logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Hidup Sehat

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan dan Lingkungan

open-summary

Beberapa potensi manfaat cacing tanah untuk kesehatan adalah membantu mengatasi penyakit tipes, meredakan peradangan dalam tubuh, mengobati diare, hingga mengendalikan gula darah.


close-summary

Ditinjau secara medis oleh dr. Karlina Lestari

12 Apr 2023

Manfaat cacing tanah untuk kesehatan cukup beragam

Manfaat cacing tanah dipercaya dapat mengatasi penyakit tipes

Table of Content

  • Manfaat cacing tanah untuk kesehatan
  • Manfaat cacing tanah untuk lingkungan
  • Cara mengonsumsi cacing tanah

Cacing tanah umumnya ditemukan dalam tanah yang lembap dan gembur. Bentuk cacing ini cenderung panjang dengan tekstur yang lunak. Walaupun terlihat menjijikan bagi sebagian orang, disinyalir ada sejumlah manfaat cacing tanah untuk kesehatan. 

Advertisement

Manfaat cacing tanah untuk kesehatan

Mulai dari mengatasi tipes hingga mengendalikan gula darah, berikut adalah berbagai potensi manfaat cacing tanah untuk kesehatan.

1. Mengatasi penyakit tipes

Obat cacing untuk tipes bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ekstrak cacing tanah ini dimasukkan ke dalam kapsul dan direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita tipes (demam tifoid).

Cacing tanah dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit tipes karena menghasilkan enzim lysosomal (lisozim). Enzim ini dinilai mampu menghasilkan antibakteri dan melindungi tubuh dari serangan mikroba patogen.

Selain itu, cacing tanah menghasilkan zat pengendali bakteri yang disebut lumbricin. Secara in vitro (uji tabung), senyawa ini terbukti dapat menghambat bakteri, seperti Escherichia coli, Salmonella, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus aureus.

Meskipun demikian, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba kapsul cacing tanah untuk tipes.

2. Sumber nutrisi

Dilansir dari NPR, cacing tanah disebut sebagai superfood berkat kandungan nutrisinya yang melimpah. 

Kandungan cacing tanah disebut tinggi akan protein, zat besi, dan asam amino yang dapat membantu memecah makanan sekaligus memperbaiki jaringan tubuh. Ada pula kandungan tembaga, mangan, dan zinc di dalamnya. 

Cacing tanah juga disebut sebagai sumber kalsium. bahkan kandungan kalsiumnya dianggap setara dengan keju segar atau susu sapi.

3. Mengatasi diare

diare
Cacing tanah disebut berpotensi dalam mengatasi diare

Ada pula potensi manfaat cacing tanah dalam mengatasi diare. Manfaat ini terkait dengan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan bakteri E. coli yang telah terbukti lewat penelitian.

Maka dari itu, cacing tanah (dalam bentuk air rebusan) dapat dimanfaatkan sebagai alternatif obat diare. 

Akan tetapi, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mencoba manfaat air cacing ini.

4. Meredakan peradangan

Inflamasi atau peradangan yang terjadi secara berlebihan bisa merusak jaringan tubuh. Ternyata, ada pula fungsi cacing tanah yang membantu meredakan masalah ini.

Berdasarkan penelitian pada tikus, serbuk cacing tanah memiliki aktivitas antiradang karena mampu mengurangi volume edema (pembengkakan jaringan tubuh akibat penumpukan cairan) pada kaki tikus.

Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan efektivitas manfaat cacing tanah bagi manusia ini.

5. Mengendalikan gula darah

Penderita diabetes juga dapat mencoba cacing tanah karena ada potensi manfaat dalam membantu mengendalikan kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa seduhan serbuk cacing tanah jenis Lumbricus rubellus dapat menurunkan kadar glukosa darah pada tikus betina dengan diabetes sebesar 29,53 persen dibandingkan dengan pemberian air suling.

Temuan tersebut membuat serbuk cacing tanah disebut memiliki efek sebagai antihiperglikemia. Namun, lagi-lagi dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memvalidasi klaim ini.

Itulah beberapa khasiat cacing tanah untuk kesehatan tubuh. 

Walaupun dianggap berkhasiat, pastikan keamanan kondisi Anda terlebih dahulu dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya untuk mencegah efek samping yang berbahaya.

Selain itu, konsumsi cacing tanah hanya merupakan terapi alternatif saja, bukan sebagai pilihan pengobatan yang utama.

Manfaat cacing tanah untuk lingkungan

Cacing tanah memiliki peran yang penting untuk lingkungan. Bersama dengan bakteri dan jamur, cacing ini dapat menguraikan bahan organik.

Fungsi cacing tanah lainnya adalah meningkatkan unsur hara dengan memasukkan bahan organik ke dalam tanah, serta membuka unsur hara yang terkandung dalam organisme yang mati atau materi tanaman.

Nutrisi, seperti fosfor dan nitrogen, lebih mudah tersedia bagi tanaman setelah dicerna oleh cacing tanah dan diekskresikan dalam kotorannya.

Selain itu, cacing tanah dapat meningkatkan drainase atau penyaluran air tanah dengan membuat pori-pori di dalam tanah.

Baca Juga

  • Mengenal Pengertian dan Manfaat Bakteri dalam Tubuh
  • Mengenal Pengertian Sanitasi dan Manfaatnya untuk Kesehatan
  • 5 Cara Pulihkan Tenaga dan Hilangkan Lemas Setelah Tipes

Cara mengonsumsi cacing tanah

Jika Anda ingin mencoba cacing tanah, pastikan Anda memperolehnya dari sumber yang benar-benar bersih dan tanahnya tidak terkontaminasi. 

Selanjutnya, olah dengan merebusnya beberapa kali untuk menghilangkan lendir dari cacing tanah.

Rebusan cacing tanah juga bisa dijadikan makanan seperti bakso, ditumis dengan bawang, atau dikonsumsi bersama dengan daging sapi.

Anda juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk bubuk atau ekstrak yang dikeringkan. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan (jika ada) ataupun atas persetujuan dokter.

Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan, Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ

Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

Advertisement

diaregula darahtipesinfeksi cacing

Ditulis oleh Dina Rahmawati

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved