Manfaat Bubble Mask untuk Wajah dan Cara Menggunakannya dengan Tepat


Bubble mask adalah masker wajah yang dapat menghasilkan efek gelembung busa saat menggunakannya. Masker bubble diyakini dapat membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran dan debu. 

(0)
Bubble mask adalah masker berkarbonasi yang terbuat dari air mengandung karbonBubble mask adalah masker wajah yang dapat menghasilkan efek gelembung busa saat menggunakannya
Bubble mask adalah tren perawatan kulit wajah ala Korea yang sempat ramai sejak beberapa tahun terakhir. Sesuai namanya, bubble mask atau masker bubble dapat menghasilkan efek gelembung busa sehingga nantinya wajah Anda akan terlihat menggelembung saat menggunakan masker ini. Lantas, apa manfaat bubble mask untuk wajah? Atau hanya sekadar tren semata?

Apa itu bubble mask

Bubble mask adalah masker yang dapat menghasilkan efek gelembung busa
Bubble mask terbuat dari air mengandung karbon, charcoal, dan tanah liat
Bubble mask adalah masker berkarbonasi yang terbuat dari air mengandung karbon, bubuk charcoal (arang hitam), suplemen kolagen, dan tanah liat. Tren masker kecantikan yang berasal dari Korea Selatan ini menjadi laris di pasaran, tak terkecuali di Indonesia, berkat sensasi gelembung busa yang ditimbulkan. Masker bubble diyakini menjadi masker yang dapat membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran dan debu. Perbedaannya dengan masker wajah lain, yakni bubble mask menggunakan proses oksigenasi khusus untuk membersihkan kulit. Itu sebabnya, akan muncul gelembung busa pada wajah ketika Anda menggunakannya. Bubble mask atau masker gelembung busa hadir dalam bentuk sheet mask (masker lembaran) atau masker krim yang penggunaannya dioleskan langsung ke wajah yang sudah dibersihkan. 

Manfaat bubble mask untuk kecantikan wajah

Ada berbagai manfaat bubble mask yang dipercaya dapat memberi efek positif untuk kecantikan kulit wajah. Bubble mask diyakini aman dan lembut untuk membersihkan kotoran, mengangkat komedo, serta mengeksfoliasi kulit wajah.Seorang dokter spesialis kulit dari Mount Sinai Hospital mengungkapkan bahwa bubble mask dapat menyerap minyak dan menutup pori-pori kulit wajah sementara waktu berkat kandungan tanah liat pada bubble maskHasilnya, wajah Anda akan terasa lebih lembap, segar, serta terhidrasi dan ternutrisi dengan baik. Jika digunakan secara rutin, kulit wajah Anda akan terasa lebih halus, kencang, dan tampak awet muda. Namun, perlu diketahui bahwa masker gelembung busa ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah, ataupun uji klinis bila dibandingkan dengan produk masker wajah lainnya. Sejauh ini, keunggulan dan manfaat bubble mask baru ada berdasarkan ulasan-ulasan dari orang yang sudah pernah menggunakannya. 

Bagaimana cara menggunakan bubble mask?

Pastikan membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan bubble mask sebelum menggunakannya
Bubble mask juga bisa dioleskan pada kulit wajah
Jika Anda tertarik untuk menggunakan bubble mask, pastikan membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan masker. Secara umum, cara menggunakan masker bubble pada wajah adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sama seperti penggunaan masker wajah lainnya, pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun pembersih. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit wajah dapat terbuka. Lalu, keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya.

2. Baca aturan cara pakai bubble mask

Sebaiknya, Anda membaca petunjuk yang tertera di balik kemasan bubble mask sebelum menggunakannya. Pasalnya, setiap masker bubble mungkin memiliki kandungan dan aturan cara pemakaian yang berbeda-beda. Jadi, pastikan kandungan yang terdapat pada bubble mask sesuai dengan tipe dan masalah kulit wajah Anda.

3. Pakai masker bubble ke wajah

Untuk jenis bubble mask lembaran, cara penggunaannya sama seperti sheet mask. Masker lembaran atau sheet mask biasanya memiliki satu ukuran yang sama untuk semua wajah. Maka dari itu, pada beberapa bentuk wajah, lubang masker lembaran terkadang tidak sesuai posisinya dengan mata, hidung, dan mulut Anda. Cara mengatasinya, Anda bisa menggunakan bubble mask dengan cara meletakkannya terlebih dahulu pada area dahi dan mata agar masker tidak menimbulkan gelembung sehingga dapat menempel sempurna. Lalu, tarik lembaran masker ke area pipi dan dagu. Jika Anda menggunakan bubble mask bertekstur krim, oleskan masker tersebut dengan spatula kecil secukupnya. Perlu diingat, jangan mengoleskan masker terlalu dekat dengan garis rambut, mata, lubang hidung, atau mulut. Sebab, ketika masker mulai menimbulkan efek gelembung, busa dapat masuk ke dalam mata atau terhirup ke dalam hidung dan mulut.

4. Jangan gunakan bubble mask terlalu lama

Cara menggunakan bubble mask yang tepat, yaitu selama 10-15 menit atau sesuai dengan instruksi yang terdapat pada masker. Saat sedang menggunakan bubble mask, Anda dapat sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti membaca buku, menonton film atau serial televisi, hingga bermain ponsel. 

5. Melepas bubble mask

Setelah 10-15 menit, Anda dapat melepas bubble mask. Sesaat sesudah melepas bubble mask, biasanya masker akan meninggalkan sedikit banyak cairan yang mengandung zat aktif yang baik untuk kulit.Nah, Anda dapat memijat wajah dengan lembut agar cairan yang menempel tersebut dapat membersihkan sisa kotoran dan minyak di wajah. Memijat wajah juga dapat membantu membuat otot-otot wajah terasa lebih rileks. Selanjutnya, Anda dapat membilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih. 

6. Gunakan serum wajah

Anda dapat menggunakan serum wajah untuk memaksimalkan manfaat bubble mask serta menjaga kulit tetap halus dan lembap. Kemudian, akhiri rutinitas perawatan kecantikan Anda dengan mengoleskan pelembap.

Adakah efek samping penggunaan bubble mask?

Penggunaan bubble mask sama seperti penggunaan masker wajah lainnya, yakni harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena bisa saja menimbulkan efek samping tertentu. Pasalnya, setiap kulit wajah tentu memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap produk kimia, terutama kulit yang berjerawat atau kulit dengan kondisi tertentu. Jika saat atau setelah memakai bubble mask, kulit wajah Anda jadi memerah atau terasa gatal, sebaiknya segera bilas dan hentikan pemakaian masker tersebut. Ada baiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui apakah jenis kulit wajah Anda cocok untuk menggunakan bubble mask atau tidak. Dengan ini, manfaat bubble mask dapat Anda rasakan secara optimal. Jika ingin menggunakan masker bubble, tetapi masih merasa ragu dan takut? Anda bisa berdiskusi lebih lanjut dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Pastikan Anda sudah mengunduhya di App Store dan Google Play.
masker wajahperawatan wajah
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/bubble-mask-work-benefits/
Diakses pada 28 Mei 2020
Today. https://www.today.com/series/today-tests/does-bubble-mask-work-see-full-review-t97436
Diakses pada 28 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait