Sering Dikonsumsi, 4 Manfaat Bunga Pepaya Ini Jarang Diketahui

(0)
09 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat bunga pepaya juga tidak kalah dari buahnyaBunga pepaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan
Bukan hanya buah dan daun pepaya yang dapat dijadikan sebagai makanan lezat dan bergizi, bunga pepaya pun memiliki fungsi yang sama. Sebetulnya, apa manfaat bunga pepaya ini sehingga Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya meski hanya sesekali?Bunga pepaya (Carica papaya) terdiri dari bunga jantan dan betina yang berfungsi sebagai pembuahan dalam pohon pepaya itu sendiri. Bunga jantan memiliki karakteristik bunga yang berbentuk panjang, langsing, tidak berputik, dan menggerombol dalam jumlah banyak.Sementara bunga betina memiliki bentuk yang pendek, jumlah bunga yang sedikit, memiliki putik, namun tanpa benang sari.

Kandungan dan manfaat bunga pepaya untuk kesehatan

Sama seperti daun pepaya, bunga pepaya juga meninggalkan rasa pahit di lidah sehingga mungkin tidak populer dikonsumsi oleh banyak orang. Namun, manfaat bunga pepaya untuk kesehatan tetap tidak bisa dianggap remeh karena bagian ini kaya akan berbagai senyawa kimia tumbuhan, seperti flavonoid, sterol, triterpenoid, tanin, hingga polifenol.Kehadiran zat-zat tersebut menghadirkan manfaat bunga pepaya yang sangat tinggi bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bunga pepaya yang bisa Anda rasakan:
  • Mencegah kanker

Polifenol dan flavonoid terbukti dapat menangkal radikal bebas yang disebut-sebut merupakan salah satu faktor terbentuknya sel-sel kanker di dalam tubuh. Bukan hanya itu, kehadiran polifenol dalam bunga pepaya juga memiliki sifat antoksidan, antialergi, antiperadangan, dan antivirus sehingga dapat membuat tubuh Anda selalau dalam kondisi bugar.
  • Menyehatkan jantung

Manfaat bunga pepaya ini didapat dari kandungan sterol dan glycosides. Sterol yang berasal dari tumbuhan disebut memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sedangkan glycosides sering digunakan sebagai bahan alami tambahan untuk mengatasi berbagai masalah yang berhubungan dengan jantung.Cara kerja glycosides dalam menyehatkan jantung adalah dengan menaikkan kemampuan jantung untuk memompa darah tanpa meningkatkan kebutuhan organ vital itu terhadap oksigen. Dengan kata lain, glycosides pada bunga pepaya dapat membuat kerja jantung lebih efisien.
  • Menstabilkan kadar gula darah

Bunga pepaya yang diolah menjadi teh diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibanding teh pada umumnya. Fakta tersebut menghadirkan manfaat bunga pepaya lainnya, yakni sebagai pengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.Minimnya kandungan karbohidrat pada bunga pepaya juga mengindikasikan tanaman ini aman dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Konsumsi karbohidrat berlebih dapat mengakibatkan obesitas sehingga Anda harus menghindari ini ketika sedang berusaha menurunkan berat badan.
  • Sumber energi yang sehat

Manfaat bunga pepaya lainnya terletak pada kandungan protein, vitamin, dan mineral, seperti sodium dan potasium, yang bahkan lebih tinggi dari buah pepaya itu sendiri.Protein merupakan sumber energi yang baik, vitamin berfungsi mendukung tumbuh kembang dan menjaga tubuh bekerja secara normal, sedangkan mineral dapat menjadi sumber nutrisi yang juga baik bagi tubuh.

Bagaimana cara mengolah bunga pepaya?

Untuk mendapatkan manfaat bunga pepaya, Anda tidak perlu repot dalam mengolahnya. Kuncinya adalah menghilangkan rasa pahit atau getir dalam bunga pepaya sehingga dapat diterima oleh lidah, apa pun cara pengolahan selanjutnya.Salah satu bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya adalah asam jawa. Caranya, rebus bunga pepaya dengan asam jawa ini, kemudian biarkan hingga mendidih selama 15 menit.Matikan kompor, lalu buang air panas, cuci bunga pepaya dengan air bersih. Pastikan tidak ada ampas asam jawa yang tertinggal pada bunga pepaya, kemudian tiriskan.Setelah ini, Anda dapat mengolah bunga pepaya menjadi berbagai hidangan, mulai dari campuran pada pecel, salad, hingga ditumis dengan berbagai bumbu aromatik dan sumber protein lain, misalnya cumi, ikan teri, dan lain-lain.Bunga pepaya juga sudah banyak diolah menjadi teh herbal. Untuk menikmati manfaat bunga pepaya dari olahan yang satu ini, Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas hingga menambah aromatik lain, seperti daun mint atau madu.
makanan sehatkankerbuah dan sayuran
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/6454233_Sex_determination_in_papaya
Diakses pada 9 Desember 2019
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/290201149_The_potential_of_male_papaya_Carica_papaya_L_flower_as_a_functional_ingredient_for_herbal_tea_production
Diakses pada 9 Desember 2019
Semantic Scholar. https://pdfs.semanticscholar.org/62e3/06b37c63f5c85de369495496b6b3a7f894c7.pdf?_ga=2.164559807.1616688073.1575872586-1754067024.1575872586
Diakses pada 9 Desember 2019
IDN Times. https://www.idntimes.com/food/recipe/ghafsari/cara-menghilangkan-pahitnya-bunga-pepaya-c1c2/full
Diakses pada 9 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait