Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan Tubuh Luar Dalam

(0)
28 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat bunga matahari umumnya ada pada biji bunganyaHampir semua bagian dari bunga matahari memiliki manfaat bagi kesehatan
Bunga matahari atau helianthus annuus merupakan jenis bunga yang banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh luar dan dalam. Sejak zaman dahulu, manfaat bunga matahari, terutama bijinya, telah digunakan sebagai jenis makanan penambah tenaga. Biji bunga matahari juga banyak dikonsumsi sebagai camilan kuaci.Protein dan asam lemak tak jenuh merupakan kandungan nutrisi utama yang membuat bunga matahari menguntungkan bagi kesehatan. Tidak hanya bijinya, produk minyak bunga matahari juga banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Kandungan bunga matahari

Bagian kelopak, daun, batang, dan biji bunga matahari sama-sama dapat dimanfaatkan. Kandungan nutrisi paling tinggi terletak pada bagian biji bunga matahari. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam 28 gram biji bunga matahari meliputi:  
  • Kalori: 165
  • Lemak tak jenuh tunggal: 3 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 9 gram
  • Natrium: 1 miligram
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 5,5 gram
  • Kalsium: 20 miligram
  • Zat besi: 1 miligram
Tingginya kandungan asam lemak tak jenuh pada bunga matahari memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).Selain itu, bunga matahari dipercaya mampu mencegah obesitas dan diabetes tipe 2, serta menyehatkan sistem pencernaan. Perlu dicatat bahwa kandungan nutrisi dapat semakin meningkat saat biji bunga matahari mulai berkecambah.

Manfaat bunga matahari sebagai makanan

Hampir semua bagian dari bunga matahari dapat dikonsumsi. Beberapa bagian yang memilki manfaat bunga matahari sebagai makanan, di antaranya biji, kelopak, kuncup, daun, hingga akar bunganya.Karena nutrisinya yang tinggi dan rasanya yang enak, biji bunga matahari merupakan bagian yang paling sering diolah dan dikonsumsi. Salah satu camilan dari biji bunga matahari yang banyak digemari adalah kuaci.Selain itu, biji bunga matahari dapat dijadikan sebagai campuran bahan roti biji-bijian, pelengkap salad, serta nutrition bars, yaitu makanan penambah nutrisi yang terbuat dari campuran aneka biji-bijian menyehatkan.Kelopak bunga matahari dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan teh atau salad. Kuncup bunga matahari bisa dimakan dengan cara direbus dan diberi tambahan mentega untuk penambah rasa.Kelopak bunga matahari muda dan tangkainya juga bisa digunakan dalam salad. Keduanya dapat memberikan cita rasa yang khas. Namun, kelopak bunga ini rasanya pahit dan tidak cocok untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.Terakhir, daun bunga matahari dapat diolah menjadi tumisan atau sayuran.

Manfaat bunga matahari dalam bentuk minyak

Selain dikonsumsi langsung, manfaat bunga matahari bisa ditemukan dalam bentuk minyak (sunflower oil) yang berbahan dasar biji bunga matahari. Berikut adalah manfaat bunga matahari dalam bentuk minyak.

1. Sebagai minyak goreng dan pelengkap masakan

Anda dapat menggunakan minyak bunga matahari sebagai minyak goreng. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pelengkap masakan. Sunflower oil umumnya kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Sebagai kosmetik

Minyak bunga matahari juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Tidak jarang sunflower oil digunakan sebagai campuran bahan pembuatan produk kosmetik. Kandungan asam oleat, vitamin E, sesamol, dan asam linoleat merupakan kandungan sunflower oil yang memberikan manfaat bagi kesehatan kulit.Minyak bunga matahari dapat diaplikasikan langsung atau digunakan sebagai campuran produk kosmetik, seperti hand body, sabun mandi, pembersih wajah, deodoran, dan lain sebagainya.Biasanya sunflower oil berfungsi sebagai bahan pelembut untuk meminimalisir iritasi kulit sehingga kosmetik berbahan ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit termasuk yang sensitif dan mudah berjerawat.Beberapa sifat minyak bunga matahari yang menguntungkan bagi kulit, antara lain:
  • Nonkomedogenik, di mana minyak mudah diserap dan tidak menyumbat pori-pori.
  • Kandungan antioksidan tinggi dari vitamin E dapat melindungi kulit dari radikal bebas sehingga terhindar dari penuaan dini dan kerutan.
Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan asam oleat dan asam linoleat pada bunga matahari dapat meringankan peradangan, menjaga kelembapan kulit, memperkuat kesehatan lapisan kulit luar, melawan bakteri, dan juga mempercepat penyembuhan kulit.
tanaman obat
Health Benefits Times
https://www.healthbenefitstimes.com/sunflower/
https://www.healthbenefitstimes.com/sunflower/
Diakses 16 Agustus 2020
Eating Well
http://www.eatingwell.com/article/2059940/sunflower-seeds-nutrition/
Diakses 16 Agustus 2020
Livestrong
https://www.livestrong.com/article/483234-how-to-eat-sunflower/
Diakses 16 Agustus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/nutrition/sunflower-seeds#nutrition
https://www.healthline.com/health/sunflower-oil-for-skin#antioxidants
https://www.healthline.com/health/sunflower-oil-for-skin#wound-healing
Diakses 16 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait