Salah satu bentuk facial wajah adalah penggunaan masker
Facial wajah dapat dilakukan dengan penggunaan masker

Sudah bukan rahasia lagi bahwa facial wajah merupakan salah satu prosedur kecantikan yang paling banyak dipilih oleh wanita. Pasalnya, Anda dapat memilih perawatan sesuai dengan manfaat facial yang ingin Anda dapatkan.

Facial pun banyak jenisnya. Facial wajah yang standar, misalnya, merupakan perawatan wajah yang melibatkan penguapan, mengangkat sel kulit mati, membersihkan komedo, pijat, hingga mengaplikasikan masker pada wajah.

Dalam perkembangannya, facial wajah dilakukan dengan berbagai teknik maupun melibatkan penggunaan teknologi canggih. Beberapa jenis facial wajah yang kini dapat menjadi pilihan, antara lain perawatan laser, mikrodermabrasi, hingga peeling kimiawi.

Apa saja manfaat facial wajah?

Akademi Dermatologi Amerika Serikat (AAD) menyatakan facial wajah aman dilakukan asalkan dengan ahli kecantikan yang kompeten. Ketika dilakukan dengan benar, maka Anda akan merasakan manfaat facial wajah, seperti:

  • Meredakan jerawat

Ada mitos yang mengatakan facial wajah tidak boleh dilakukan oleh orang yang berjerawat. Padahal, perkembangan teknologi telah memungkinkan pemilik tipe kulit berjerawat untuk melakukan facial dengan terapi sinar biru.

Sinar ini dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, meski penggunaannya hanya bisa dilakukan pada jerawat tingkat sedang. Metode ini juga dapat meredakan peradangan pada jerawat yang masih aktif.

Bagi Anda yang bermasalah dengan blackhead atau whitehead, facial wajah dengan metode ekstraksi juga bisa dilakukan untuk membersihkan sumbatan di pori-pori. Selain itu, metode mikrodermabrasi maupun facial standar tetap aman dilakukan pada wajah yang berjerawat ringan hingga sedang.

  • Menghilangkan bekas jerawat dan kerutan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan bekas jerawat dan kerutan halus, facial wajah bisa jadi solusi yang Anda butuhkan. Salah satu jenis facial wajah yang dapat Anda lakukan adalah mikrodermabrasi yang tersedia di klinik kecantikan maupun dokter kulit yang tersertifikasi.

Cara lain yang dapat Anda tempuh untuk menghilangkan bekas jerawat ini adalah melalui peeling kimiawi. Metode peeling ini biasanya melibatkan salah satu dari tiga jenis zat kimia berikut, yakni alphahydroxy acid (AHA), trichloroacetic acid (TCA), dan fenol.

  • Meremajakan kulit

Manfaat facial wajah yang satu ini dapat Anda nikmati berkat perkembangan teknologi dalam perawatan kulit. Anda dapat melakukan facial wajah dengan terapi sinar laser untuk menstimulasi produksi kolagen sehingga merangsang tumbuhnya sel-sel baru di dalam kulit.

Metode perawatan kulit dengan laser ini bukan hanya digunakan untuk mengencangkan wajah, namun juga sudah banyak digunakan untuk mengurangi kerutan di leher maupun bintik hitam yang muncul akibat terlalu banyak terpapar sinar matahari.

Sebaliknya, ada beberapa jenis facial wajah yang tidak direkomendasikan oleh dokter kulit karena manfaat facial tersebut belum terbukti secara medis. Facial wajah yang dimaksud, antara lain facial dengan oksigen dan barang-barang mewah (misalnya emas, berlian, dan lain-lain) karena tidak memiliki efek apa pun pada kulit.

Efek samping facial wajah

Praktik facial wajah yang kurang tepat bukan tidak mungkin akan menimbulkan efek samping pada kulit Anda, misalnya:

  • Jerawat tambah parah

Hal ini biasanya terjadi ketika facial wajah dilakukan dengan terlalu kasar pada wajah yang memiliki jerawat atau potensi demikian. Munculnya rasa seperti terbakar, merah, atau bengkak juga bisa hadir ketika terapis Anda melakukan ekstraksi whitehead maupun blackhead secara berlebihan.

  • Muncul luka pada wajah

Hal ini bisa terjadi ketika Anda melakukan mikrodermabrasi sekaligus menggunakan obat yang mengandung isotretinoin dalam kurun 6 tahun terakhir.

  • Iritasi

Dalam kasus yang lebih ringan, Anda mungkin hanya akan merasakan iritasi setelah menjalani facial wajah. Tanda iritasi yang biasanya Anda rasakan setelah facial wajah, antara lain memar, muncul rasa terbakar, tertusuk-tusuk, hingga sensitivitas terhadap cahaya.

Untuk meminimalisir efek samping ini, pastikan Anda hanya melakukan facial wajah di klinik kecantikan atau dokter kulit terpercaya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/facials-for-acne
Diakses pada 22 Februari 2020

American Academy of Facial Aesthetics. https://www.facialesthetics.org/patient-info/facial-esthetics/cosmetics/skin-treatments/
Diakses pada 22 Februari 2020

AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/face/spa-facials-okay-for-skin#
Diakses pada 22 Februari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/are-expensive-facials-better
Diakses pada 22 Februari 2020

Artikel Terkait