Dari Mata hingga Demensia, Ini Manfaat Besar Si Bunga Mawar

Manfaat buang mawar cukup beragam, mulai dari menyehatkan pencernaan hingga mempercantik kulit
Bunga mawar menyimpan banyak manfaat di balik keindahannya

Bunga mawar bukan hanya tumbuh untuk dinikmati keindahannya, namun juga dapat diolah menjadi berbagai produk yang memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Manfaat bunga mawar pun cukup beragam, mulai dari produk kecantikan hingga dikonsumsi sebagai minuman atau makanan.

Banyak variasi olahan bunga mawar yang dapat Anda temukan di pasaran, mulai dari air mawar, minyak esensial, berbagai produk kecantikan (kosmetik maupun skin care), hingga teh mawar yang semuanya memiliki manfaat tersendiri. Selain itu, ada pula orang yang langsung mengonsumsi kelopak bunga mawar karena dipercaya mengandung khasiat tertentu.

Manfaat bunga mawar bagi kesehatan

Anda mungkin sudah familiar dengan kelopak bunga mawar yang dijadikan sebagai salah satu dari bunga tujuh rupa, alias bunga yang digunakan untuk taburan pada makam. Namun, tahukah Anda bahwa bagian kelopak ini juga bisa dimakan dan memberi manfaat bagi kesehatan saluran pencernaan Anda?

Berikut beberapa manfaat bunga mawar untuk kesehatan yang dapat Anda rasakan:

  • Menyehatkan saluran pencernaan

Seperti disinggung sebelumnya, salah satu manfaat bunga mawar adalah menyehatkan saluran cerna. Hal ini dikarenakan kelopak bunga mawar mampu melancarkan aliran empedu sehingga Anda tidak lagi mengalami keluhan awal, seperti perut kembung.

Konsumsi mawar dan olahannya seperti air mawar juga berfungsi mirip zat laksatif. Artinya, mawar dapat meningkatkan produksi air pada saluran pembuangan sehingga Anda tidak akan menderita konstipasi.

  • Menyehatkan saluran pernapasan

Bunga mawar juga dapat menghasilkan efek antiperadangan sehingga mampu meredakan radang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat bunga mawar yang satu ini, Anda dapat mengonsumsi air mawar atau teh mawar hangat.

  • Menyehatkan mata

Bunga mawar yang sudah diolah menjadi air mawar juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat tetes mata alami.

Bukan main-main, tetes mata dari air mawar ini dapat membantu proses penyembuhan beberapa penyakit mata, seperti konjungtivitis (mata merah) dan mata kering, serta membantu penyembuhan pascaoperasi penyakit mata dan degeneratif, seperti katarak dan pterygium atau pinguecula.

  • Menyembuhkan luka

Zat antiseptik dan antibakterial juga terdapat dalam kelopak mawar dan berbagai olahannya. Manfaat bunga mawar yang berhubungan dengan kandungan ini, yaitu mempercepat penyembuhan luka, misalnya luka bakar, luka gores, maupun bekas luka.

Di dalam tubuh, kandungan antiseptik dalam bunga mawar juga dapat merangsang produksi histamin oleh sistem imun. Histamin terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Meredakan sakit kepala

Manfaat bunga mawar yang satu ini bisa Anda rasakan dengan menggunakan olahannya yang berbentuk minyak esensial. Aroma pada minyak esensial ini dipercaya dapat meredakan sakit kepala, termasuk sakit kepala sebelah alias migrain.

Menghirup aroma minyak esensial mawar juga dapat dipercaya dapat memperbaiki mood dan menghindarkan Anda dari rasa cemas maupun depresi.

  • Mencegah demensia dan Alzheimer

Bunga mawar dapat menghambat kerja protein yang disebut amyloid. Kehadiran protein ini dapat mengganggu kerja otak, membunuh sel-sel otak, dan mengurangi kemampuan Anda untuk mengingat, yang akhirnya berakhir menjadi penderita demensia atau Alzheimer.

Manfaat bunga mawar bagi kecantikan

Sudah tidak aneh jika jenis tanaman bunga yang memiliki aroma segar seperti mawar digunakan sebagai bahan campuran berbagai produk kecantikan. Apalagi, manfaat bunga mawar untuk kulit sudah terbukti dalam beberapa penelitian.

Kulit adalah lapisan terluat tubuh manusia yang sering terkena paparan sinar ultraviolet, radiasi, zat kimia, dan polusi. Nah, bunga mawar mengandung antioksidan dan vitamin C yang mampu mencegah sel kulit mengalami kerusakan akibat hal-hal tersebut.

Bunga mawar juga mengandung zat antiperadangan yang mampu meringankan berbagai masalah kulit, seperti eksim dan rosacea. Selain itu, manfaat bunga mawar lainnya adalah sebagai inhibitor elastase dan kolagenase sehingga kulit Anda tidak rentan kemerahan, sekaligus dapat bersifat antipenuaan dengan mengurangi garis halus maupun kerutan di wajah.

Bunga mawar relatif aman digunakan sebagai obat herbal maupun untuk tujuan kecantikan. Satu-satunya alasan Anda tidak boleh menggunakan bunga mawar dan produk turunannya adalah Anda menderita alergi bunga mawar itu sendiri.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320216.php
Diakses pada 10 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/rose-water-benefits
Diakses pada 10 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed