6 Manfaat Clover Honey yang Manis dan Menyehatkan


Berbeda dengan madu lainnya, clover honey berwarna lebih cerah dengan rasa yang lebih ringan. Bahkan tak hanya manis, madu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

(0)
03 Apr 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Clover honey memiliki rasa yang ringan dan berwarna lebih terangClover honey memiliki warna yang lebih terang dari jenis madu lainnya
Clover honey semakin populer karena rasanya yang sangat manis dan beraroma bunga. Berbeda dengan pemanis lainnya, pemanis alami ini juga kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh.Selain rasanya yang manis, madu ini juga dipercaya memiliki berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah antioksidan, yang dikenal dapat memberikan manfaat bagi tubuh Anda.

Nutrisi yang terkandung dalam clover honey

Clover honey adalah salah satu jenis madu yang dibuat oleh lebah madu yang memakan nektar (sari bunga) tanaman semanggi. Berbeda dengan madu lainnya, madu ini memiliki warna yang lebih terang, rasa yang lebih ringan, serta wangi seperti bunga.Banyak orang yang menjadikan madu ini sebagai pemanis teh, kopi, dan hidangan penutup. Meski kandungan gulanya tinggi, madu ini mengandung beragam nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut nutrisi yang terkandung dalam 1 sdm clover honey:
  • 60 kalori
  • 0 gram lemak
  • 0 gram protein
  • 17 gram karbohidrat
  • Magnesium
  • Kalium 
  • Zat besi
  • Zinc
  • Tembaga
  • Mangan
  • Kalsium
  • Vitamin B
  • Vitamin C.
Selain itu, madu ini juga mengandung antioksidan polifenol dan hidrogen peroksida. Satu hal yang perlu dicatat, clover honey tidak mengalami pemanasan, pemrosesan, atau pasteurisasi sehingga sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya dipertahankan.

Manfaat clover honey

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, berikut manfaat clover honey yang sayang untuk Anda lewatkan:
  • Menyembuhkan luka dan masalah kulit

Clover honey memiliki efek antivirus dan antibakteri. Sebuah studi menunjukkan bahwa varietas madu ini memiliki sifat antibakteri yang paling kuat terhadap bakteri Staphylococcus aureus daripada jenis-jenis madu lainnya. Sifat antibakteri ini juga efektif mempercepat penyembuhan luka jika dikonsumsi. Namun jangan dioleskan pada luka terbuka. Dalam sebuah studi yang berlangsung selama 3 bulan, clover honey digunakan untuk pengobatan kaki 30 penderita diabetes. Hasilnya menunjukkan bahwa 43 persen luka sembuh sepenuhnya dan 43 persen lainnya berkurang secara signifikan. Sifat antivirus yang dimiliki madu ini juga sangatlah baik. Sebuah studi tabung menemukan bahwa mengaplikasikan larutan clover honey 5 persen pada kulit yang terinfeksi virus cacar dapat menurunkan tingkat kelangsungan hidup virus tersebut.
  • Meredakan batuk

Mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda jika madu, termasuk clover honey, dapat meredakan batuk. Sifat antivirus, antibakteri, maupun antiperadangan yang dimilikinya dapat membantu Anda melawan penyebab batuk tersebut. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga bisa membuat tubuh Anda lebih segar dan berenergi.
  • Mencegah stres oksidatif

Sebuah studi menemukan bahwa clover honey mengandung sejumlah antioksidan polifenol yang kuat. Antioksidan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas sehingga mencegah terjadinya stres oksidatif yang memicu berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, atau kerusakan hati. Selain itu, antioksidannya juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta memperkuat sistem saraf pusat.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Sifat antibakteri clover honey sebagian besar berasal dari hidrogen peroksida. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu memerangi kontaminasi asing yang masuk ke dalam tubuh. Ditambah lagi dengan antioksidan yang ada di dalamnya, tentu dapat memberi efek yang baik pada sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan potasium, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam clover honey dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sehingga membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Di samping itu, risiko Anda terkena penyakit jantung koroner, aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke pun menurun. 
  • Mengendalikan diabetes

Meski clover honey memiliki jumlah gula yang sama dengan madu biasa, namun ini menjadi pilihan yang baik daripada pemanis lainnya. Sebab pemanis yang lain memiliki dampak yang lebih signifikan terhadap kadar gula darah. Sebuah penelitian pada 80 anak mengamati bahwa satu dosis madu menimbulkan respon gula darah yang lebih kecil daripada gula biasa dengan dosis yang sama. Meski begitu, asupannya tetap harus dibatasi agar tidak terjadi lonjakan gula darah.Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi clover honey, Anda bisa membelinya di toko swalayan ataupun secara daring. Anda dapat menambahkan madu ini ke dalam teh, kue, roti, puding, ataupun salad, untuk menambahkan rasa manis yang khas. Selain manis dan lezat, madu ini juga menyehatkan jadi tak ada salahnya mencoba.
herbalhidup sehatmadu
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/clover-honey#bottom-line
Diakses pada 19 Maret 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/clover-honey.html
Diakses pada 19 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait