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/acetic_acid
Diakses pada 10 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait