Manfaat Caviar, Telur Ikan yang Identik dengan Makanan Mahal

Manfaat caviar berhubungan dengan kandungan omega-3-nya yang tinggi
Caviar berbentuk seperti bola kecil berwarna hitam

Tidak semua orang pernah makan caviar menyusul harganya yang sangat mahal bahkan bisa mencapai US$ 35 ribu per kilo. Dengan harga semahal itu, adakah manfaat caviar bagi kesehatan? Ataukah makanan ini hanya dikonsumsi karena gengsi belaka?

Apa itu caviar?

Caviar bukanlah telur ikan biasa, melainkan telur dari ikan sturgeon, yakni ikan air asin yang bermigrasi ke air tawar hanya untuk bertelur. Ikan sturgeon berasal dari Laut Hitam atau Laut Kaspia yang terletak di antara Eropa dan Asia, juga pesisir Atlantik selatan Amerika Serikat.

Jika Anda makan di restoran sushi, Anda mungkin familiar dengan telur ikan salmon, trout, dan ikan terbang. Namun, telur ikan tersebut tidak masuk kategori caviar meski memiliki bentuk, warna, bahkan rasa yang mirip dengan caviar.

Ikan sturgeon memiliki 27 spesies, namun terdapat lima jenis caviar yang paling banyak dikonsumsi, yaitu:

  • Caviar beluga: caviar inilah yang paling dicari orang karena sifat caviarnya yang kaya rasa dan tidak berbau amis. Warna caviar beluga memiliki rentang antara abu-abu hingga hitam pekat atau disebut juga black caviar.
  • Caviar sevruga: merupakan caviar yang juga sering dicari karena rasa menteganya yang khas dengan bentuk caviar yang kecil dan berwarna keabu-abuan. Caviar ini didapat dari 3 jenis ikan sturgeon, yakni sevruga, sterlet, dan Siberian sturgeon.
  • Caviar kaluga: caviar ini bentuknya besar dan rasanya mirip dengan caviar beluga. Perbedaannya adalah caviar kaluga lebih lembut dan memiliki rasa yang sedikit asin mirip rasa mentega.
  • Caviar osetra: memiliki bentuk yang sedikit lebih kecil dari caviar beluga, caviar osetra berwarna cokelat hingga keemasan dan rasa yang asin seperti air laut. Harga caviar osetra akan semakin mahal jika ikan itu semakin tua dan berat caviarnya semakin ringan.
  • Caviar Amerika: ini adalah sebutan untuk caviar dari ikan jenis sturgeon danau, Atlantik liar, dan sturgeon putih.

Karena harganya yang mahal, caviar biasanya diolah menjadi salad atau topping. Porsinya pun hanya sedikit, yakni sekitar satu sendok teh atau satu sendok makan saja.

Kandungan gizi pada caviar

Caviar merupakan makanan yang kaya akan kolin dan asam omega-3. Dalam satu sendok makan caviar (14,3 gram) terdapat 1.086 mg omega-3 atau sekitar 6.786 mg per 100 gram sajiannya.

Selain itu, Food Data Central juga merilis beberapa kandungan lain dalam 16 gram caviar (1 sendok makan), yaitu:

  • Energi 42,2 kalori
  • Protein 3,49 gram
  • Kalsium 44 mg
  • Magnesium 44 mg
  • Fosfor 57 mg.

Meski memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, Anda tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi caviar. Padalnya, telur ikan ini juga tinggi akan kandungan sodium dan kolesterolnya, yakni masing-masing 240 mg dan 94,1 mg per 1 sendok makan.

Manfaat caviar untuk kesehatan

Berdasarkan kandungan di atas, manfaat caviar untuk kesehatan antara lain adalah:

  • Mengurangi rheumatoid arthritis

Manfaat caviar ini datang dari kandungan omega-3 yang memang diketahui banyak terdapat pada ikan maupun telur ikan pada umumnya.

  • Mencegah penurunan fungsi otak

Beberapa jenis caviar juga mengandung asam lemak lain yang menyehatkan, seperti EPA, DHA, dan DPA. Kandungan ini menghadirkan manfaat caviar untuk melawan penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia sekaligus merangsang regenerasi sel agar otak semakin sehat.

  • Menyehatkan mata

Manfaat caviar juga dapat dirasakan oleh anak-anak karena kandungan DHA dan EPA tadi. Keduanya dapat memaksimalkan perkembangan penglihatan pada bayi sekaligus menaikkan fungsi retina pada anak-anak.

Orang yang kurang mengonsumsi makanan mengandung omega-3 juga berisiko tinggi mengalami kerusakan mata akibat faktor usia, seperti retinopati diabetik dan sindrom mata kering.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-omega-3-rich-foods
Diakses pada 25 Maret 2020

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/fish-egg-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4163031
Diakses pada 25 Maret 2020

FDC. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/337877/nutrients
Diakses pada 25 Maret 2020

The Spruce Eats. https://www.thespruceeats.com/what-is-caviar-1807004
Diakses pada 25 Maret 2020

Masterclass. https://www.masterclass.com/articles/what-is-caviar#5-different-types-of-caviar
Diakses pada 25 Maret 2020

Artikel Terkait