6 Manfaat Bubble Bath, Aktivitas Me-Time Menyenangkan


Bubble bath adalah aktivitas menyenangkan yang wajib Anda coba. Manfaatnya mulai dari melancarkan sirkulasi darah hingga meredakan otot tegang akibat aktivitas harian.

(0)
14 Mar 2021|Azelia Trifiana
Bubble bath mampu redakan stres setelah bekerja seharianBubble bath mampu redakan stres setelah bekerja seharian
Setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan, berendam dengan bubble bath menjadi pereda stres. Bukan hanya membersihkan tubuh, ini juga cara agar merasa lebih rileks hingga tidur lebih nyenyak.Meski demikian, apabila Anda menggunakan sabun yang dijual di pasaran untuk mandi busa, perhatikan komposisinya. Utamanya bagi mereka dengan kulit sensitif, kandungan kimia di dalam sabun bisa menimbulkan reaksi tak diinginkan.

Manfaat bubble bath

Bandingkan sensasi yang muncul setelah mandi sekadarnya dibandingkan dengan mandi busa. Tentu rasa rileksnya berbeda. Inilah yang menjadi keunggulan bubble bath, dengan penjelasan yaitu:

1. Melancarkan sirkulasi darah

Apabila merasa pegal di beberapa bagian tubuh, coba lakukan bubble bath. Manfaat yang bisa langsung terasa adalah sirkulasi darah semakin lancar, seperti yang dipublikasikan dalam The Journal of Physiology pada tahun 2016 lalu.Berdasarkan penelitian itu, ditemukan bahwa mandi busa ini juga bisa membuat pembuluh darah lebih rileks. Ini berkaitan erat dengan kesehatan jantung seperti tekanan darah.

2. Meredakan stres

Pikiran terasa suntuk karena banyak hal yang tidak berjalan sesuai ekspektasi? Ketimbang menghabiskan waktu untuk merutuki hal itu, coba luangkan beberapa menit untuk mandi busa. Di sinilah pentingnya mengalokasikan me-time di tengah berbagai pemicu stres.Tak perlu berlama-lama. Berendam selama 15 menit saja dapat meredakan stres hingga cemas berlebih. Bonusnya, mood pun menjadi lebih terjaga. Siapa tahu setelah melakukannya, muncul solusi jitu yang tidak disangka-sangka.

3. Kualitas tidur membaik

Jika ada cara alami untuk membuat seseorang bisa tidur lebih nyenyak, bubble bath bisa jadi pilihan. Berendam air hangat secara bertahap akan meningkatkan temperatur tubuh, pengantar yang tepat untuk memasuki waktu terlelap.Lebih jauh lagi, mandi busa ini akan memberi sinyal bagi tubuh untuk memproduksi melatonin. Ini adalah hormon yang berperan terhadap munculnya rasa kantuk. Jika suka dengan minyak esensial, Anda juga bisa menyalakan diffuser dengan aromaterapi favorit.

4. Meredakan ketegangan otot

Ketika otot terasa pegal setelah berolahraga atau beraktivitas seharian, mandi busa adalah penangkal yang efektif. Aktivitas ini mempercepat proses pemulihan otot layaknya menggunakan kompres hangat pada bagian tubuh yang mengalami peradangan.Tak hanya itu, atlet sejak dulu juga banyak yang berendam dengan tambahan garam Epsom. Tujuannya sama, untuk meredakan otot setelah digunakan untuk berolahraga dengan intensitas tinggi.

5. Redakan gejala flu

Virus bisa datang dari mana saja. Penyakit yang paling sering diderita adalah flu dan demam. Untuk meredakan rasa tidak nyaman ketika terserang penyakit ini, cobalah berendam dengan air hangat. Uap dari air hangat akan membantu melegakan pernapasan.Bukan tidak mungkin, mandi busa dengan air hangat akan menghilangkan sakit kepala dan rasa demam. Di saat yang sama, kekebalan tubuh pun akan meningkat. Jangan lupa lanjutkan dengan beristirahat optimal agar tubuh bisa melawan virus dengan optimal.

6. Sehat fisik dan mental

Ada penelitian menarik dari terhadap 38 partisipan di Jepang yang membuktikan manfaat bubble bath terhadap kesehatan fisik dan mental. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok.Satu kelompok diminta mandi busa air hangat, sementara sebagian lainnya mandi biasa. Hasilnya, mereka yang mandi busa mengalami rasa lebih baik untuk kesehatan fisik dan mentalnya.Mulai dari rasa lelah, stres, nyeri, hingga rasa bahagia. Berdasarkan skor Profile of Mood State, ditemukan bahwa kecenderungan untuk merasa marah, depresi, hingga stres lebih rendah.Alasannya karena selain sirkulasi darah lebih lancar, proses pembuangan zat sisa metabolisme juga semakin optimal. Dengan demikian, tubuh terasa lebih bugar baik secara fisik maupun mental.

Amankah dilakukan setiap hari?

Mandi busa adalah aktivitas yang relatif aman untuk dilakukan setiap hari. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:
  • Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau dingin
  • Perhatikan kandungan dari sabun yang digunakan
  • Apabila diperlukan, lakukan patch test terlebih dahulu 48 jam sebelumnya untuk melihat apakah ada alergi terhadap kandungan bubble bath
  • Bagi yang kulitny sensitif, gunakan sabun dengan kandungan lembut
  • Perhatikan apabila ada tanda-tanda infeksi jamur terutama di kelamin
  • Perhatikan reaksi kulit terutama jika sedang luka
Ketika beberapa indikator di atas telah terpenuhi, tak ada salahnya juga mengajak si kecil melakukan mandi busa bersama. Pastikan menggunakan sabun atau sampo dengan kandungan yang aman untuk mereka.

Tentunya, melakukan mandi busa seorang diri juga tak kalah menyenangkan. Bahkan, bisa jadi merupakan aktivitas me-time yang ditunggu-tunggu setelah seharian beraktivitas.Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat bubble bath terhadap kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/homemade-bubble-bath
Diakses pada 26 Februari 2021
Hindawi. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6011066/
Diakses pada 26 Februari 2021
The Journal of Physiology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5023696/
Diakses pada 26 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait