Manfaat dan Bahaya Talc yang Perlu Anda Pertimbangkan

(0)
25 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Talc adalah bahan baku kosmetik seperti bedak dan perona pipiTalc adalah bahan yang digunakan untuk membuat bedak
Talcum powder atau talc adalah bahan yang digunakan dalam banyak produk kosmetik, seperti bedak bayi, bedak tabur, perona pipi, dan sebagainya. Secara kimiawi, talc adalah magnesium silikat hidro yang terbentuk dari mineral alami magnesium, silikon, oksigen, dan hidrogen.Penggunaan talc yang dikenal masyarakat luas adalah sebagai bahan kosmetik dan produk perawatan tubuh. Bubuk ini juga dikenal bermanfaat dalam menyerap kelembapan, mencegah penggumpalan, serta membuat riasan wajah merata. Di balik manfaat ini, ada pula sejumlah bahaya yang mengintai.

Manfaat talc

Sebenarnya talc digunakan dalam berbagai industri. Namun, masyarakat cenderung mengenalnya sebagai bahan baku kosmetik dan produk-produk perawatan tubuh.Dalam bentuk bubuk, manfaat talc yang bisa Anda dapatkan adalah menyerap kelembapan dan mengurangi gesekan penyebab iritasi. Bahan ini juga dianggap bermanfaat dalam:
  • Menjaga kulit tetap kering
  • Mencegah ruam akibat gesekan pada kulit yang sensitif
  • Membantu mencegah kulit lecet.
Talc juga dapat membantu meredakan iritasi kulit lebih cepat hingga mengatasi eksim. Selain itu, talc mampu menjaga kulit di area lipatan, seperti ketiak atau area kelamin, supaya tetap kering dengan menyerap kelembapannya.Manfaat ini dapat membantu mengontrol aroma tidak sedap dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Beberapa manfaat lain dari talc adalah:
  • Mengaplikasikan talc pada bulu mata dapat mempertebal maskara.
  • Membuat riasana lebih merata dan lebih kentara karena dapat menyerap kelebihan minyak wajah.
  • Menggunakan talc pada area lipatan paha dapat mencegah lecet saat Anda berolahraga, seperti berlari atau joging.
  • Mengaplikasikan talc pada permukaan kulit sebelum waxing dapat memberikan hasil yang lebih halus dan mulus.
  • Menaburkan sedikit talc di permukaan seprai akan membuat tempat tidur tetap kering dan dingin di tengah udara panas.
  • Talc dapat menyerap bau tidak sedap dari dalam lemari pakaian dan sepatu anda.
  • Talc mampu membantu membersihkan pasir lebih cepat dari permukaan kulit saat anda berada di pantai.
  • Talc juga dapat digunakan untuk menyerap kelebihan minyak di kulit kepala. Taburkan sedikit pada kulit kepala di dekat akar rambut untuk mendapatkan manfaatnya.

Bahaya bedak talc

Di balik segudang manfaatnya, talc juga memiliki sejumlah bahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Beberapa bahaya yang bisa disebabkan oleh talc adalah:

1. Dapat terkontaminasi asbestos

Asbestos atau asbes adalah salah satu bahan mineral alami yang bersifat karsinogen sehingga dapat menyebabkan kanker. Ada kalanya, kandungan asbestos ikut terbawa saat menambang talc.Salah satu kanker yang dapat disebabkan oleh asbestos pada talc adalah mesithelioma atau kanker pada jaringan yang melapisi organ tubuh.

2. Meningkatkan risiko kanker

Para ahli juga mengkhawatirkan peningkatan risiko beberapa jenis kanker akibat penggunaan talc. Berikut adalah sejumlah bahaya talc yang perlu Anda hindari.
  • Penggunaan talc di area kemaluan dianggap dapat meningkatkan risiko kanker ovarium.
  • Penggunaan talc di area kemaluan pada wanita menopause dipercaya mampu meningkatkan risiko kanker endometrium.
  • Seringnya terpapar talc pada saluran pernapasan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru karena menghirupnya.
Sejumlah penelitian yang telah dilakukan terkait masalah ini menunjukkan hasil beragam. Sebagian menunjukkan adanya kenaikan risiko kanker walaupun rendah dan yang lainnya tidak menunjukkan adanya kenaikan risiko.Untuk risiko kanker paru, masalah ini hanya dialami oleh pekerja tambang atau orang-orang yang sangat sering terpapar talc dalam jangka panjang. Sementara itu, tidak ada laporan yang menyebutkan kenaikan risiko kanker paru dari penggunaan talc kosmetik seperti bedak tabur.Namun, bedak tabur juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan, khususnya pada bayi. Selain itu, bahaya lain dari talc adalah dapat menyebabkan peradangan atau infeksi jika diaplikasikan pada kulit yang rusak.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
perawatan kulitkanker
Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/cosmetics/cosmetic-ingredients/talc
Diakses 11 Januari 2021
Cancer. https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/talcum-powder-and-cancer.html
Diakses 11 Januari 2021
Home BT. https://home.bt.com/lifestyle/house-home/home-hacks/10-surprising-everyday-uses-for-talcum-powder-11363991093647#
Diakses 11 Januari 2021
Drug Watch. https://www.drugwatch.com/talcum-powder/
Diakses 11 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait