7 Manfaat Clay Mask, Layak Masuk dalam Rangkaian Perawatan Kulit


Sejak berabad silam, orang banyak menggunakan bahan clay seperti dari kaolin atau bentonit untuk menyehatkan kulit hingga rambut. Salah satu manfaat clay mask adalah menyerap kelebihan minyak hingga mencegah jerawat.

(0)
28 Mar 2021|Azelia Trifiana
Clay mask bermanfaat menjaga kulit wajah dari jerawatClay mask bermanfaat menjaga kulit wajah dari jerawat
Sejak berabad silam, orang banyak menggunakan bahan clay seperti dari kaolin atau bentonit untuk menyehatkan kulit hingga rambut. Salah satu manfaat clay mask adalah menyerap kelebihan minyak hingga mencegah jerawat.Berbeda dengan overnight mask yang digunakan semalaman, masker yang satu ini perlu dibilas setelah didiamkan sekitar 15-20 menit. Apabila menemukan jenis masker yang sesuai dengan kebutuhan kulit, layak masuk dalam rangkaian perawatan kulit Anda.

Manfaat clay mask untuk kulit

Beberapa manfaat dari menggunakan clay mask untuk kulit adalah:

1. Mencegah jerawat

Potensi dari masker tanah liat ini adalah menyerap kelebihan minyak di kulit. Dengan demikian, kemungkinan terbentuknya jerawat akibat tersumbatnya pori pun berkurang.Namun bagi yang memiliki keluhan jerawat kistik, ada baiknya berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter untuk tahu opsi perawatan yang paling tepat. Masker tanah liat tidak akan ampuh menangani cystic acne karena ada faktor lain yaitu hormonal.

2. Mencegah terbentuknya komedo

Selain jerawat, clay mask juga bisa mencegah terbentuknya komedo yang juga terjadi karena penumpukan kotoran dan minyak di pori-pori. Untuk mendapatkan manfaat paling efektif, campurkan clay mask dan air hangat.Adanya uap dan panas dari campuran ini akan membantu membuka pori-pori dan melepaskan kelebihan minyak dan kotorannya.

3. Cocok untuk kulit berminyak

Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, ada baiknya mencoba clay mask 1-2 kali dalam seminggu untuk membantu menyerap kelebihan minyak. Ada banyak pilihan masker yang bisa disesuaikan dengan keluhan dan kondisi kulit masing-masing.

4. Mengobati masalah kulit

Beragam masalah kulit seperti psoriasis, eksim, dan rosacea bisa mereda dengan mengaplikasikan masker clay. Dalam sebuah studi tahun 2017, lotion yang mengandung bentonite clay dapat meredakan gejala dermatitis akibat poison ivy. Namun untuk masalah lain seperti psoriasis dan rosacea, masih perlu penelitian lebih lanjut.Selain itu, mengaplikasikan bentonite pada ruam popok juga dianggap cukup efektif dibandingkan dengan menggunakan bahan calendula.

5. Mencegah tanda-tanda penuaan

Menariknya, ada pula penelitian pada hewan laboratorium yang menyebutkan clay mask membantu produksi serat kolagen. Adanya zat ini membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. Tak hanya itu, kolagen juga membantu agar kulit menjadi lebih kencang.

6. Menjaga kelembapan kulit

Meski cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak, clay mask juga bisa digunakan pemilik kulit kering. Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa ketika masker ini mengeras, akan terbentuk lapisan film yang membantu menjaga kelembapan kulit.Meski demikian, penelitian itu menemukan bahwa penggunaan jangka pendek tidak akan memberikan perubahan signifikan pada kelembapan kulit. Justru, menggunakan clay mask terlalu sering akan membuat kulit menjadi lebih kering.

7. Baik untuk rambut

Selain untuk kulit, masker jenis ini juga bisa digunakan untuk rambut. Ada klaim bahwa manfaatnya bisa mengobati ketombe, rambut kering, rambut bercabang, atau rambut yang rusak karena sering terkena panas saat perawatan.

Adakah efek sampingnya?

Secara umum, jarang muncul efek samping setelah mengaplikasikan masker clay ke kulit. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah durasi dan frekuensi pemakaiannya. Sebaiknya jangan terlalu sering, amannya adalah 1-3 kali per minggu bergantung pada kondisi kulit.Sementara untuk durasi, jangan lebih dari 20 menit karena dikhawatirkan menyebabkan iritasi. Setiap produk punya instruksi penggunaan yang berbeda, jadi ikuti petunjuk di kemasannya.Lebih jauh lagi, efek samping yang mungkin muncul adalah:
  • Kulit kering
  • Kulit gatal
  • Kulit kemerahan
  • Muncul ruam

Cara menggunakan clay mask yang tepat

Produk clay mask banyak dijual di pasaran. Untuk menggunakannya, secara umum caranya adalah:
  1. Keluarkan secukupnya dari kemasan
  2. Oleskan secara merata di kulit, mulai dari leher hingga ke atas
  3. Diamkan selama sekitar 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat atau handuk basah
Bagi yang baru mencoba pertama kali, perhatikan apakah ada reaksi iritasi di kulit. Apabila dirasa mengganggu, sebaiknya jangan melanjutkan sebelum ke pemakaian selanjutnya.Kenali kondisi kulit dan keluhannya agar bisa tahu jenis clay mask dan cara penggunaan yang tepat. Di sisi lain, apabila tidak ada keluhan apapun, ritual satu ini bisa masuk dalam rangkaian skincare Anda.
perawatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/clay-mask-benefits#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 14 Maret 2021
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/318508286_Characterization_and_Short-Term_clinical_study_of_clay_facial_mask
Diakses pada 14 Maret 2021
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/318508286_Characterization_and_Short-Term_clinical_study_of_clay_facial_mask
Diakses pada 14 Maret 2021
Iranian Journal of Public Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5632318/ 
Diakses pada 14 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait