Manfaat Buteyko Breathing untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya dengan Benar


Buteyko breathing adalah salah satu teknik pernapasan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan. Selain itu, teknik pernapasan ini juga berguna untuk meningkatkan kualitas tidur, mengatasi asma, hingga meringankan gejala ETD.

0,0
Buteyko breathing adalah salah satu teknik pernapasan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasanButeyko breathing membantu Anda menstabilkan pola pernapasan
Kecemasan kerap kali memicu kemunculan gejala yang berpengaruh buruk terhadap kondisi fisik, psikologis, dan aktivitas penderitanya. Untuk mengatasi gejala dengan cepat, beberapa tindakan dapat dilakukan, salah satunya menerapkan teknik pernapasan dalam.Dari berbagai macam teknik pernapasan dalam, Buteyko breathing bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi kecemasan. Tak hanya itu, teknik pernapasan ini juga memberi banyak manfaat untuk kesehatan, terlebih bagi penderita asma.

Apa itu Buteyko breathing?

Buteyko breathing adalah teknik pernapasan dalam yang diciptakan oleh seorang dokter asal Ukraina bernama Konstantin Buteyko pada tahun 1950-an. Teknik pernapasan ini bermanfaat untuk mengontrol kecepatan dan volume napas Anda. Dengan begitu, orang yang melakukan teknik pernapasan Buteyko dapat belajar bernapas lebih lambat, tenang, dan efektif.Meski memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, tidak semua orang diperbolehkan untuk menerapkan Buteyko breathing. Anda sebaiknya menghindari teknik pernapasan ini jika menderita kondisi-kondisi seperti:
  • Hipertensi
  • Sakit jantung
  • Epilepsi
  • Masalah medis yang serius
Apabila Anda merupakan orang-orang dengan kondisi di atas dan ingin menerapkan Buteyko breathing, berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter. Langkah ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Manfaat Buteyko breathing untuk kesehatan

Ada berbagai macam manfaat yang bisa Anda peroleh dari rutin melakukan Buteyko breathing. Manfaat tersebut tak hanya bisa dirasakan secara fisik, melainkan juga berdampak positif bagi psikologis orang yang melakukannya.Berikut ini sejumlah manfaat Buteyko breathing untuk kesehatan:

1. Mengatasi kecemasan

Buteyko breathing membantu Anda menstabilkan pola pernapasan. Teknik pernapasan ini juga berguna menyeimbangkan kadar karbon dioksida sekaligus mengurangi kecemasan yang Anda rasakan. Anda juga dapat menerapkannya untuk mengatasi serangan panik.

2. Mengatasi asma

Teknik pernapasan Buteyko bisa membantu mengatasi dan mengelola asma. Dalam sebuah penelitian berjudul “A randomised controlled trial of the Buteyko technique as an adjunct to conventional management of asthma”, disebutkan bahwa teknik ini bisa membantu penderita asma mengendalikan gejalanya dengan baik. Teknik ini juga mengurangi kebutuhan mereka akan terapi inhalasi kortikosteroid.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Buteyko breathing dapat membantu mengatasi masalah tidur. Beberapa masalah tidur yang bisa diatasi dengan teknik pernapasan ini antara lain dengkuran dan sleep apnea. Dengan begitu, kualitas tidur akan semakin meningkat.

4. Meringankan eustachian tube dysfunction (ETD)

Penelitian berjudul “Buteyko breathing technique for obstructive Eustachian tube dysfunction: Preliminary results from a randomized controlled trial” mengatakan, teknik pernapasan Buteyko efektif untuk mengatasi gejala ETD. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa orang dengan ETD kondisinya lebih cepat membaik setelah menerapkan teknik pernapasan ini.

Cara melakukan Buteyko breathing dengan benar

Untuk mendapatkan manfaat dari teknik pernapasan Buteyko secara maksimal, Anda harus memahami cara melakukannya dengan benar terlebih dahulu. Ada tiga tahapan yang harus dilakukan, di antaranya:

Preparation

  1. Duduk dengan nyaman di lantai atau kursi
  2. Pastikan Anda duduk dalam posisi postur tegak
  3. Buat otot-otot pernapasan rileks
  4. Bernapaslah dengan normal selama beberapa menit

Control pause

  1. Setelah mendapatkan pola pernapasan yang teratur, hembuskan napas dengan santai kemudian tahan
  2. Tahan napas hingga Anda merasakan adanya dorongan untuk bernapas
  3. Kembali bernapas dengan normal setidaknya selama 10 detik
  4. Ulangi langkah-langkah dalam tahapan ini selama beberapa kali

Maximum pause

  1. Jika Anda berhasil melewati control pause dengan baik, beralihlah ke maximum pause
  2. Keluarkan napas dengan santai, kemudian tahan
  3. Gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menutup hidung
  4. Tahan napas Anda selama mungkin (biasanya dua kali lebih lama dari tahapan control pause)
  5. Saat Anda mulai merasakan ketidaknyamanan, tarik napas
  6. Bernapaslah dengan normal setidaknya selama 10 detik
  7. Ulangi langkah-langkah dalam tahapan ini selama beberapa kali

Catatan dari SehatQ

Buteyko breathing adalah salah satu teknik pernapasan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan. Selain itu, teknik pernapasan ini juga berguna untuk meningkatkan kualitas tidur, mengatasi asma, hingga meringankan gejala ETD.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
gangguan kecemasan
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/how-do-i-perform-buteyko-breathing-200874
Diakses pada 19 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/asthma/buteyko-breathing-technique
Diakses pada 19 Juli 2021
Australian Nursing and Midwifery Journal. https://anmj.org.au/how-breathing-correctly-can-help-manage-stress-anxiety-and-panic/
Diakses pada 19 Juli 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/31130270/
Diakses pada 19 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait