Manfaat Buah Tropis Mangga dan Pepaya untuk Perawatan Kulit

(0)
Buah tropis seperti mangga dan pepaya ternyata juga digunakan untuk perawatan kulitMangga dan pepaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit
Perawatan kulit menjadi hal yang mendasar bila ingin memiliki kulit yang indah dan sehat. Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya dengan buah-buahan tropis. Manfaat buah tropis untuk perawatan kulit tak lepas dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Mangga dan pepaya, buah tropis yang bermanfaat bagi kesehatan

Buah tropis adalah jenis buah yang tumbuh di iklim yang panas seperti Indonesia. Beruntung, negara kita dikenal dengan keanekaragaman sumber daya alam, termasuk buah-buahan tropis.Menurut sejumlah penelitian, kandungan nutrisi yang ada dalam buah tropis dapat membantu menurunkan risiko terkena beragam penyakit kronis seperti jantung, stroke, serta diabetes tipe 2. Ada beragam buah tropis yang kita kenal, seperti alpukat, nanas, durian, delima, rambutan, pisang, belimbing, mangga, pepaya, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan membahas dua buah yang cukup populer karena rasa dan manfaatnya yaitu pepaya dan mangga.
  • Pepaya

Buah tropis yang berasal dari Amerika Tengah ini mempunyai kandungan nutrisi seperti folat, potasium, dan vitamin C. Selain itu, enzim pepaya (papain) dapat membantu tubuh mencerna protein.Di sisi lain, kandungan antioksidan dalam buah pepaya bisa membantu melindungi Anda dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Menurut penelitian, mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi bisa mengurangi stres oksidatif yang ditimbulkan radikal bebas.Penurunan stres oksidatif ini dikaitkan dengan kandungan likopen dalam pepaya. Tidak hanya itu, pepaya juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelebihan zat besi dalam tubuh yang membentuk radikal bebas.
  • Mangga

Mangga merupakan buah tropis yang baik untuk menjaga sistem imun tubuh karena kaya akan vitamin C. Selain itu, kandungan serat yang ada dalam buah mangga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda.Sama seperti pepaya, dalam buah mangga juga kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam mangga antara lain polifenol, katekin, mangiferin, antosianin, kaempferol, asam benzoat, dan masih banyak lagi.Beragam kandungan antioksidan dalam mangga ini membantu melindungi sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu faktor pemicu munculnya penyakit kronis seperti kanker.Untuk mendapatkan asupan nutrisi dari pepaya ataupun mangga, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membuat jus dari pepaya maupun mangga, atau mencampurkannya ke dalam salad dan smoothies.

Manfaat pepaya untuk kulit

Tidak hanya baik untuk tubuh, buah tropis juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Salah satu buah tropis yang bisa digunakan untuk perawatan kulit adalah pepaya. Berikut ini sejumlah manfaat pepaya untuk kulit:

1. Menjadi exfoliator alami untuk kulit

Kandungan enzim papain dalam pepaya dapat membantu proses eksfoliasi kulit secara natural. Eksfoliasi sendiri merupakan proses pengangkatan kulit mati dan kotoran seperti sisa make up maupun debu yang dapat menyumbat pori-pori. Bila pori-pori wajah tersumbat, maka Anda akan rentan mengalami jerawat serta membuat tampilan kulit Anda terlihat kusam.Dengan adanya proses eksfoliasi dengan enzim pepaya ini, kulit wajah Anda akan menjadi terasa halus dan terlihat lebih cerah jika dibandingkan sebelumnya. Selain itu, kandungan enzim pepaya ini juga dapat meratakan warna kulit Anda.

2. Mengurangi kerutan

Kaya akan kandungan likopen, pepaya dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kerutan, yang terjadi karena radikal bebas. Penelitian menyebut, antioksidan dalam pepaya bisa membantu menjaga kulit supaya tetap halus dan awet muda.Sementara itu, penelitian lain mengatakan bahwa pepaya juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga meminimalkan munculnya kerutan.

3. Mengontrol jerawat

Enzim pepaya dapat membantu kurangi peradangan akibat jerawat
Enzim papaya dapat membantu atasi jerawat
Enzim pepaya, papain dan chymopapain dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Biasa ditemukan dalam produk kecantikan, papain dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.Kaya akan kandungan vitamin A, buah tropis ini juga bisa membantu mengatasi jerawat. Selain itu, bentuk topikal vitamin A juga berguna untuk mengobati maupun mencegah lesi peradangan pada jerawat.

Manfaat mangga untuk kulit

Selain pepaya, mangga juga merupakan buah tropis yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Kaya akan kandungan antioksidan, mangga juga merupakan buah tropis yang memiliki beragam vitamin, seperti vitamin E, A, dan C. Beberapa manfaat mangga untuk kulit, di antaranya:

1. Mengurangi gejala kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari

Kandungan antioksidan dalam mangga dapat membantu mengurangi kerusakan yang terjadi akibat sengatan sinar matahari, dengan meminimalkan oksidasi ke sel kulit Anda. Menurut studi pada tahun 2013, tikus yang mengonsumsi air dengan campuran ekstrak mangga setiap hari cenderung mengalami sedikit gejala kerusakan kulit akibat sengatan sinar matahari.

2. Meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh

Kaya akan kandungan vitamin C, mengonsumsi buah tropis ini bisa membantu meningkatkan proses produksi kolagen dalam tubuh dan perbaikan jaringan. Kolagen sendiri merupakan protein yang memberikan struktur pada kulit. Jika kekurangan kolagen, maka Anda akan mengalami masalah-masalah kulit seperti skorbut, kulit bersisik, hingga penyembuhan luka yang buruk.

3. Meredakan jerawat

Kekurangan vitamin A berpotensi untuk memunculkan jerawat pada kulit.  Hal ini terjadi karena meningkatnya produksi keratin yang terjadi karena kekurangan vitamin A menyebabkan folikel rambut dan kelenjar keringat tersumbat sebelum kemudian berkembang menjadi jerawat. Maka dari itu, mengonsumsi mangga dapat membantu meredakan jerawat pada kulit Anda karena buah tropis ini mempunyai kandungan vitamin A di dalamnya.

4. Mengurangi tanda penuaan

Buah tropis mangga dapat membantu atasi kerutan
Vitamin C dan E dalam mangga dapat membantu mencegah keriput
Vitamin E dan C bekerja sama untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan lingkungan seperti polusi dan sengatan sinar matahari. Ketika tubuh kekurangan vitamin E dan C, kulit Anda akan lebih rentan mengalami kerusakan dan menyebabkan penuaan dini.Selain itu, vitamin C juga memiliki peran untuk mendukung proses produksi kolagen tubuh Anda. Produksi kolagen yang berkurang menyebabkan keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

5. Mengurangi risiko terkena kanker kulit

Antioksidan polifenol mangiferin dalam mangga disebut dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit. Selain itu, beberapa bukti lain menunjukkan bahwa mangiferin juga berpotensi mencegah risiko terkena kanker payudara, usus besar, dan serviks. Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk mendukung temuan tersebut.Guna mendapatkan manfaat mangga untuk kulit, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau ekstraknya untuk mendapat nutrisi yang lebih terkonsentrasi. Selain itu, bisa juga dengan mengoleskannya langsung ke kulit atau memakai mangga sebagai bahan campuran masker wajah.Bila Anda tertarik menggunakan buah tropis sebagai perawatan kulit, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu sebelum mengoleskannya langsung pada kulit. Beberapa orang mungkin alergi terhadap buah tertentu. Agar aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengoleskan ekstrak maupun kulit buah pada kulit Anda. Cara lainnya adalah dengan memilih produk perawatan kulit yang mengandung buah-buahan tropis sebagai bahan dasarnya. 
perawatan kulitkesehatan kulitmasalah kulitbuah dan sayuranpepayaadv i trust nature
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-fruit-good-or-bad-for-your-health
Diakses pada 28 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/papaya-soap
Diakses pada 28 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/papaya-benefits-for-skin
Diakses pada 28 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/mango-for-skin
Diakses pada 28 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-exotic-fruits
Diakses pada 28 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-proven-papaya-benefits
Diakses pada 29 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mango
Diakses pada 29 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait