Selain bentuknya yang menarik, ternyata ada manfaat bunga anggrek
Bunga anggrek dapat tumbuh memanjang

Sejak dahulu kala, bunga anggrek dipercaya memiliki beragam manfaat, mulai dari digunakan sebagai obat hingga untuk memperkaya rasa dalam masakan.

Tiongkok telah menggunakan bunga anggrek dalam pengobatan herbal tradisional mereka. Bunga ini bahkan dianggap mewakili kesuburan dan banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap hidangan, misalnya untuk hidangan kambing atau ayam, serta penambah aroma sup.

Sedangkan pada Yunani kuno, bunga anggrek digunakan sebagai bahan obat dan difungsikan sebagai afrodisiak, yaitu zat kimia yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

Meski demikian, sayangnya masih belum ada penelitian yang dapat menunjukkan secara pasti manfaat bunga anggrek dalam pengobatan. Bahkan hingga saat ini, belum tersedia informasi atau penelitian yang cukup mengenai keamanan interaksi penggunaannya dengan obat-obatan yang lain.

Manfaat bunga anggrek

Meski masih belum ada penelitian yang dapat menunjukkan manfaat bunga anggrek sebagai obat atau bahan makanan, masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari bunga anggrek.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga anggrek sebagai tanaman yang menarik untuk Anda ketahui.

1. Meredakan stres

Bunga anggrek dapat membantu seseorang merasa lebih tenang dan mengurangi stres. Agar Anda dapat merasa lebih rileks selama berada di rumah, cobalah untuk mendekorasi rumah Anda dengan bunga anggrek.

Perlu Anda ketahui bahwa stres dapat memicu peningkatan hormon kortisol yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh Anda, seperti sistem imun, pencernaan, dan sistem reproduksi.

2. Meningkatkan kualitas udara

Tumbuhan menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen, begitu pula dengan bunga anggrek. Oleh karena itu, menempatkan bunga anggrek di sekitar rumah dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan.

3. Meningkatkan fokus

Berdasarkan sebuah penelitian dari University of Michigan, berada di sekitar tanaman dipercaya dapat membantu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi seseorang. Oleh karena itu, tentu tidak ada salahnya jika Anda meletakkan bunga anggrek di sekitar ruang kerja untuk meningkatkan fokus.

Cara menanam bunga anggrek    

Tertarik untuk mendapatkan manfaat bunga anggrek di atas? Anda bisa menanamnya sendiri dengan beberapa cara berikut ini.

  • Pilih jenis anggrek yang Anda inginkan. Sebagai pemula, Anda bisa memilih paphiopedilum, cattleya, dan phalaenospsis karena merupakan yang paling mudah tumbuh.
  • Pilih campuran tanah yang tepat. Akar anggrek membutuhkan lebih banyak udara dan penyangga untuk menambatkan akarnya. Anda bisa menggunakan campuran, seperti kulit kayu, arang, sabut kelapa, atau pellet styrofoam.
  • Pilih pot yang pas. Selain itu, pastikan bahwa pot yang Anda pilih memiliki beberapa lubang yang dapat menjadi jalan keluarnya air.
  • Tanamkan anggrek ke dalam pot. Setelah mengeluarkan anggrek dari pot yang Anda dapatkan ketika membelinya, pastikan Anda memotong bagian akar yang mati.

Setelah menanamnya, pastikan bahwa Anda menjaga suhu di sekitar bunga anggrek. Suhu yang disarankan untuk anggrek adalah sekitar 18-23 derajat celcius. Selain itu, pastikan juga anggrek mendapatkan cukup sinar matahari.

Jangan lupa untuk selalu menyiram bunga ini satu kali setiap minggu. Jika Anda ingin menggunakan pupuk, pastikan tidak memberikannya terlalu banyak dan pakailah pupuk khusus bunga anggrek.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa bunga anggrek perlu ditanam ulang sekitar dua tahun sekali, atau ketika Anda melihat daun bagian bawah bunga anggrek tersebut mulai layu atau mati.

Meski manfaat bunga anggrek bagi kesehatan tubuh atau pengobatan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tentu tidak ada salahnya mengambil manfaatnya sebagai tanaman. Selain cantik, bunga anggrek juga dapat menenangkan hati.

NCBI
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2121637/
Diakses 29 April

Webmd
https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-cortisol#1-3
Diakses 29 April

Wikihow
https://www.wikihow.com/Grow-Orchids
Diakses 29 April

Medplants
https://www.medplants.net/orchid
Diakses 29 April

Just addice orchids
https://www.justaddiceorchids.com/orchid-care-blog/can-keeping-orchids-have-positive-benefits-for-your-health
Diakses 29 April

Wikipedia
https://en.wikipedia.org/wiki/Aphrodisiac
Diakses 29 April

Artikel Terkait