Manfaat Bunga Marigold alias Bunga Tahi Ayam untuk Kesehatan


Manfaat bunga marigold untuk kesehatan ada beragam, mulai dari menghambat pertumbuhan bakteri, mengusir nyamuk, hingga dapat dijadikan pewarna alami.

(0)
18 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat bunga marigold untuk kesehatan antara lain untuk mengusir nyamuk dan menghambat bakteriManfaat bunga marigold untuk kesehatan ada beragam
Bunga marigold memiliki nama latin Tegetes erecta, namun di beberapa wilayah di Indonesia, bunga ini juga dikenal dengan nama bunga tahi ayam. Secara tradisional, bunga ini sudah sering dijadikan sebagai bahan herbal untuk mengobati luka, menyembuhkan penyakit mata, pilek, wasir, bahkan bisul.Secara ilmiah, manfaat bunga marigold juga sudah cukup banyak diteliti. Berikut ini beberapa di antaranya.

Manfaat bunga marigold untuk kesehatan

Manfaat bunga marigold untuk kesehatan yang sudah diteliti antara lain:
Bunga marigold bisa menghambat pertumbuhan bakteri
Bunda marigold bisa mencegah pertumbuhan bakteri

1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Bunga marigold dilaporkan dapat membantu mencegah pertumbuhan berbagai bakteri, terutama bakteri Klebsiella pneumoniae. Dalam kondisi normal, bakteri ini terletak di saluran pencernaan dan tidak berbahaya bagi tubuh.Namun saat bakteri ini berpindah ke organ lain seperti paru-paru, otak, mata, dan darah, maka infeksi yang terjadi bisa memicu keparahan yang perlu segera diobati.

2. Memiliki antioksidan

Bunga marigold juga terbukti memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu menangkal paparan radikal bebas berlebih. Paparan tersebut, saat diterima oleh tubuh dalam jumlah yang terlalu banyak akan memicu kerusakan sel dan memicu berbagai penyakit.

3. Tinggi lutein

Varian bunga marigold asal Bali yang disebut sebagai Mega Orange, mengandung kadar lutein yang tinggi. Lutein adalah zat yang baik untuk kesehatan karena dapat bertindak sebagai antioksidan sekaligus menjaga kesehatan berbagai organ mulai dari mata, kulit, hingga otak.
Manfaat bunga marigold untuk mengusir nyamuk
Bunga marigold bisa mengusir nyamuk demam berdarah

4. Mengusir nyamuk Aides aegypti

Bunga marigold memiliki aroma yang cukup menyengat, sehingga secara tradisional kerap dijadikan sebagai tanaman pengusir serangga, termasuk nyamuk.Secara ilmiah, bunga ini memiliki senyawa metabolit sekunder yang dapat bertindak sebagai insektisida alami.Pada penelitian yang dilakukan menggunakan losion yang mengandung ekstrak bunga marigold 10%, terbukti memilik potensi untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk dengan daya proteksi di atas 90%.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, bunga marigold terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka baik itu luka iris maupun luka bakar. Manfaat yang satu ini diduga didapatkan dari flavonoid yang terdapat di dalamnya.

6. Baik untuk kesehatan hati

Ekstrak bunga marigold menunjukkan aktivitas perlindungan hati dengan cara menurunkan kadar enzim yang muncul saat terjadi kerusakan serta kadar biliribun berlebih hingga kadar hampir normal.Manfaat ini didapatkan dari kandungan flavonoid, terpenoid, dan steroid.

7. Dapat digunakan sebagai pewarna alami

Warna kuning yang ada pada bunga marigold dapat dijadikan sebagai pewarna alami. Kandungan senyawa L-karoten yang ada di dalamnya dinilai dapat menjadikan bunga ini sebagai pewarna makanan hingga kosmetik.Tentu, untuk menggunakan bunga marigold sebagai pewarna, diperlukan pengolahan khusus agar kebersihan dan keamanannya terjamin.

Catatan dari SehatQ

Bunga marigold alias bunga tahi ayam memiliki banyak potensi manfaat untuk kesehatan. Meski begitu, apabila Anda ingin menggunakannya sebagai bahan pengobatan, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter mengenai kondisi yang sedang alami.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat bunga marigold maupun tanaman herbal lain yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herbaltanaman obatbunga mawar
International Research Journal of Pharmacy. https://irjponline.com/admin/php/uploads/1566_pdf.pdf
Diakses pada 7 April 2021
Balitbangtan BPTP Sumatera Utara. https://sumut.litbang.pertanian.go.id/index.php/en/aktual/info-teknologi/53-tagetes-erecta-berguna-bagi-kita
Diakses pada 7 April 2021
Pharmauho, Jurnal Farmasi, Sains, dan Kesehatan. http://ojs.uho.ac.id/index.php/pharmauho/article/view/13339
Diakses pada 7 April 2021
Litbang Kemenkes. https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/mpk/article/view/2874/1907
Diakses pada 7 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/klebsiella-pneumonia#causes
Diakses pada 7 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait