5 Manfaat Bunga Rosella, Bunga Unik yang Bisa Diolah Menjadi Teh

Manfaat bunga rosella yang paling terkenal adalah mencegah kanker dan menyehatkan jantung
Bunga rosella memiliki bentuk unik dan berwarna merah menyala

Bosan minum teh tradisional yang itu-itu saja, seperti teh hijau, teh hitam, atau oolong? Sudah saatnya Anda mencoba teh yang bila diseduh berwarna merah menyala, yakni teh yang terbuat dari bunga rosella.

Rosella (Hibiscus sabdariffa) adalah tumbuhan jenis semak yang termasuk keluarga Malvaceae. Tumbuhan ini berasal dari Afrika, tapi kini sudah banyak dibudidayakan di wilayah tropis dan subtropis, seperti India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Banyak bagian dari tumbuhan rosella ini yang dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai olahan makanan, tapi bagian rosella yang paling populer dimanfaatkan adalah bunganya. Selain membuat warna makanan atau minuman jadi merah menyala, adakah manfaat bunga rosella untuk kesehatan?

Kandungan bunga rosella

Bunga rosella banyak diolah menjadi teh yang secara alami tidak mengandung kalori dan kafein, seperti teh tradisional pada umumnya. Warna merah pada bunga rosella dipercaya didapat dari kandungan antosianin (senyawa turunan polifenol) yang memang terdapat pada tumbuhan berwarna mencolok.

Selain kandungan di atas, manfaat bukan rosella juga datang karena adanya vitamin dan mineral di dalamnya. Dalam 57 gram bunga rosella terdapat 123 mg kalsium, 0,84 mg zat besi, 6,8 mg vitamin C, 29 mg magnesium, 6,45 g karbohidrat, 21 mg fosfor, 119 mg potasium, 0,016 mg vitamin B2, dan sedikit Vitamin A.

Manfaat bunga rosella untuk kesehatan

Kandungan-kandungan di atas mendatangkan manfaat bunga rosella untuk kesehatan manusia, antara lain:

  • Mencegah radikal bebas

Manfaat bunga rosella yang pertama dihasilkan oleh kandungan antioksidannya yang mampu melawan radikal bebas, salah satu faktor terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, ekstrak bunga rosella terbukti dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas hingga 92 persen.

Meski demikian, penelitian ini baru sebatas dilakukan pada tikus. Efektivitas antioksidan bunga rosella bagi manusia masih harus diteliti lebih jauh.

  • Mencegah kanker

Kandungan polifenol yang banyak terdapat pada tanaman hibiscus terbukti memiliki efek antikanker. Bahkan, tes laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak bunga rosella dapat menekan pertumbuhan sel kanker pada mulut dan plasma, mencegah penyebaran sel kanker prostat, serta mengurangi perkembangan sel kanker perut hingga 52 persen.

  • Menurunkan tekanan darah

Meminum teh bunga rosella dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, baik tekanan sistolik maupun diastolik. Penurunkan tekanan darah juga segaris dengan kesehatan jantung karena makin tinggi tekanan darah, makin rentan Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan jantung, seperti stroke dan serangan jantung.

Meskipun demikian, manfaat bunga rosella yang satu ini tidak bisa digabung dengan pemakaian obat penurun tekanan darah tinggi jenis hydrochlorotiazide. Pasalnya, obat jenis diuretik itu akan berinteraksi dengan kandungan yang terdapat dalam rosella.

  • Menstabilkan kolesterol

Konsumsi bunga rosella baik bagi jantung, bukan hanya karena dapat menurunkan tekanan darah, namun juga karena mampu menstabilkan kolesterol. Sebuah studi menemukan bahwa meminum teh bunga rosella dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

  • Menyehatkan hati

Salah satu studi yang dilakukan terhadap 19 orang yang mengalami kelebihan berat badan menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak bunga rosella selama 12 minggu beruntun dapat meningkatkan fungsi hati. Lebih tepatnya, kandungan dalam bunga rosella dapat memecah lemak pada hati sehingga menurunkan risiko terjadinya gagal hati.

Di mana Anda bisa mendapatkan olahan bunga rosella?

Jika Anda menanam sendiri bunga rosella, cukup petik beberapa bunga rosella lalu seduh dengan air panas. Diamkan selama 5 menit, kemudian saring bunganya, dan nikmati seperti Anda meminum seduhan daun teh. Untuk menyeimbangkan rasanya yang getir, Anda bisa menambahkan aromatik, seperti lemon atau jeruk nipis, maupun pemanis, seperti gula atau madu.

Bunga rosella yang sudah dikeringkan pun banyak dijual di toko online dengan harga mulai dari Rp9.000,- per 50 gram. Selain dalam bentuk bunga kering, rosella juga dijual dalam bentuk teh kantong maupun bubuk.

Ingat juga untuk tidak mengonsumsi bunga rosella berlebihan karena dikhawatirkan dapat merusak fungsi hati. Teh bunga rosella dikategorikan sebagai teh herbal sehingga jika Anda ingin menggunakannya bersamaan dengan obat lain, maka Anda perlu konsultasi dokter terlebih dahulu.

Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/roselle/
Diakses pada 16 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318120.php
Diakses pada 16 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/hibiscus-tea-benefits
Diakses pada 16 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed