Mengenal Berbagai Manfaat Daging Bulus untuk Kesehatan

(0)
29 May 2020|Azelia Trifiana
Manfaat daging bulus untuk kesehatanBulus sering diburu karena dagingnya dianggap menyehatkan
Tak hanya sering disebut-sebut karena mitos khasiat minyaknya, daging bulus juga kerap menjadi target kuliner ekstrem bagi para penikmatnya. Bulus atau Amyda cartilaginea adalah jenis labi-labi, kura-kura berpunggung lunak. Di negara-negara Asia, manfaat bulus jika dikonsumsi dipercaya menambah energi hingga kejantanan.Menengok ke Jepang, daging bulus biasa dikonsumsi dalam bentuk sup. Saat diburu, lehernya dipotong hidup-hidup dan darahnya dikumpulkan untuk kemudian dicampur dengan sake. Manfaat bulus ini – baik daging maupun darahnya – dianggap baik untuk kesehatan.

Manfaat daging bulus

Sebelum membahas manfaat bulus, berikut ini kandungan nutrisi dalam tiap satu porsi sajian daging bulus:
  • Kalori: 220
  • Lemak: 9 gram
  • Kolesterol: 82 mg
  • Kalsium: 20% AKG
Selain kandungan itu, manfaat bulus juga didapat dari vitamin A, B1, B2, dan B6. Mineral seperti fosfor dan zinc juga terkandung dalam daging bulus.Dari kandungan nutrisinya, beberapa manfaat mengonsumsi daging bulus di antaranya:
  • Menambah stamina

Daging bulus diyakini dapat menambah energi atau stamina karena kandungan vitamin B di dalamnya. Adanya vitamin B ini membantu memproses makanan menjadi sumber energi. Itu sebabnya, daging bulus menjadi pilihan bagi orang yang harus melakukan aktivitas fisik cukup berat.
  • Obat alternatif

Di Tiongkok, manfaat bulus juga digunakan sebagai obat alternatif. Bahkan, hal ini telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. Salah satu yang paling populer adalah manfaat bulus yang dapat menyehatkan ginjal. Tak hanya itu, sup daging bulus juga kerap direkomendasikan bagi perempuan yang menginjak fase menopause karena membantu mendinginkan tubuh.Meski demikian, belum ada penelitian ilmiah yang mendukung manfaat bulus sebagai obat alternatif. Artinya, jika ada yang ingin mengonsumsi daging bulus demi mendapatkan manfaat di atas, tetap hati-hati dan konsultasikan dengan dokter.
  • Menyehatkan kulit

Di Jepang, daging bulus biasa dikonsumsi dalam bentuk sup dengan sebutan “suppon”. Kulit bulus masuk dalam olahan sup ini karena bentuknya yang tebal, empuk, dan kaya kolagen. Dari situlah banyak perempuan meyakini bahwa manfaat bulus juga membuat kulit lebih cerah dan elastis.Ada juga anggapan bahwa manfaat bulus ketika dikonsumsi menambah kejantanan pria. Meski demikian, sama seperti klaim tentang manfaat bulus sebagai pengobatan tradisional, hal ini masih belum didukung penelitian ilmiah.

Konsumsi daging bulus di Indonesia

Tak hanya di negara-negara Asia seperti Jepang saja, konsumsi daging bulus juga banyak dilakukan di Indonesia. Apalagi, penyebaran kelompok kura-kura jenis bulus ini cukup luas di dunia.Sama seperti daging biawak, ada saja orang yang gemar mengonsumsi kuliner tak biasa seperti daging bulus. Utamanya di daerah-daerah sekitar Kalimantan. Meski demikian, permintaan akan konsumsi daging bulus cukup merata, termasuk di Jakarta.Biasanya, daging bulus dijual di rumah makan atau pedagang kaki lima. Konsumennya kebanyakan warga Tionghoa. Selain daging bulus, minyak bulus juga kerap disebut bermanfaat untuk membesarkan payudara dan penis. Namun lagi-lagi, belum ada satupun bukti ilmiah yang membenarkan hal ini.Apabila tertarik untuk mengonsumsi daging bulus, pastikan sudah diolah dengan benar-benar bersih. Habitat bulus adalah rawa-rawa dan area berlumpur sehingga harus dibersihkan menyeluruh dan direbus cukup lama untuk memastikannya bersih.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/419271-what-are-the-health-benefits-of-eating-soft-shelled-turtles/
Diakses 15 Mei 2020
Medium. https://medium.com/ikechans-japanese-food/suppon-a-soft-shelled-turtle-is-an-analeptic-food-for-japanese-people-66992bc62905
Diakses 15 Mei 2020
IPB. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71826
Diakses 15 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait