Manfaat Cuka Apel untuk Wajah Ternyata Beragam, Ini Buktinya

Jangan lewatkan manfaat cuka apel untuk wajah yang beragam
Manfaat cuka apel untuk wajah ada beragam mulai dari menghilangkan jerawat hingga mengatasi hiperpigmentasi

Jika sering berselancar di dunia maya untuk mencari solusi mendapatkan kulit yang sehat, Anda pasti sudah tidak asing dengan cuka apel. Manfaat cuka apel untuk wajah sudah sering disebut.

Namun, benarkah bahan ini benar-benar efektif untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus dan cerah? Pasalnya, di balik banyaknya pendapat orang mengenai cuka apel, penelitian ilmiah mengenai manfaat cuka apel untuk wajah, memang belum banyak dilakukan.

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan cuka apel untuk membuat kulit wajah menjadi lebih berseri, ada baiknya Anda pahami dulu seluk beluk penggunaan cuka apel untuk wajah, berikut ini.

Kandungan cuka apel yang baik untuk kulit

Seolah sedang menjadi primadona, penggunaan cuka apel untuk kesehatan kulit, maupun untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, saat ini sedang marak.

Banyak orang mengklaim bahwa mereka mendapatkan berbagai manfaat setelah mengonsumsi cuka apel atau menggunakannya sebagai bahan oles di kulit.

Penelitian mengenai manfaat cuka apel untuk wajah memang belum banyak dilakukan. Namun, ada bahan-bahan di dalam cuka apel berikut ini yang dipercaya baik untuk kesehatan kulit, seperti:

• Asam asetat

Asam asetat disebut memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Sehingga, saat digunakan secara topikal (dioles), cuka apel dianggap dapat menghilangkan bakteri penyebab penyakit kulit, termasuk jerawat dan eksim.

• Asam sitrat

Asam sitrat masuk ke dalam golongan asam alfa hidroksi (AHA). Pada banyak produk kecantikan, AHA sering digunakan untuk membantu mempercepat penggantian sel kulit mati, dan mengatasi keriput serta bintik hitam di wajah.

Kedua bahan ini, bisa ditemukan pada cuka apel yang dosisnya lebih tinggi, maupun pada cuka jenis lain.

Manfaat cuka apel untuk wajah

Masih ada pro dan kontra seputar manfaat cuka apel untuk wajah. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin membuktikan sendiri, efek bahan yang satu ini terhadap kulit Anda. Namun ingat, lakukanlah dengan hati-hati.
Berikut manfaat yang dipercaya bisa Anda dapatkan dari menggunakan cuka apel untuk kulit wajah.

1. Mengatasi jerawat

Menggunakan cuka apel, dipercaya dapat membantu menghilangkan sumbatan di pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat. Manfaat ini didapatkan dari kandungan AHA yang ada di dalamnya. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

2. Memudarkan keriput

Menggunakan cuka apel sebagai toner, dapat membantu mencegah terbentuknya keriput. Sebab, penggunaan toner bermanfaat untuk mengencangkan kulit dan melindunginya dari zat-zat berbahaya yang ada di udara.

Untuk membuat toner dari cuka apel, Anda cukup mencampurkan cuka apel dengan air bersih dengan perbandingan 1:2. Jika kulit Anda sensitif, perbanyak jumlah air.

Setelah dicampurkan, Anda dapat mengoleskan toner tersebut ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.

3. Menghilangkan kutil

Kutil atau “daging tumbuh” bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Ada yang berbahaya, seperti akibat infeksi virus HPV, namun ada juga yang tidak berbahaya.

Jika Anda sering melihat kutil di area leher atau wajah, bisa jadi benjolan tersebut sebenarnya adalah kulit yang tumbuh secara berlebih, dan dapat ditemukan pada semua bagian tubuh.

Pada kutil atau skin tags yang bukan disebabkan oleh virus, penggunaan cuka apel dipercaya dapat membuatnya menjadi kering dan terlepas dengan sendirinya.

4. Membantu pengelupasan sel kulit mati

Cuka apel mengandung bahan yang bisa memicu pengelupasan sel kulit mati di wajah. Pengelupasan sel kulit mati penting terjadi, agar sel kulit yang baru dapat terus regenerasi.

5. Perawatan setelah terpapar sinar matahari

Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat cuka apel untuk wajah yang satu ini. Namun, tidak sedikit orang yang sudah mencoba melarutkan cuka apel dengan air dan mengoleskannya ke wajah sebagai langkah perawatan setelah terpapar sinar matahari.

6. Membantu mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi perubahan warna kulit akibat produksi melanin berlebih. Orang yang mengalami hiperpigmentasi, kulitnya bisa terlihat belang.

Kandungan asam asetat dalam cuka apel, disebut dapat membantu memudarkan kondisi ini. Untuk mencerahkan kulit yang gelap akibat hiperpigmentasi, langkah-langkah ini bisa Anda lakukan.

  • Campur air dengan cuka apel, dengan perbandingan 1:1.
  • Oleskan campuran tersebut di bagian kulit yang terlihat gelap.
  • Diamkan selama 2-3 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Ulangi 2-3 kali sehari, hingga hasil yang diinginkan tercapai.

7. Menghilangkan kemerahan di wajah

Kulit kemerahan di wajah, bisa muncul karena berbagai hal, termasuk infeksi bakteri. Sifat antimikroba yang ada pada cuka apel, disebut berpotensi untuk membantu meredakan kondisi ini.

8. Mengatasi spider veins

Spider veins adalah kondisi pecahnya pembuluh darah vena yang membuat aliran darah terlihat jelas di permukaan kulit kaki atau wajah. Pada kondisi ini, gunakan cuka apel sebagai astringent, untuk mengencangkan kulit.

Kulit yang kencang akan membantu memudarkan penampakan pembuluh darah yang pecah. Anda dapat mengoleskan cuka apel menggunakan kapas steril, ke area yang mengalami kondisi ini.

9. Memudarkan bekas luka

Manfaat cuka apel untuk wajah salah satunya adalah untuk membantu memudarkan bekas luka. Dapatkan manfaat ini dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Larutkan 2 sendok makan cuka apel dengan 4 sendok makan air steril.
  • Celupkan kapas ke campuran tersebut lalu oleskan ke bekas luka di wajah.
  • Biarkan kering.
  • Lakukan langkah ini setiap malam sebelum tidur, dan cuci wajah Anda keesokan paginya.

Bagi beberapa orang, cuka apel bisa menimbulkan iritasi kulit. Sehingga, sebelum menjalankan metode ini, tes terlebih dahulu ke kulit Anda dan diamkan selama beberapa menit. Jika kulit terasa perih, gatal, atau merah, sebaiknya hentikan penggunaan.

Efek samping penggunaan cuka apel untuk wajah

Meski alami, cuka apel juga bisa menimbulkan efek samping untuk kulit Anda. Jika penggunaanya dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai anjuran, cuka apel bisa menyebabkan iritasi dan kulit terasa terbakar.

Jika mulai merasakan efek samping tersebut, segera hentikan penggunaannya dan periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis kulit. Dokter akan memberikan diagonosis serta perawatan yang paling tepat, sesuai kondisi Anda.

Catatan dari SehatQ

Mengambil manfaat cuka apel untuk wajah memang tidak ada salahnya. Namun, Anda perlu perhatikan cara penggunaanya secara seksama, begitu pun dengan efek samping yang mungkin timbul.

Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan berbagai manfaat cuka apel untuk wajah. Sehingga, cara yang paling aman untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit Anda adalah dengan mengunjungi dokter spesialis kulit.

Healthline. https://www.healthline.com/health/apple-cider-vinegar-for-face
Diakses pada 30 September 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/apple-cider-vinegar-good-your-skin/
Diakses pada 30 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324184.php
Diakses pada 30 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation
Diakses pada 30 September 2019

Healhtline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-rashes#apple-cider-vinegar
Diakses pada 30 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321387.php
Diakses pada 30 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars#takeaway
Diakses pada 30 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed