logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Manfaat Facial Wajah serta Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

open-summary

Facial wajah adalah salah satu perawatan kulit yang umum dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Manfaat perawatan ini diyakini efektif untuk mencegah masalah kulit tertentu, seperti jerawat dan komedo. Namun, ketahui hal-hal yang boleh dilakukan sebelum dan sesudah facial agar terhindar dari risiko efek sampingnya.


close-summary

23 Feb 2020

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Salah satu bentuk facial wajah adalah penggunaan masker

Pemakaian masker merupakan salah satu rangkaian dari facial wajah di salon kecantikan

Table of Content

  • Apa itu facial?
  • Apa manfaat facial wajah?
  • Apakah facial boleh dilakukan saat kulit berjerawat?
  • Hal yang boleh dilakukan sebelum dan sesudah facial
  • Pesan dari SehatQ

Facial wajah adalah salah satu perawatan kulit yang umum dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Manfaat perawatan ini diyakini efektif untuk mencegah masalah kulit tertentu, seperti jerawat dan komedo. Meski begitu, tindakan ini tetap dapat menimbulkan efek samping.

Advertisement

Untuk itu, simak dahulu manfaat, risiko, serta hal-hal yang boleh dilakukan sebelum dan sesudah facial wajah selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Baca Juga

  • Cara Pakai Moisturizer (Pelembap) yang Tepat agar Kulit Sehat dan Lembap
  • Garis Hitam di Kuku Bukan Hanya Memar, Ini Penyebab Lainnya
  • Lindungi Kulit dengan 6 Varian Skin Aqua Sunscreen

Apa itu facial?

Facial adalah perawatan kecantikan yang ditujukan untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, minyak, sel-sel kulit mati, dan komedo.

Cara facial wajah biasanya dimulai dengan dengan pembersihan wajah, penguapan kulit, pengangkatan sel kulit mati dan komedo, pemijatan, hingga penggunaan masker. Tahapan ini tentu akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit masing-masing orang.

Facial wajah idealnya dapat dilakukan sebulan sekali. Bagi pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat, facial dapat dilakukan tiap 2 minggu sekali. 

Meski demikian, frekuensi facial wajah dapat dilakukan sesuai dengan masalah kulit yang dialami. Misalnya, bila kulit sudah tampak kusam, tumbuh banyak komedo, atau mengalami hiperpigmentasi, segera lakukan facial.

Apa manfaat facial wajah?

Menurut American Academy of Dermatology, facial muka aman dilakukan asal dilakukan oleh dokter kecantikan atau estetika yang kompeten. Jika dilakukan dengan benar oleh ahlinya, manfaat facial wajah yang bisa didapat, antara lain:

1. Membersihkan wajah secara menyeluruh

Salah satu manfaat facial wajah adalah membersihkan wajah secara menyeluruh. 

Umumnya, dokter kecantikan sudah memahami jenis kulit dan mengetahui apa yang harus dilakukan agar wajah Anda dapat bersih dari segala kotoran, sisa make up, debu, dan minyak. 

Tak hanya itu, terapis kecantikan mungkin juga akan menggunakan uap untuk membuka pori-pori wajah dan membersihkannya dari tumpukan sel-sel kulit mati. Dengan demikian, masalah komedo atau jerawat dapat dicegah. 

2. Meremajakan kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah bisa semakin mengendur. Hal ini semakin diperparah oleh gaya hidup dan paparan faktor lingkungan. Nah, manfaat facial wajah dapat membantu meremajakan kulit. 

Biasanya, dokter kecantikan akan menggunakan beberapa metode perawatan atau produk perawatan kulit tertentu guna memperbaiki tekstur kulit agar tampak awet muda. 

Misalnya, facial muka dengan terapi laser untuk merangsang produksi kolagen sehingga sel-sel kulit mati dapat tergantikan oleh sel-sel baru.

Selain itu, penggunaan masker atau krim lotion tertentu juga dapat dilakukan untuk merangsang produksi kolagen sekaligus memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan.

3. Mengangkat komedo

Manfaat facial wajah bisa mengangkat komedo
Ekstraksi komedo menjadi bagian dari tahapan facial wajah

Ekstraksi komedo merupakan tahapan penting dalam facial di salon atau klinik kecantikan. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan pori-pori yang tersumbat oleh komedo dan menjadi penyebab wajah kusam. 

Prosedur ekstraksi komedo hitam atau putih dilakukan menggunakan alat khusus (round loop extractor).

Prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau terapis profesional terlatih untuk mengeluarkan sumbatan pori-pori wajah tanpa melukai kulit. 

Jika dilakukan oleh ahlinya dengan tepat, pengangkatan komedo manual cukup efektif sebagai cara menghilangkan komedo hitam di wajah yang membandel.

Kendati demikian, manfaat ini tidak bisa didapat bila melakukan facial wajah di rumah.

4. Mengangkat sel-sel kulit mati

Tumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat kulit wajah kering dan kasar. Jika ada produksi minyak berlebih dan bakteri yang menyebabkan peradangan maka akan terbentuk jerawat. 

Walaupun langkah ini bisa dilakukan di rumah, facial wajah di salon kecantikan bisa membantu proses pengangkatan sel-sel kulit mati menjadi lebih maksimal. 

Terkadang, proses ini disertai dengan prosedur chemical peeling untuk membersihkan permukaan kulit secara menyeluruh sehingga sel-sel baru yang terdapat pada lapisan kulit berikutnya dapat menggantikan sel kulit yang lama. Dengan begitu, penggunaaan produk perawatan kulit yang Anda gunakan dapat menyerap dengan sempurna. 

5. Membuat kulit lembut dan cerah bercahaya

Manfaat facial wajah juga dapat membuat kulit lebih lembut dan cerah bercahaya. Hal ini karena dokter estetika biasanya menyiapkan pemakaian masker untuk melembapkan kulit dan menghaluskan pori-pori kulit. 

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Pijatan saat facial wajah bisa meredakan stres
Sirkulasi darah pada kulit menjadi lancar berkat facial

Tahukah Anda bahwa manfaat facial juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah? Ya, dengan adanya pijatan yang dilakukan selama proses facial, sirkulasi darah pada kulit bisa menjadi lancar. 

Hal ini juga dapat membuat sel tubuh mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan demikian, kesehatan wajah akan terawat.

7. Meredakan stres dan membuat rileks

Pijatan saat facial muka ternyata dapat meredakan stres dan membuat rileks. Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Biomedical Research, facial massage atau pijat wajah mampu mengaktifkan sistem saraf simpatik. 

Dengan begitu, tingkat kecemasan akan berkurang sehingga meningkatkan suasana hati (mood). 

BACA JUGA: Manfaat Facial Massage untuk Kesehatan Kulit

Apakah facial boleh dilakukan saat kulit berjerawat?

Manfaat facial wajah bukan mengobati jerawat
Facial wajah sebaiknya tidak dilakukan saat berjerawat

Anda mungkin sering mencari jenis facial yang cocok untuk jerawat. Facial saat wajah berjerawat sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Meski begitu, perhatikan dulu seberapa parah jerawat yang dialami. 

Pasalnya, manfaat facial bukan untuk mengobati jerawat. Facial wajah bertujuan untuk membersihkan wajah serta mengangkat sel kulit mati dan komedo. 

Itu artinya jenis jerawat meradang, bahkan yang memerah atau bernanah, tidak disarankan untuk melakukan facial muka. 

Jika facial saat wajah berjerawat, bahkan dilakukan secara berlebihan atau kasar, kulit bisa memerah dan berpotensi memperparah kondisi jerawat yang dialami. 

Maka, alangkah baiknya selesaikan pengobatan jerawat terlebih dulu dan tunggu sampai kondisi kulit membaik, baru facial dilakukan. 

BACA JUGA: Rekomendasi Klinik Kecantikan di Jakarta 

Hal yang boleh dilakukan sebelum dan sesudah facial

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah facial wajah, yakni:

  • Cari dokter estetika atau salon kecantikan yang terpercaya. Konsultasikan dengan dokter dulu sebelum memutuskan melakukan facial. Beri tahu jenis dan kondisi kulit terkini untuk mengetahui jenis facial yang cocok dilakukan. Tanyakan pula mengenai anjuran dan pantangan setelah facial wajah. 
  • Selalu beri tahu dokter atau terapis mengenai riwayat alergi yang mungkin dialami. Jika sedang melakukan pengobatan atau perawatan kulit tertentu, tak ada salahnya memberi tahu dokter saat sesi konsultasi. 
  • Beri tahu dokter bila Anda sedang hamil. Dokter mungkin akan memberikan rekomendasi facial saat hamil yang cenderung lebih aman. 
  • Jangan lakukan facial bila ada luka terbuka atau luka bakar di wajah. Anda boleh melakukannya setelah luka pulih.
  • Hindari beraktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung setelah facial. Selalu gunakan sunscreen serta topi dan payung bila perlu selama beberapa pekan setelah facial wajah. 
  • Hindari cuci muka dengan sabun pembersih wajah setidaknya 1-2 kali setelah facial. 

Umumnya, risiko efek samping facial wajah yang mungkin dialami adalah membuat kulit menjadi kemerahan, memar, sensasi rasa terbakar atau tertusuk-tusuk, hingga sensitif terhadap cahaya. 

Kondisi ini tergolong normal. Namun, bila terjadi selama beberapa minggu setelah facial, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. 

Pesan dari SehatQ

Perawatan kecantikan apa pun, termasuk facial, yang dilakukan oleh ahlinya tentu dapat memberikan manfaat. Terlebih, bila dilakukan secara rutin. Sebaliknya bila dilakukan sembarangan atau tanpa pengawasan, facial wajah justru dapat berisiko. 

Untuk itu, pastikan Anda melakukan facial di salon atau klinik kecantikan terpercaya yang diawasi oleh ahlinya. Dengan demikian, risiko efek samping berbahaya dapat dicegah. 

Anda juga dapat bertanya dengan dokter mengenai manfaat, risiko, serta hal-hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah facial melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Pastikan unduh aplikasinya di App Store dan Google Play.

Advertisement

perawatan wajahkulit sehatkesehatan kulitkulit dan kecantikan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved