Manfaat Buah Zaitun Ini Setara dengan Minyaknya, Apa Saja?

Berbagai manfaat buah zaitun yang bisa menyehatkan tubuh.
Manfaat buah zaitun ternyata tak kalah hebat dari minyaknya.

Manfaat buah zaitun ternyata tak kalah hebat dari minyaknya. Memang sih, selama ini minyak zaitun dikenal dengan kemampuan menurunkan risiko penyakit jantungnya. Namun ternyata, buah zaitun juga memiliki manfaat yang sama luar biasanya. Apa saja manfaat buah zaitun itu, ya?

Manfaat buah zaitun yang tak kalah dari minyaknya

Zaitun adalah salah satu makanan penting dalam diet Mediterania. Buah yang masih satu keluarga dengan mangga, ceri, persik, dan almond itu ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, untuk kesehatan Anda. Agar semakin percaya, mari kenali manfaat buah zaitun di bawah ini.

1. Mengandung segudang antioksidan

Buah zaitun mengandung segudang antioksidan yang bisa melawan peradangan dan mengurangi pertumbuhan mikroorganisme dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi buah zaitun bisa meningkatkan kadar glutathione dalam darah. Glutathione adalah salah satu antioksidan paling kuat dalam tubuh.

Tahukah Anda seberapa penting antioksidan untuk tubuh kita? Ya, makanan dengan antioksidan tinggi dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan bahkan kanker!

Berikut Ini adalah kandungan antioksidan dalam buah zaitun:

  • Oleuropein. Antioksidan ini paling banyak jumlahnya dalam buah zaitun. Oleuropein juga menawarkan banyak manfaat kesehatan.
  • Hydroxytyrosol. Dalam proses pematangan buah zaitun, oleurupein dipecah menjadi hydroxytyrosol, yang tak lain adalah antioksidan “perkasa”.
  • Tyrosol. Tyrosol dikenal sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung.
  • Asam oleanolat. Antioksidan ini membantu mencegah kerusakan hati dan mengurangi peradangan.
  • Quercetin. Tekanan darah dapat diturunkan, dan kesehatan jantung pun meningkat. Itulah kemampuan antioksidan quercetin.

Setelah mengetahui banyaknya antioksidan yang dikandung zaitun, tentunya Anda semakin tergoda untuk mencobanya, kan?

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Sama seperti minyaknya, ternyata buah zaitun mampu meningkatkan kesehatan jantung. Zaitun mengandung asam oleat, yang dapat membantu mengatur kadar kolesterol dan menjaga kolesterol jahat (LDL) agar tidak teroksidasi.

Selain itu, beberapa riset juga membuktikan bahwa buah zaitun dapat menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah zaitun
Buah zaitun saat dipetik

Tidak hanya kalsium yang dibutuhkan untuk menyehatkan tulang. Ternyata buah zaitun juga bisa meningkatkan kesehatan tulang!

Kemampuan yang satu ini berasal dari komponen tumbuhan yang dikandung buah zaitun. Dalam penelitian pada hewan uji, zaitun terbukti mencegah pengeroposan tulang.

4. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dan asam oleat milik buah zaitun ternyata berpotensi mencegah kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kedua senyawa itu mampu mengganggu siklus hidup sel kanker di payudara, usus besar, dan lambung.

Meski demikian, diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikan adanya hubungan antara konsumsi zaitun dengan penurunan risiko kanker.

5. Mencegah kerusakan hati

Tahukah Anda bahwa buah zaitun mengandung asam oleanolat? Ya, antioksidan ini sangat dipercaya untuk mencegah kerusakan hati. Itulah sebabnya, manfaat buah zaitun dikenal dapat menyehatkan organ hati Anda.

Selain itu, asam oleanolik juga bisa meredakan peradangan dan mengatur kadar normal lemak darah.

6. Menjadi makanan Afrodisiak

Makanan afrodisiak dikenal sebagai pembangkit gairah seksual alami. Buah zaitun pun termasuk dalam golongannya.

Bahkan, bangsa Yunani kuno percaya bahwa makanan afrodisiak seperti buah zaitun bisa membuat pria lebih jantan dan perkasa.

7. Mencegah kepikunan

Buah zaitun dan minyak zaitun dikenal mengandung senyawa kimia alami bernama polifenol. Polifenol bisa mengurangi stres oksidatif di dalam otak, sehingga meningkatkan kemampuan mengingat hingga 25%.

8. Berpotensi membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi 10 buah zaitun sebelum makan, dipercaya bisa membantu seseorang untuk merasa kenyang lebih maksimal. Bahkan, nafsu makan pun bisa turun hingga 20%.

Hal ini disebabkan oleh lemak tak jenuh tunggal yang bisa memperlambat proses pencernaan, sehingga menstimulasikan hormon cholecystokinin, si “pengantar” rasa kenyang, ke otak.

Tidak hanya itu, manfaat buah zaitun selanjutnya adalah merangsang produksi adiponektin, yaitu bahan kimia yang mampu membakar lemak selama 5 jam setelah makan.

Kandungan nutrisi buah zaitun

Buah zaitun
Buah zaitun punya dua warna

Belum lengkap rasanya jika sudah mengetahui manfaat buah zaitun, tanpa memahami kandungan nutrisinya. Bagi Anda yang penasaran, ketahuilah kandungan nutrisi buah zaitun yang membuatnya sangat bermanfaat untuk kesehatan:

  • Kalori: 115
  • Air: 80%
  • Protein 0,8 gram
  • Karbohidrat: 6,3 gram
  • Gula: 0 gram
  • Serat: 3,2 gram
  • Lemak jenuh: 1,42 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 7,89 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 0,91 gram

Biasanya, buah zaitun menjadi makanan tambahan yang dicampurkan ke salad, sayur-sayuran, atau bahkan pasta. Namun ingat, jangan berlebihan mengonsumsinya. Sebab, buah zaitun mengandung lemak tinggi dan garam, apalagi yang sudah menjalani proses pengawetan.

Inter Mountain Health. https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2018/02/olive-oil-and-a-healthy-heart/
Diakses pada 5 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/olives
Diakses pada 5 Maret 2020

Readers Digest. https://www.readersdigest.ca/health/relationships/8-foods-boost-your-sex-life/
Diakses pada 5 Maret 2020

Health 24. https://www.health24.com/Diet-and-nutrition/Healthy-foods/20-health-benefits-of-olives-20131218
Diakses pada 5 Maret 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325327#how-to-use
Diakses pada 5 Maret 2020

Artikel Terkait